Cerita Fardhan Mendapatkan Beasiswa S2 di Prancis Berkat #JadiRelawan! – Indorelawan Blog
Cerita Fardhan Mendapatkan Beasiswa S2 di Prancis Berkat #JadiRelawan!
February 21, 2018
0

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan demi mengisi hari libur. Ada yang memilih berkunjung ke berbagai tempat wisata, ada pula yang menjadikan moment akhir pekan untuk menjadi relawan. Salah satunya apa yang dilakukan Fardhan. Pemuda ini memilih mengisi waktu senggang dengan menjadi tenaga pengajar di Yayasan Pendidikan Eropa Indonesia (YPEI).

Yayasan Pendidikan Eropa Indonesia (YPEI).

YPEI merupakan satu yayasan yang bergerak di bidang sosial dan pendidikan dan telah eksis semenjak 2010 lalu. Yayasan ini didirikan oleh para alumni Jerman dan Prancis sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial terhadap peningkatan kualitas sumber daya Indonesia, khususnya generasi muda yang akan menjadi calon-calon pemimpin bangsa di masa depan agar dapat bersaing di era globalisasi seperti sekarang.

Mulanya, Fardhan hanya sekedar iseng mencari aktivitas relawan yang berhubungan dengan kegiatan kampanye politik pilkada DKI saat itu. Namun, yang ia temukan justru lebih dari itu. Di website Indorelawan, ia melihat banyak kegiatan yang diminati. Indorelawan sangat membantu saya menemukan komunitas baru yang saya minati dengan fitur pencarian lengkap di websitenya. Sistematis dan mudah digunakan menjadi nilai tambah. Katanya.

“Di website Indorelawan saya temukan berbagai kegiatan yang saya minati salah satunya GI2030. Tapi setelah menseleksi beberapa kegiatan, akhirnya saya mengambil keputusan untuk hanya melamar menjadi relawan disini, dan alhamdulillah diterima.”

Fardhan telah aktif mengajar di yayasan ini semenjak terpilih sebagai relawan. Tiap akhir pekan, ia menghabiskan waktu hingga 2 jam untuk berinteraksi dengan para siswa di sana. Baginya, tak ada yang lebih baik ketimbang mendedikasikan diri untuk sesama. Meski sempat merasa canggung saat pertama kali menjalani proses mengajar, Fardhan mengaku sangat menikmati kegiatan itu. Beberapa metode juga tak lupa ia terapkan dalam setiap kelasnya.

Fardhan saat mengajar Kelas Beasiswa Kursus Bahasa Asing GRATIS Gerakan Indonesia 2030 untuk Siswa/i SMA.

Ada sesi speaking yang mana kondisinya sangat santai dan informal. Satu persatu murid ia dorong untuk berbicara di depan kelas menggunakan bahasa Inggris, lalu menceritakan siapa anggota keluarga yang mereka idolakan. Di satu hal mereka belajar berbicara dengan bahasa asing, di sisi lain juga mereka belajar berbicara di depan umum. Dan yang tidak kalah penting, mereka jadi saling mengenal hal-hal personal satu sama lain.

“Mengajar tiap hari Minggu, sekali seminggu, selama 1 jam 30 menit. Komitmennya adalah melanjutkan mengajar kelas yang sudah berjalan selama 15 minggu. Ini adalah 2 kelas yang digabung menjadi 1 grup (sekitar 13-20 siswa). Saya mengajar selama sekitar 4 bulan sampai pertemuan ke-30.”

Tak hanya menunjang pengalaman kerja, menjadi relawalan di YPEI juga menjadikan para relawan selalu update dengan informasi beasiswa. Mereka yang menjadi relawan adalah orang-orang yang memiliki harapan sama yakni mengetahui bagaimana cara melanjutkan pendidikan. Selain saling berbagai informasi sesama pengajar, YPEI sendiri memang banyak bekerjasama dengan pihak pemberi beasiswa dan banyak mengadakan sesi sharing dengan mengundang alumni-alumni lulusan beasiswa luar negeri.

Fardhan bersama para muridnya di kelas.

Contohnya, Fardhan mendapatkan info mengenai beasiswa Invest Your Talent in Italy pada sesi alumni sharing yang digelar oleh YPEI di Euro Mangaement. Ia juga mempelajari lebih banyak tentang beasiswa-beasiswa yang ditawarkan Pemerintah Jerman dan Perancis dengan berbincang-bincang bersama para pengajar relawan Gerakan Indonesia 2030 (GI2030), dan pengajar di Euro Management. 

Berkat pengalamannya menjadi relawan dan mendapatkan informasi beasiswa S2, Fardhan telah mendapatkan beasiswa Eiffel sejak Agustus 2017 lalu dan kini sedang menyelesaikan studinya di Prancis.

Gimana, seru kan manfaat #JadiRelawan? Ayo, daftar dan buat akun relawan kamu di Indorelawan.org dan rasakan sendiri manfaatnya #JadiRelawan. 

Imron Fhatoni

Post by Imron Fhatoni

Sebenarnya saya tidak bisa dibilang profesional dalam dunia kepenulisan, sebab saya tidak mempelajari bidang ini melalui pendidikan formal. Saya hanyalah seorang antusias. Dibanding soerang penulis, saya hanyalah mahasiswa yang gemar menulis.