4 Cara supaya Relawan Betah di Organisasi Kamu – Indorelawan Blog
4 Cara supaya Relawan Betah di Organisasi Kamu
October 4, 2016
0

“Relawannya pada ilang semua”

“Pas daftar sih ada 50 tapi giliran kerja yang hadir cuma 10”

Keluhan ini hampir pasti diutarakan ke tim Indorelawan setiap kali kami bertemu dengan organisasi baru. Biasanya setelah deretan permasalahan ini dikemukakan, pertanyaan selanjutnya adalah : gimana sih caranya biar relawan pada betah?

Deskripsi tugas yang jelas 

Jangan sampai relawan datang ke organisasimu dan cuma bengong! Relawan adalah orang baru yang perlu diperkenalkan kepada misi dan program organisasi. Sambut dengan hangat, jabarkan apa bantuan yang diperlukan dari relawan dan beri tahu kalau mereka bisa bertanya apapun yang dibutuhkan. Inspirasi : Di website Indorelawan, ada kolom deskripsi Tugas Relawan lho! Pastikan untuk isi dengan detail supaya relawan tidak sampai salah tangkap ya.

Rasa kekeluargaan 

Dari hasil ngobrol-ngobrol dengan para relawan, kebanyakan dari mereka ternyata betah di organisasi karena menemukan “keluarga baru”. Tugas kerelawanan bisa jadi suatu saat akan terasa membosankan, namun teman-teman yang seru biasanya akan menarik mereka untuk terus hadir di pertemuan. Inspirasi : Yayasan Pemimpin Anak Bangsa yang bikin arisan bulanan dan games-games seru tiap sesi mengajar untuk para tutornya.

Make it fun! 

Meski pekerjaan relawan membutuhkan keseriusan dan ketelitian, mayoritas relawan datang untuk mendapatkan suasana baru di luar rutinitas mereka. Dan itu artinya : bersenang-senang! Inspirasi : Di tengah aktivitas sortir buku, 1001 Buku biasanya menghadirkan 1 orang yang bertugas untuk benyanyi sembari main gitar. Suasana pun jadi lebih cair dan seru!

Sampai jumpa dan terima kasih! 

Pasti nggak mau kan kalau udah capek kerja terus dibiarin gitu aja? Nah, begitu juga dengan para relawan. Setelah masa kerelawanan selesai, pastikan untuk mengapresiasi kerja yang telah diberikan. Ucapkan terima kasih dengan tulus dan jika bisa, berikan hadiah. Kaos, goodie bag, mug lucu atau sertifikat; bisa bermakna banyak untuk para relawan lho! Inspirasi : Semua relawan di Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik mendapatkan pelatihan, sertifikat, dan t-shirt mereka yang keren itu lho!

Nah, kira-kira dari 4 poin di atas, mana aja nih yang udah kamu lakukan? Atau punya ide-ide lainnya yang udah terbukti di organisasi/komunitasmu? Yuk tulis di kolom komentar!

indorelawan

Post by indorelawan

Indorelawan adalah wadah daring yang menghubungkan organisasi/komunitas dengan beragam sosial dengan para relawan yang memiliki talenta dan potensi. Kami percaya bahwa kerja sama di antara kedua belah pihak akan memperkuat jejaring sosial masyarakat dan menciptakan lingkungan sosial yang lebih baik di Indonesia

Website: http://indorelawan.org