Di Minggu Pagi #JadiRelawan, Kenapa Nggak? – Indorelawan Blog
Di Minggu Pagi #JadiRelawan, Kenapa Nggak?
September 30, 2016
0

Mungkin kita bisa sepakat dengan penyanyi Afgan tentang satu hal, “Jodoh pasti bertemu!” Asam di gunung saja bisa bertemu dengan garam di laut, apalagi kamu! Ya, kamu, orang baik yang selalu ingin menyumbangkan hal positif pada dunia! Tentu saja kamu dan ribuan orang baik lainnya bisa bertemu dengan jodoh organisasi yang membutuhkan kontribusi luar biasa kamu.

Tidak salah rasanya bila dengan penuh semangat Jodoh Pasti Bertemu dan dorongan faktor genetik Mak Comblang yang mendarah daging, indorelawan.org terus berupaya untuk bisa menjadi platform yang bisa memfasilitasi perjodohan ‘yang direstui langit dan bumi’ semacam itu.

Perjodohan antara dua relawan, Ajeng Hern dan Dita F. Hero, dengan SOS Children’s Villages adalah salah satu contohnya. SOS Children’s Villages saat itu membuka aktivitas di indorelawan.org untuk mencari relawan dalam rangka kegiatan Around The World in 80 Anthems di Car Free Day, dimana relawan bertugas menyebarkan kesadaran terhadap anak-anak kehilangan pengasuhan.

Ajeng (kiri) bersanma teman-teman relawan SOS Children’s Villages di acara Car Free Day

Ajeng merasa ada dorongan dalam dirinya untuk melakukan sesuatu dan mengisi waktu yang lebih dari sekedar nongkrong bersama teman. Berbekal mesin pencari internet, Dia menemukan Indorelawan dan juga SOS Children’s Villages. Setelah melakukan sedikit riset tentang SOS, Ajeng yang memang menyukai anak-anak, teryakinkan dengan profil organisasi itu dan akhirnya memutuskan untuk mendaftarkan diri menjadi relawan. Perjodohan ini ternyata tidaklah bertepuk sebelah tangan. Dia merasa banyak hal positif yang dia peroleh dari keterlibatannya itu.“Hal positif yang saya dapatkan dari kegiatan SOS Children’s Villages adalah (pentingnya) teamwork dalam mencapai tujuan (kegiatan). Selama menjadi volunteer SOS Children’s Villages saya melihat adanya kejelasan acara yang mereka buat, (dan) membuat saya tidak merasa sia-sia melakukan kegiatan tersebut.”

Tidak jauh berbeda dengan Ajeng, Dita yang memang sedang mencari aktivitas kerelawanan, tidak sengaja membuka halaman acara CFD SOS Children’s Villages Indonesia di indorelawan.org. Sama seperti Ajeng, Dita juga menyukai anak-anak. Dita yang memang sering ikut CFD, menyadari bahwa kegiatan CFD yang dia lakoni selama ini ternyata bisa diarahkan menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi orang banyak.

Keputusannya untuk bergabung dengan acara CFD SOS Children’s Villages tidaklah mengecewakan sama sekali. Dita memperoleh banyak hal dari keterlibatannya dalam acara itu.

“Acaranya seru banget. Aku jadi bisa kenal banyak orang-orang dari berbagai kalangan yang juga jadi relawan di acara itu. Di acara itu aku juga terkesan sama anak-anak dari SOS Children’s Villages yang aku ajak ngobrol.”

Ujungnya, karena melihat kejelasan program dan kerja keras para pengurus organisasi SOS Children’s Villages, Dita mengaku tak ragu memutuskan untuk bergabung kembali dengan SOS Children’s Villages Indonesia di event-event berikutnya.

Lalu bagaimana tanggapan pihak SOS Children’s Villages yang merupakan NGO terbesar di dunia di bidang pengasuhan anak? Lusiana Udjaja selaku Co.Worker for Digital Fundraising SOS Children’s Villages mengaku bahwa kehadiran sumber daya relawan seperti Ajeng dan Dita sangat membantu program dan campaign mereka. Karena sebagai organisasi non-profit yang berbasis pengasuhan untuk anak, budget organisasi lebih difokuskan untuk pembiayaan kebutuhan hidup anak-anak. Lusiana juga mengaku bahwa organisasinya terkagum-kagum dengan semangat relawan yang terlibat dalam kegiatan mereka karena banyak relawan yang meminta diinformasikan bila ada program atau aktivitas baru dan ada beberapa di antaranya yang ingin terus melanjutkan berkarya untuk anak-anak.

“Harapan kami, para relawan bergabung dalam Indorelawan didasarkan pada semangat untuk berbuat baik kepada sesama, tanpa melihat reward atau aftereffect apapun. Teruslah berkarya!” Ujarnya.

Nah, setelah membaca kisah sukses perjodohan antara dua relawan dengan SOS Children’s Villages ini, apakah kamu juga siap kami jodohkan? Karena indorelawan, sang Mak Comblang terpercaya, memiliki banyak stok jodoh organisasi yang kece punya untuk kamu lakukan pedekate!

indorelawan

Post by indorelawan

Indorelawan adalah wadah daring yang menghubungkan organisasi/komunitas dengan beragam sosial dengan para relawan yang memiliki talenta dan potensi. Kami percaya bahwa kerja sama di antara kedua belah pihak akan memperkuat jejaring sosial masyarakat dan menciptakan lingkungan sosial yang lebih baik di Indonesia

Website: http://indorelawan.org