5 Alasan Terlibat dalam Aksi Bersih-Bersih Serentak se-Dunia! – Indorelawan Blog
5 Alasan Terlibat dalam Aksi Bersih-Bersih Serentak se-Dunia!
April 25, 2018
0

Menurut Ellen McArthur Foundation, jika kita tidak menghentikan kebiasaan menggunakan plastik, pada tahun 2050 akan terdapat lebih banyak plastik daripada ikan di lautan. Data yang mengerikan itu juga didukung oleh Plastic Soup Foundation yang mengatakan bahwa :

8 juta ton sampah yang di buang ke laut setiap tahun sama seperti melemparkan lebih kurang 112 pesawat Boeing 737 ke ke laut setiap tahun.

Indonesia merupakan salah satu negara yang juga ikut berkontribusi untuk mengurangi penggunaan plastik, mulai dari inisiatif masyarakat, organisasi non-pemerintah, dan pemerintah bekerjasama untuk menciptakan Indonesia bebas sampah tahun 2020.

Pada tahun 2013, contohnya, sudah lebih dari 35.000 relawan datang untuk memungut sampah dan membersihkan kota Jakarta dalam acara Clean Up Jakarta Day. Mereka memungut dan memilah sampah agar dapat didaur ulang. Di tahun 2017, diinisasi oleh Let’s Do It! Indonesia bersama puluhan komunitas mengadakan Indonesia Clean Up Day yang tersebar di 22 provinsi dan melibatkan relawan hampir 100.000 ribu orang. 

Indonesia Clean Up Day di tahun 2017 yang dilaksanakan oleh teman-teman Earth Hour Mataram.

Sekarang sudah hampir memasuki pertengahan tahun 2018, tapi apakah masih banyak sampah dan orang-orang yang menggunakan plastik berlebihan di sekitarmu? Pada 15 September 2018 nanti, World Cleanup Day (WCD) akan melibatkan 150 negara dari seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Sebanyak 380 juta penduduk atau sekitar 5 persen dari populasi di dunia diharapkan dapat terlibat dalam aksi bersih-bersih serentak ini.

Apakah kamu juga mau berpartisipasi di tanggal 15 September nanti? Berikut ini lima alasan, mengapa kamu wajib banget ikut World Clean Up Day 2018!

1) Indonesia Darurat Sampah

Sampah di Teluk Jakarta (detik.com)

Di tahun 2015, Indonesia berada pada peringkat ke dua di dunia sebagai negara penyumbang sampah plastik ke lautan (Jambech, 2015). Sekitar 64 juta ton sampah dihasilkan setiap tahun. Sampah-sampah tersebut tidak dikelola dan 69% berakhir di TPA (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, 2015). Jika kamu ikut dalam acara yang dilakukan serentak bersama 150 negara lainnya ini, berarti kamu ikut berkontribusi untuk membersihkan dan mengurangi sampah yang ada di Indonesia loh!

2) Menumbuhkan Rasa Cinta terhadap Lingkungan

Relawan dibekali sarung tangan dan karung untuk mengambil sampah di jalan.

Bagi kamu yang masih merasa jijik dengan sampah, tenang saja… Kamu tidak akan memungut sampah dengan tangan telanjang tapi dengan sarung tangan dan karung. Dengan mengambil sampah di jalan, kamu akan semakin aware bahwa sampah-sampah ini berada di jalan karena masih banyak orang yang tidak peduli dengan kebersihan lingkungan. Kamu pun jadi tahu, sampah apa yang paling banyak dibuang dengan sengaja di jalan!

Pengetahuan dan pengalaman yang kamu dapatkan di World Cleanup Day 2018 bisa menjadi bekal kamu untuk mengajak orang-orang di sekitar agar lebih bijak dalam mengonsumsi barang misalnya dapat dimulai dengan mengurangi pemakaian plastik atau mempraktekan kebiasaan baru dengan memilah sampah di rumah.

3) Mengetahui Jenis Sampah yang Ada

4 Jenis Tempat Sampah di SMAN 3 Boyolali (http://yohanakusuma14.blogspot.co.id)

Dengan mengikuti kegiatan ini, kamu akan lebih mengenal jenis sampah yang sering berserakan di jalan. Umumnya ada 2 jenis sampah organik dan non-organik. Mau tahu bedanya? Ikutan dulu World Cleanup Day tanggal 15 September nanti ya!

4) Menumbuhkan Semangat Gotong-royong dan Rasa Solidaritas

Jadi relawan bersih-bersih tidak mengenal usia, bahkan anak-anak pun bisa berpartisipasi.

Dalam acara World Cleanup Day 2018 pastinya kamu tidak sendirian membersihkan sampah tapi melakukannya bersama-sama peserta yang lainnya, baik yang kamu sudah kenal maupun yang belum kamu kenal. Semangat gotong-royong dan rasa solidaritas untuk menciptakan Indonesia yang bersih akan terus tumbuh melalui acara ini, dijamin!

5) Menikmati Indonesia Bersih di Tahun-tahun Berikutnya

Kampanye Indonesia Bebas Sampah 2020 (indeksberita.com).

Sering kita mendengar “Indonesia Bebas Sampah 2020” tapi apakah kamu yakin? Apakah hal itu akan terwujud jika kita hanya berdiam diri saja? Dengan mengikuti kegiatan World Cleanup Day 2018, diharapkan dapat membawa pelajaran berharga untuk dibagikan kepada keluarga ataupun teman-teman sekitar kamu yang tidak hadir tentang pentingnya menjaga lingkungan secara berkelanjutan agar di kemudian hari, kita dan bahkan anak-cucu kita dapat merasakan Indonesia yang bersih dari sampah!

Saat ini kami mencari komunitas yang ingin berkolaborasi untuk membuka area (site) untuk kegiatan World Cleanup Day di seluruh propinsi di Indonesia. Rekan komunitas dapat mengajukan lokasi di https://indorelawan.org/worldcleanupday dan relawan nantinya akan dapat memilih area sesuai dengan lokasi tempat tinggal.

 

Referensi:

https://indorelawan.org/icud/

http://worldcleanupday.org

https://www.ellenmacarthurfoundation.org/

Ditulis oleh Alfhatin Pratama.

Disunting oleh Marsya Nurmaranti.

Alfhatin Pratama

Post by Alfhatin Pratama

Mahasiswa Program Studi Jerman UI yang suka melancong, menulis, dan bersepeda di sore hari. Suka juga baca buku dan diskusi tentang sastra, budaya, sejarah, dan hak asasi manusia.