Kolaborasi Indorelawan dan Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta – Indorelawan Blog
Kolaborasi Indorelawan dan Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta
March 4, 2016
0

Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta mengumpulkan Kepala Panti Sosial Anak dan Tresna Werdha milik Dinas Sosial untuk melakukan pertemuan dengan Indorelawan.org, Selasa (14/6). Sebagai Perantara antara Relawan dengan Organisasi Sosial, Indorelawan mulai melakukan identifikasi kebutuhan panti untuk penempatan para relawan.

Pengelola Indorelawan.org, Maritta mengatakan, dalam memberikan Program terkait relawan sosial di Dinas Sosial DKI Jakarta, perlu identifikasi secara detail kebutuhan apa saja yang dibutuhkan oleh pihak Panti.

“Karena sasaran kita, sesuai arahan Gubernur untuk Program Relawan diberikan di Panti Tresna Werdha atau Lansia. Sedangkan Panti Anak merupakan inisiatif kami sebagai tambahan,” tandas Ritta.
Ia melanjutkan dengan adanya identifikasi tersebut, pihaknya dapat memastikan program yang akan terlaksana sesuai dengan tujuannya. Pihaknya juga bisa merancang sedemikian rupa agar program sesuai dengan kebutuhan. 

“Kami akan merekrut volunteer leaders, sebagai Focal Point di setiap Panti. Jadi untuk awal kami akan melakukan program yang sifatnya ringan. Agar relawan bisa menikmati dulu menjadi relawan, baru kemudian nanti ke depannya akan ada relawan profesional, seperti psikolog, dokter, dan sebagainya,” ujar Ritta.

Untuk selanjutnya, katanya, akan ada pembahasan mengenai ruang lingkup kerjasama Dinas Sosial beserta hal-hal teknis, seperti alur perizinan dan seterusnya. Pihaknya juga akan membuat akun Dinas Sosial DKI Jakarta di website Indorelawan.org.

“Kami juga akan menentukan salah satu panti anak atau panti tresna werdha sebagai pilot project. Pilot projek dilakukan untuk melihat sejauh mana antusiasme relawan,” terang Ritta.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Masrokhan mengatakan, dengan adanya Indorelawan.org ini, pihaknya berharap dapat ikut membantu mengatasi permasalahan sosial di DKI Jakarta.

“Paling tidak, nanti di panti anak dan werdha, para relawan bisa melihat langsung bagaimana keadaan Warga Binaan Sosial (WBS) kami. Para relawan akan tahu langsung bagaimana keadaan mereka dan apa yang dibutuhkan mereka,” ujar Masrokhan.

Ia menambahkan, seperti panti anak, khususnya Balita. Para relawan bisa ikut memberikan kasih sayang terhadap anak-anak kami di panti. Karena mereka kurang kasih sayang. Sedangkan panti anak yang usia belajar, mereka butuh semacam bimbel atau kursus bahasa asing.

“Ini agar mereka bisa bersaing dengan anak-anak lainnya. Siapa tahu akan muncul orang hebat di antara anak panti kami. Sedangkan untuk panti werdha, mereka butuh relawan yang ingin mendengarkan kakek-nenek. Mereka butuh perhatian dan kasih sayang juga. Karena kebanyakan mereka merasa kesepian,” pungkas Masrokhan.

Pihak Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Sosial DKI Jakarta, katanya, memang mampu memenuhi kebutuhan dalam hal fisik seperti makanan, pakaian, kasur dan sebagainya. Namun dalam hal psikologis, perlu ada peran serta relawan dalam mengisi hari-hari WBS di panti.

 

 

indorelawan

Post by indorelawan

Indorelawan adalah wadah daring yang menghubungkan organisasi/komunitas dengan beragam sosial dengan para relawan yang memiliki talenta dan potensi. Kami percaya bahwa kerja sama di antara kedua belah pihak akan memperkuat jejaring sosial masyarakat dan menciptakan lingkungan sosial yang lebih baik di Indonesia

Website: http://indorelawan.org