4 Langkah Menjadi Teman Lansia di Panti Werdha

4 Langkah Menjadi Teman Lansia di Panti Werdha

Siapa tak kenal panti werdha? Pada mulanya, panti werdha merupakan institusi yang didirikan pemerintah, khususnya Departemen Sosial guna memfasilitasi orang-orang lanjut usia yang tidak mampu secara finansial dan tidak memiliki keluarga. Namun, seiring dengan kesibukan masyarakat urban di era modern yang terus meningkat, panti werdha tidak hanya menampung mereka yang terlantar saja, tetapi juga para lansia dari keluarga berkecukupan yang membutuhkannya. 

Kendati telah diberi fasilitas memadai, ternyata, para lansia di panti werdha tetap membutuhkan orang lain untuk menemani kegiatan sehari-hari mereka, lho. Dilansir dari laman Universitas Surabaya (Ubaya), interaksi dengan dunia luar dinilai penting demi menghindari lansia dari perasaan terbuang dan tidak dibutuhkan.

Sadar mereka membutuhkan kalian, kira-kira, apa saja yang perlu kalian lakukan untuk jadi relawan?

  1. Lakukan Riset

Lakukan pencarian pada laman yang memuat informasi panti-panti werdha. Informasi akan kebutuhan relawan dapat dengan mudah kamu temukan di mesin pencari sebesar Google atau kunjungi website http://kapilerindonesia.com/ yang memiliki informasi tentang panti sosial.

Perlu diketahui, sebagian besar panti werdha dikelolah oleh pemerintah, yakni Departemen Sosial. Tidak hanya itu, ada pula panti werdha milik swasta yang dikelola oleh yayasan. Sebelum jadi relawan, kalian perlu melakukan riset sesuai kebutuhan.

2. Tentukan Peranmu

Coba tanyakan kepada pengurus panti apa yang bisa kalian lakukan sebagai tenaga relawan. Ada berbagai macam peran yang biasa relawan jalankan, seperti menemani lansia berbincang, menonton televisi, atau bermain kartu.

Sebelumnya, Indorelawan pernah bekerja sama dengan panti werdha milik dinas sosial DKI Jakarta untuk menjadi teman bicara para lansia. Siapa tahu, panti tersebut juga membutuhkan kalian untuk jadi relawan yang selanjutnya.

3. Pahami tugasmu

Jangan ragu untuk bertanya pada pengurus panti werdha mengenai tugas-tugas yang belum kamu pahami. Mengetahui detil kewajiban bisa membantumu menyelesaikan tugas sebagai relawan dengan baik.

4. Daftar dan ikut pelatihan

Daftarkan dirimu!

Ada beberapa panti werdha yang menerima relawan lewat jalur online, ada juga panti werdha yang mengharapkan relawan-relawannya untuk datang langsung dan mengumpulkan aplikasi. Biasaya, terdapat sejumlah training atau pelatihan yang harus dilikuti para relawan terpilih. Pelatihan ini berguna untuk memastikan kalian mengerti terhadap tugas-tugas relawan di lapangan.

Selesai menyimak empat langkah di atas, sudah saatnya kamu #JadiRelawan. Jangan biarkan teman-teman lansia di panti werdha menunggu terlalu lama untuk bertemu denganmu.

Referensi:

peopleof.oureverydaylife.com/volunteer-nursing-home-6618.html

www.tzuchi.or.id/gallery/picture/75-01-20140719_Hadiah_Kunjungan-Panti_Teksan-Luis_HQU.jpg

id.wikipedia.org/wiki/Panti_werdha

www.ubaya.ac.id/2014/content/articles_detail/92/Panti-Werdha—Apakah-Selalu-Menjadi-Tempat-yang-Tepat-Bagi-Lansia-.html

www.harnas.co/2015/10/31/meniru-panti-wreda-swasta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *