3 Tanda Sudah Saatnya Kamu #JadiRelawan – Indorelawan Blog
3 Tanda Sudah Saatnya Kamu #JadiRelawan
January 11, 2017
1

1. Merasa gelisah dengan hidupmu

Teori Maslow bilang kalau puncak tertinggi dari kebutuhan hidup manusia adalah aktualisasi diri. Dan itu melebihi kebutuhan fisiologis seperti perut atau bahkan kebutuhan kasih sayang. Kamu bisa saja mendebat om Maslow tentang urutan hierarki kebutuhan manusia itu, tapi yang jelas keterlibatan dalam kegiatan kerelawanan jangan-jangan adalah sesuatu yang kamu butuhkan untuk aktualisasi dirimu. Sesuatu yang hilang dan kosong yang menghalangi kamu menjadi pribadi seutuhnya.

Barang kali, itulah dia, menjadi relawan yang tanpa lelah membantu dan memberdayakan mereka yang lemah, tanpa gembar-gembor selfie unjuk aksi, adalah tujuan sebenarnya kamu hidup di dunia ini! Barang kali itu adalah hasrat pribadimu yang seutuhnya hendak dipenuhi!

2. Harta kekayaanmu atau ortumu tidak lagi membuatmu bahagia

Gawai (gadget) tercanggih sudah kamu miliki, mobil dan motor model terbaru sudah nongkrong di garasi rumah, tapi kenapa kamu tidak lagi merasa bahagia? Apa yang harus kita lakukan untuk mengundang kembali rasa bahagia itu?

Ketahuilah bahwa sebagaimana kesedihan, kebahagiaan pun menular, kawan! Saat kita melakukan sesuatu untuk orang lain dan membuat orang itu bahagia, maka kebahagiaan itu pun akan menular ke dalam diri kita.

Dalam buku Paradox of Generosity karya Christian Smith dan Hillary Davidson, disebutkan bahwa orang Amerika mendeksripsikan diri mereka dengan label relawan yang “sangat berbahagia” ketika memberikan 5,8 jam waktunya per bulan untuk kerelawanan. Wanna give it a try?

3. Merasa lelah bertemu orang-orang jahat dan ingin terinspirasi menjadi orang yang lebih baik

Berita-berita ketidakadilan dan kejahatan sosial yang terjadi di sekitar kita bisa jadi membuat kita geram dan bila dibiarkan, maka pada satu titik akan membuat kita merasa tidak berdaya, kemudian apatis.

Maka bergeraklah menjadi eksekutor bagi impian keadilan sosial yang kamu idealkan dalam kepalamu itu. Atau bersinergilah dengan orang-orang dengan mimpi yang serupa sepertimu. Bergabunglah dengan aktivitas kerelawanan di bidang yang kamu minati dan temukan bahwa ternyata masih ada secercah kebaikan di tengah belantara ketidakpedulian mayoritas kita.

Jadilah baik bersama dengan orang-orang baik di luar sana. Karena sinergi dan bergerak bersama dampaknya akan lebih signifikan buat lingkunganmu, dan tentu buatmu juga agar tak malas atau letih menjadi baik di tengah prosesnya.

Sudah menemukan salah satu tanda atau empat tanda itu dalam dirimu? Yuk, cek beberapa aktivitas kerelawanan di sini yang sangat membutuhkan bantuanmu! Ayo bergerak bersama!

Ditulis oleh Ryeska Fajar

indorelawan

Post by indorelawan

Indorelawan adalah wadah daring yang menghubungkan organisasi/komunitas dengan beragam sosial dengan para relawan yang memiliki talenta dan potensi. Kami percaya bahwa kerja sama di antara kedua belah pihak akan memperkuat jejaring sosial masyarakat dan menciptakan lingkungan sosial yang lebih baik di Indonesia

Website: http://indorelawan.org