4 Organisasi yang Bisa Mengantarkan Kamu Hingga ke Pelosok Indonesia – Indorelawan Blog
4 Organisasi yang Bisa Mengantarkan Kamu Hingga ke Pelosok Indonesia
February 12, 2018
0

Kegiatan kerelawanan di Indonesia tidak hanya dilaksanakan di Jakarta, Surabaya, Medan, dan kota-kota besar tapi ada juga kegiatan yang dilaksanakan di kota-kota kecil lainnya, bahkan di pelosok daerah, loh! Nah, maka itu, bakal keren banget kalau kalian mau menyalurkan semangat kerelawanan kalian ke berbagai daerah di Indonesia! Di bawah ini adalah beberapa nama organisasi yang melakukan kegiatan kerelawanan di pelosok Indonesia.

Chapter W

Logo Chapter W.

Berbasis di Singapura dan Indonesia, Chapter W adalah award-winning social enterprise yang berfokus pada bidang pemberdayaan perempuan, teknologi dan dampak sosial.

Program utamanya adalah #MotherOfLight atau Ibu Rumah Terang, yaitu kegiatan pemberdayaan perempuan di pelosok Indonesia, terutama di daerah yang belum mendapatkan akses listrik, untuk menjadi wirausaha lampu tenaga surya untuk menyebarkan energi yang hemat dan ramah lingkungan.

Kegiatan #MotherOfLight

Tidak ada banyak persyaratan bagi kalian yang ingin menebar semangat kerelawanan dan berkontribusi langsung bersama Chapter W. Jika kalian tertarik untuk bergabung, yang terpenting adalah kalian harus siap, yakin, dan sehat untuk ditempatkan di salah satu daerah terpencil di Indonesia dan berkontribusi bersama memberdayakan perempuan dan masyarakat di daerah tersebut.

Yuk, kita kenali lebih dekat lagi mengenai Chapter W di Profil Chapter W.

Kopernik

Logo Kopernik.

Kopernik adalah sebuah organisasi yang menghubungkan teknologi sederhana tepat guna dengan masyarakat di daerah terpencil yang memiliki tujuan untuk mengurangi kesulitan yang dihadapi masyarakat tersebut akibat hidup dalam kemiskinan.

Beberapa contoh dari teknologi sederhana tepat guna yang diciptakan bersama masyarakat terpencil untuk mengurangi kemiskinan adalah lampu bertenaga surya, saringan air, dan kompor hemat bahan bakar.

Kegiatan bersama Kopernik

Jika kalian tertarik dengan isu sosial, teknologi sederhana tepat guna, dan bersedia untuk ditempatkan di daerah terpencil Indonesia dengan angka kemiskinan tinggi, bergabung bersama Kopernik merupakan hal yang tepat.

Untuk lebih mengenal Kopernik, kalian bisa  kunjungi profil lengkap Kopernik di sini.

Indonesia Mengajar

Logo Indonesia Mengajar.

Indonesia Mengajar adalah organisasi yang berfokus pada bidang pendidikan yang bertujuan untuk memajukan pendidikan Indonesia mulai dari pelosok daerah.

Indonesia Mengajar merekrut, melatih dan mengirimkan anak muda Indonesia yang merupakan lulusan terbaik perguruan tinggi untuk bertugas selama satu tahun di berbagai daerah di Indonesia sebagai guru sekolah dasar.

Vera Ningsih, Pengajar Muda angkatan XIII bersama anak-anak di daerah penempatan Nunukan, Kalimantan.

Di luar tugas dasarnya sebagai guru, para Pengajar Muda memiliki mandat untuk menggerakkan perubahan perilaku di tempatnya bertugas. Pengajar Muda ditempatkan secara bergantian dan kontinu untuk memastikan perubahan yang berkelanjutan tanpa menciptakan ketergantungan kepada sebuah sosok atau program. Yuk, lihat profil Indonesia Mengajar di sini.

Sokola Rimba

Logo Sokola Rimba

Sokola Rimba, yang didirikan oleh Butet Manurung bersama 4 orang temannya, adalah tempat masyarakat dan anak-anak suku pedalam Indonesia belajar membaca, menulis, dan berhitung.  Sekolah yang pertama kali didirikan untuk mengajar masyarakat Orang Rimba (Suku Kubu) yang mendiami Taman Nasional Bukit Dua Belas di Jambi ini, sekarang sudah memiliki cabang di beberapa daerah pedalaman seperti di Flores dan Papua.

Walaupun hanya terdiri dari sebuah ruangan yang terbuat dari anyaman bambu atau sebuah gubuk, pada tahun 2001, pendiri Sokola Rimba dianugrahi “The Man and Biosphere Award” dari LIPI-UNESCO karena metode mengajarnya yang unik. Contohnya adalah, ia mengenalkan huruf berdasarkan bentuk dan cara mengejanya; A seperti atap, C seperti pegangan periuk. Huruf lalu dipasang-pasangkan ke dalam 14 kelompok.

Kegiatan belajar di Sokola Rimba

Bagi kalian yang memiliki jiwa kerelawanan yang kuat dan ketertarikan pada bidang pendidikan dan pengajaran, kalian dapat bergabung bersama Sokola Rimba untuk berinteraksi dengan masyarakat suku pedalaman Indonesia dan mengajarkan anak-anak mereka agar dapat membaca, menulis, dan berhitung. Lihat keseruan dari kegiatan Sokola Rimba di Instagram Sokola.

Referensi :

http://www.chapterw.org/about

https://seword.com/pendidikan/spesial-hari-kartini-butet-manurung-pendiri-sokola-rimba/

https://www.facebook.com/pg/SokolaInstitute/posts/

https://indonesiamengajar.org/tentang-indonesia-mengajar/

https://id.kopernik.info/

Alfhatin Pratama

Post by Alfhatin Pratama

Mahasiswa Program Studi Jerman UI yang suka melancong, menulis, dan bersepeda di sore hari. Suka juga baca buku dan diskusi tentang sastra, budaya, sejarah, dan hak asasi manusia.