Aksi KEREADTA untuk Indonesia Gemar Membaca – Indorelawan Blog
Aksi KEREADTA untuk Indonesia Gemar Membaca
May 19, 2017
0

Yayasan Taman Baca Inovator (TBI) menggagas aksi “KEREADTA” berlangsung pada hari Minggu, 23 April 2017 bertepatan dengan Hari Buku Sedunia. Aksi ini bertajuk “ketika kereta menjadi tempat yang menyenangkan untuk membaca!”. Bergerak dari Stasiun Jakarta Kota menuju Stasiun Pondok Cina (Universitas Indonesia), ratusan relawan literasi mengajak para penumpang KRL untuk bersama-sama membaca buku di kereta. Tujuan dari aksi ini agar masyarakat menggemari aktivitas membaca buku di mana saja, dimulai dari transportasi umum.

Kereta menjadi tempat yang menyenangkan untuk membaca buku.

Dalam aksi “KEREADTA” ini, TBI berkolaborasi dengan sejumlah komunitas pegiat literasi antara lain Indorelawan, Indoreadgram, Buku Bagi NTT, Campaign.com, Booktube, Buku 100 Desa, UI IMASIP, Rumah ABC, ABNON Buku, Relawan Membaca 15 Menit serta bermitra dengan sekitar 200 orang relawan. Selain mengampanyekan gemar membaca buku di setiap gerbong kereta, aksi ini diakhiri dengan Talk Show di Kampus Universitas Indonesia (UI)-Depok. Sejumlah narasumber berbagi wawasan tentang budaya cinta membaca, antara lain Butet Manurung, Chiki Fauzi, serta beberapa penulis buku yang bersentuhan langsung dengan gerakan literasi di Indonesia.

Selain Talk Show Literasi, pada kesempatan tersebut juga diadakan sosialisasi mengenai gerakan berbagi “Buku untuk Indonesia”. Melalui gerakan berbagi yang diinisiasi oleh BCA ini, seluruh lapisan masyarakat Indonesia diajak untuk ikut ambil bagian dalam mendukung penyediaan buku penunjang belajar untuk anak-anak Indonesia. Masyarakat dapat langsung mengunjungi laman www.bukuuntukindonesia.com untuk berpartisipasi dalam gerakan ini, cukup dengan Rp 100 ribu masyarakat sudah dapat memberikan buku bagi anak-anak Indonesia, dana yang terkumpul akan dikonversi menjadi buku dan disalurkan ke beberapa daerah di Indonesia. Sebagai bentuk apresiasi, BCA menyediakan kaos kebaikan yang dipersembahkan kepada masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam gerakan ini.

Dukungan juga hadir dari PT Kereta Commuterline Jabodetabek (KCJ) yang menginformasikan pentingnya membaca di dalam commuterline melalui iklan dan voice-note di setiap gerbong serta bersedia mengawal aksi KEREADTA dari Stasiun Kota hingga Stasiun Pondok Cina.

Relawan berkumpul sebelum menaiki kereta di Stasiun Kota

KEREADTA merupakan aksi nyata untuk terus mendorong semangat semua orang dalam membangun minat baca di Indonesia. Yayasan Taman Baca Inovator melihat dukungan dari Komunitas, commuterline, BCA, adalah sebagai komitmen penting yang dapat dimaknai bahwa transportasi umum akan menjadi tempat yang nyaman untuk para penikmat buku sekaligus memberi stimulus kepada penumpang lain untuk selanjutnya dapat menikmati buku di mana saja. Yayasan Taman Baca Inovator juga melalui aksi KEREADTA akan terus beraksi nyata mewujudkan INDONESIA GEMAR MEMBACA.

Ratusan relawan literasi berkumpul untuk Flashmob membaca buku kereta pertama di Indonesia!

Keseruan kegiatan KEREADTA dapat dilihat di video ini. Salam literasi!

Sumber :Press release Kereadta.

Talitha Rucira Gati

Post by Talitha Rucira Gati

Siswi SMA pada umumnya. Tapi nggak suka motret makanan sebelum makan atau memakai kata 'kayak' secara berlebihan. (Bohong). Lahir; 9/9/99 pukul 9 pagi. Yang ini beneran.