4 Alasan Kenapa Kamu Wajib Ikutan KeREADta! – Indorelawan Blog
4 Alasan Kenapa Kamu Wajib Ikutan KeREADta!
March 13, 2018
0

Kereadta merupakan gerakan membaca buku sekaligus ajakan kepada masyarakat untuk membaca di berbagai alat transportasi, salah satunya adalah kereta. Dalam rangka hari buku sedunia yang jatuh pada tanggal 23 April, Kereadta mengajak teman-teman relawan untuk mengajak kampanye membaca di kereta dari Stasiun Kota menuju Stasiun Universitas Indonesia.

Kereadta memiliki harapan agar masyarakat sadar pentingnya membaca di manapun ia berada. Secara data, Indonesia termasuk negara yang memiliki tingkat minat baca yang rendah. Untuk lebih lengkapnya mengenai Kereadta, yuk simak dibawah ini.

1. Fakta Literasi di Indonesia

Fakta literasi di Indonesia menjadi peran penting mengapa Kereadta diadakan. Indonesia merupakan peringkat ke 60 dari 61 negara untuk minat membaca. Secara indeks Indonesia memiliki 0,001% masyarakat yang gemar membaca. Padahal membaca itu bisa dilakukan di mana saja, salah satunya di kereta, yang bisa menjadi transportasi umum yang nyaman untuk kegiatan membaca.

2. Pengalaman Baru & Teman Baru

Bergabung menjadi relawan akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Bersama ratusan relawan lain, kamu akan terjun langsung dan berada diantara masyarakat luas. Relawan juga akan berinteraksi dan berkenalan satu sama lain selama briefing, kegiatan flash mob di kereta, ditambah lagi dengan adanya kelas literasi. Setelah kegiatan di kereta, kamu bisa mengikuti kelas literasi seperti kelas Blog, Jurnalistik, Novel dan Puisi yang akan diadakan di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.

3. Kampanye Membaca Bersama

Kereadta adalah gerakan campaign #ayomembaca di kereta commuterline. Kami ingin mengajak banyak orang terlibat dalam campaign ini bahwa di transportasi umum bisa menjadi pilihan yang menyenangkan untuk membaca. Puncak acaranya adalah saat flashmob membaca di dalam kereta bersama 400 relawan yang akan bergerak dr stasiun Kota menuju stasiun UI Depok. Serunya, kamu ditantang untuk tidak boleh membuka handphone dan fokus membaca selama perjalanan.

Relawan akan dibagi ke dalam setiap gerbong. Di dalam gerbong, relawan akan membaca bersama (flash mob) dan mengajak penumpang lain untuk membaca.

4. Mendukung Gerakan Literasi

Setelah kampanye di dalam kereta dilaksanakan, relawan akan diajak belajar bersama di kelas-kelas literasi yang akan diadakan di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI. Kelas-kelas literasi akan disampaikan oleh penggerak literasi yang berpengalaman di bidangnya masing-masing. Setiap kelas akan diisi hingga 50 orang dan terdapat 4 kelas literasi untuk belajar bersama. Seru kan?

Tertarik ikutan KeReadta? Yuk jadi bagian dari perubahan kebiasaan masyarakat untuk gerakan Ayo Membaca! Catat waktunya ya, Minggu 22 April 2018! Daftar dan ajak teman-teman kamu #JadiRelawan https://indorelawan.org/kereadta.

Ditulis oleh Tsalitsa dari Booktube Indonesia.

indorelawan

Post by indorelawan

Indorelawan adalah wadah daring yang menghubungkan organisasi/komunitas dengan beragam sosial dengan para relawan yang memiliki talenta dan potensi. Kami percaya bahwa kerja sama di antara kedua belah pihak akan memperkuat jejaring sosial masyarakat dan menciptakan lingkungan sosial yang lebih baik di Indonesia

Website: http://indorelawan.org