Financial Literacy Vol.1 : How to Manage Your Money #BelajarBerbagiSeries – Indorelawan Blog
Financial Literacy Vol.1 : How to Manage Your Money #BelajarBerbagiSeries
July 30, 2018
0

Kamu sadar gak, seluruh aspek kehidupanmu memiliki konsekuensi finansial. Setiap keputusan yang kamu ambil bisa berpengaruh terhadap kondisi keuanganmu. Gak jarang pula, masalah finansial menjadi topik sensitif yang sangat dihindari terutama dalam lingkup keluarga. Mengapa demikian? Karena masih banyak orang Indonesia yang belum memiliki kemampuan memahami laporan keuangan serta kebiasaan finansial yang baik, seperti mencatat keuangan dan melakukan finansial health check.

Berbeda dengan Malaysia dan Singapura, pengetahuan tentang finansial dasar ini gak diajarkan di sekolah-sekolah di Indonesia. Padahal pemahaman tentang pengaturan keuangan perlu diketahui sejak kecil. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Jenius berkokreasi dengan Daya.id dan Indorelawan dalam mengadakan talkshow Belajar Berbagi seri Financial Literacy: How to Manage Your Money in Jenius Way pada tanggal 11 Juli lalu di Menara BTPN.

Program Belajar Berbagi adalah sebuah aktivitas dari Indorelawan untuk saling berbagi ilmu. Materi yang diangkat pun bermacam-macam, mulai dari praktek manajemen hingga komunikasi. Kali ini, yang dibahas adalah tentang Finansial Literacy. Hal ini muncul sebagai pemahaman bahwa setiap orang harus mampu mengelola keuangan masing-masing agar bisa meraih tujuan hidup yang ingin dicapai, baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Untuk itu, kokreasi kali ini menghadirkan Budi Raharjo, seorang Certified Planner sekaligus Director of OneShildt Planning serta Theoreza Herdiyanto, Digital Banking – Public Relations Bank BTPN. Apa saja sih yang dibahas?

Kemampuan dalam mengatur keuangan

Mengapa mengatur keuangan itu penting? Budi menjelaskan bahwa masalah keuangan mempengaruhi emosi, kondisi mental, dan fisik seseorang. Kalau kondisi keuanganmu baik, kamu akan bahagia dan tenang menjalani kegiatan sehari-hari. Sebaliknya, jika kondisi keuanganmu kurang baik, kamu akan cenderung kurang fokus dengan pekerjaan. Jika ini berlangsung terus-menerus, kondisi kesehatanmu juga akan menurun.

Dari sebuah riset yang disebutkan oleh Budi, stres memikirkan utang misalnya, bisa meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami migrain sebanyak 40 persen. Berawal dari sakit kepala, kemudian mengarah ke lambung dan jadi sumber segala penyakit. Kamu tentu gak ingin mengalami ini ‘kan?

Biasakan mencatat pengeluaran

Memori manusia itu terbatas, jadi kita gak bisa sepenuhnya mengandalkan memori untuk mengingat transaksi yang dilakukan setiap hari. Suka atau tidak, kita harus mencatat setiap pengeluaran agar tau untuk apa saja uang tersebut dibelanjakan.

Kali ini kamu gak perlu lagi mencatat secara manual. Dengan Jenius, setiap transaksi yang kamu lakukan akan langsung tercatat di dalam In & Out. Kamu juga bisa mengategorikan setiap pengeluaran, seperti yang disarankan untuk dilakukan oleh Budi.

“Saya biasanya pakai Jenius, ada fitur tag (kategori). Jadi saya tau ini pengeluarannya untuk apa,” ungkap Budi.

Dari kebiasaan ini, nantinya kamu bisa melihat pola pengeluaranmu dan mengalokasikan uang dengan porsi yang lebih tepat.

Lakukan finansial health check

Setelah rutin mencatat pengeluaran dan memahami kebiasaan kamu dalam mengatur keuangan, hal lain yang perlu dilakukan adalah financial health check setidaknya setahun sekali. Buat kamu yang belum pernah melakukan financial health check sebelumnya, ini bisa jadi kesempatan untuk menilai dan memperbaiki kondisi finansialmu.

Saat acara berlangsung, Budi membagikan formulir sederhana kepada peserta sekaligus memandu mereka melakukan financial health checksendiri. Formulir tersebut berisi kumpulan pertanyaan yang berfungsi untuk mendiagnosa kondisi keuangan seseorang. Beberapa pertanyaan penting di antaranya seperti besar penghasilan, pola pengeluaran, debtcheck, kemampuan menabung dan investasi, serta kesiapan diri terhadap pengeluaran tak terduga. Jawaban dari pertanyaan tersebut bisa digunakan sebagai parameter untuk menentukan tindakan yang perlu dilakukan selanjutnya.

Kamu sudah memahami pentingnya mencatat keuangan dan cara melakukan financial health check. Kini saatnya menerapkan dua kebiasaan baik tersebut agar kondisi keuangan kamu lebih stabil. Jangan lupa juga untuk berbagi ceritamu memulai kebiasaan ini di forum Co.Create nanti ya.

Artikel ditulis oleh Elvina Taher, diambil dari artikel Financial Literacy: Pentingnya Mencatat Pengeluaran dan Melakukan Financial Health Check 

indorelawan

Post by indorelawan

Indorelawan adalah wadah daring yang menghubungkan organisasi/komunitas dengan beragam sosial dengan para relawan yang memiliki talenta dan potensi. Kami percaya bahwa kerja sama di antara kedua belah pihak akan memperkuat jejaring sosial masyarakat dan menciptakan lingkungan sosial yang lebih baik di Indonesia

Website: http://indorelawan.org