Ngerasa Nggak Happy? Makanya #JadiRelawan. Ini Faktanya! – Indorelawan Blog
Ngerasa Nggak Happy? Makanya #JadiRelawan. Ini Faktanya!
April 27, 2017
0

 “Jika kamu menginginkan kebahagiaan untuk satu jam, tidur siang. Jika kamu menginginkan kebahagiaan untuk satu hari, pergilah memancing. Jika kamu menginginkan kebahagiaan untuk satu tahun, terimalah warisan. Jika kamu ingin kebahagiaan seumur hidup, bantulah seseorang.” Begitu kata sebuah pepatah Tiongkok.

Namun, kalian mungkin bertanya-tanya. Apa iya, dengan memberi sesuatu untuk orang lain melainkan menerima, justru kita bisa mendapat kebahagiaan? Tentu saja! Tidak percaya? Berikut alasan-alasannya.

 

1. Lebih banyak bersosialisasi dapat mengurangi rasa cemas dan meningkatkan rasa percaya diri

Dengan menjadi relawan, kita akan bertemu dan bersosialisasi dengan banyak orang. Aktivitas-aktivitas sosial termasuk menjadi relawan biasa diasosiasikan dengan meningkatnya kadar hormon oksitosin, yang dapat menurunkan tingkat kecemasan dan menstimulasi reaksi menenangkan dari saraf parasimpatik. Kadar hormon oksitosin yang cukup juga dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Menurut Mental Health Foundation, aktivitas tatap muka seperti menjadi relawan dapat juga membantu mengurangi rasa kesepian dan isolasi loh!

2. Berdampak baik pada kesehatan

Sebuah riset dari CNCS dengan judul “The Health Benefits of Volunteering: A Review of Recent Research,” menjelaskan bagaimana ada hubungan kuat antara menjadi relawan dan kesehatan. Riset tersebut menunjukkan bahwa orang-orang yang kerap menjadi relawan, kemudian di hidupnya, memiliki angka kematian yang lebih rendah, tingkat depresi yang lebih rendah dan kemampuan fungsional yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak pernah menjadi relawan.

“Remember that the happiest people are not those getting more, but those giving more.” – H. Jackson Brown, Jr.

 

3. Memberi makna lebih dalam hidup

Sebanyak 96% dari orang yang menjadi relawan selama 12 bulan terakhir, mengatakan bahwa mereka merasa telah menemukan arti atau tujuan hidup setelah menjadi relawan (Survei oleh United Health Group).

“Giving back is as good for you as it is for those you are helping, because giving gives you purpose. When you have a purpose-driven life, you’re a happier person.” — Goldie Hawn

4. Memberi rasa syukur dan perspektif yang lebih positif

Menjadi relawan membuat kita lebih sadar akan berkat-berkat dan hal-hal positif dalam hidup kita.  Seringkali ketika menjadi relawan, kita dihadapkan pada kondisi yang berbeda dengan kesehariaan kita. Seperti mengunjungi daerah pemukiman kumuh, bencana alam, dan lain-lain. Menurut The Global One Foundation, hal ini akan membentuk kita menjadi pribadi yang lebih penuh syukur.

5. Mengurangi stres

Sebuah studi oleh United Health Group menunjukkan bahwa 78% dari orang yang menjadi relawan selama 12 bulan merasa kegiatan relawan telah mengurangi tingkat stres. Mereka juga lebih tenang dibanding mereka yang tidak melakukan kegiatan relawan.

6. Pokoknya, lebih bahagia!

London School of Economics mengadakan riset yang kemudian menunjukkan, bahwa semakin sering seseorang menjadi relawan, semakin bahagia ia! Mereka yang menjadi relawan setiap minggu memiliki 16% lebih kemungkinan untuk menjadi ‘sangat bahagia’ dibanding mereka yang menjadi relawan setiap 2-4 minggu sekali. Kenaikan ini kurang lebih sama dengan perbedaan kemungkinan kebahagiaan dari mereka yang memiliki penghasilan sedikit dibanding mereka yang berpenghasilan besar.

Yuk, teruslah jadi relawan, bagikan kebahagiaanmu dan bersiaplah jadi lebih lebih lebih bahagia! 🙂 🙂

“Thousands of candles can be lighted from a single candle, and the life of the single candle will not be shortened. Happiness never decreases by being shared,” – Siddharta Gautama

 

Sumber :

https://www.helpguide.org/articles/work-career/volunteering-and-its-surprising-benefits.html

http://www.huffingtonpost.com/2016/12/12/international-day-of-happiness-helping-_n_6905446.html

https://www.theodysseyonline.com/7-perks-that-come-with-being-volunteer

http://time.com/collection-post/4070299/secret-to-happiness/

https://www.mentalhelp.net/articles/socialization-and-altruistic-acts-as-stress-relief/

http://www.hercampus.com/school/tulane/perks-being-volunteer

Talitha Rucira Gati

Post by Talitha Rucira Gati

Siswi SMA pada umumnya. Tapi nggak suka motret makanan sebelum makan atau memakai kata 'kayak' secara berlebihan. (Bohong). Lahir; 9/9/99 pukul 9 pagi. Yang ini beneran.