10 Instagram Nonprofit yang Wajib Kamu Follow – Indorelawan Blog
10 Instagram Nonprofit yang Wajib Kamu Follow
November 11, 2016
0

Meski Facebook masih merajai penggunaan social media di Indonesia, Instagram kini mulai menjadi favorit para anak muda. Berdasarkan survei yang dilakukan JakPat (jajakpendapat.com, 2016), 7 dari 10 pengguna internet di Indonesia berusia 16-35 tahun adalah pengguna Instagram. Di antara arus informasi dari selebgram ala Awkarin hingga content creator seperti Indovidgram, Instagram mulai dilirik oleh para nonprofit di Indonesia dalam menyampaikan misi sosialnya. Berikut akun-akun Instagram nonprofit yang sukses menarik perhatian dan bisa kamu curi tipsnya!

1. Kopernik

Sejak 2010, Kopernik telah mendistribusikan lebih dari 9000 produk teknologi sederhana dan tepat guna kepada keluarga miskin di daerah terpencil. Di @kopernik.info, kamu akan menemukan foto-foto indah dari berbagai wilayah yang telah mereka bantu. Tepat ketika fitur Instagram Stories diluncurkan, Kopernik juga langsung memanfaatkannya untuk berbagi cerita para relawan #IDWomen4Energy yang baru saja dikirim ke Flores.

2. Yayasan Kebun Raya Indonesia

Sesuai nama yang diusung, YKRI secara aktif menyuarakan pentingnya menjaga keanekaragaman hayati kepada masyarakat. Di @yayasankebunraya_id, temukan berbagai foto-foto indah dari 21 kebun raya Indonesia dan infografis menarik seperti “Sejarah Kebun Raya Bogor” dan “10 Hal yang Bisa Dilakukan di Kebun Raya Bogor”. Semua infografis ini dikerjakan oleh para relawan dari Indorelawan lho!

3. Amartha Microfinance

Amartha Microfinance memberikan pinjaman lunak kepada perempuan kurang mampu untuk memperbaiki situasi ekonomi dan kehidupan mereka. Menelusuri timeline @amarthaid, kamu akan langsung terbawa kisah haru para Mitra Andalan (peminjam), alasan kenapa harus berinvestasi dan berbagai kegiatan terbaru Amartha. Lengkap, menggugah secara visual dan mudah dicerna.

4. Belajar Bersama Sjors Foundation

BBS memberikan pengajaran soft skill untuk anak-anak di kolong jembatan Pluit sejak 2011. Sekali lihat halaman @bbs_foundation, kamu akan langsung tahu kalau warna identitas BBS adalah hijau. Penggunaan warna yang konsisten akan membantu followers untuk langsung mengenali postinganmu di antara arus informasi lainnya.

5. SOS Children’s Villages Indonesia

SOS Children’s Villages adalah organisasi non profit terbesar di dunia yang bergerak dalam bidang pengasuhan anak. Dikemas dalam bentuk square yang rapi dan penyematan logo SOS Children’s Villages Indonesia, foto-foto di @desaanaksos menjadi enak untuk dilihat dan disebarluaskan.

6. Campaign ID

Kamu ingin melakukan perubahan sosial dan siap jadi agen perubahan? Di @campaign_id, kamu akan menemukan beragam isu yang siap untuk digerakkan ke skala yang lebih masif. Selain mempromosikan berbagai kampanye sosial di Campaign ID, timeline mereka diwarnai pula oleh perayaan hari besar seperti Hari Guru Nasional dan Hari Tani Nasional. Campaign ID juga kerap melakukan reposting dari akun lain, misalnya WWF dan UNIC Jakarta. Nah, nggak perlu pusing lagi kan untuk cari alternatif materi postingan?

7. #HelpNona

#HelpNona adalah jawaban bagi para perempuan muda agar memiliki kepercayaan diri dan tidak terjebak kekerasan dalam pacaran. Di @helpnona, materi visual dikemas dalam bentuk tulisan artistik yang “cewek banget”. Kutipan artikel dan tips pacaran sehat pun jadi lebih menarik dalam bentuk poster.

8. Garda Satwa Indonesia

Garda Satwa Indonesia merupakan shelter penyelamat anjing dan kucing terlantar. Di @gardasatwaindonesia, kamu bisa menonton video hewan-hewan yang begitu menggemaskan dan bikin kamu gak bisa nolak untuk mengadopsi mereka. Garda Satwa Indonesia juga punya toko merchandise untuk mendukung operasional shelter yang bisa kamu cek di @gsi_goodbeyond.

9. Pamflet

Pamflet dibentuk oleh anak muda dengan tujuan mendorong pergerakan anak muda dan kemanusiaan. Dengan kampanye #BanyakTahu, @pamfletgenerasi mengemas fakta-fakta berat seputar hak asasi manusia ke dalam bentuk poster yang lebih menarik minat anak muda. Bentuk ini kemudian menjadi template yang terus diulang sehingga mudah dikenal publik.

10. YCAB Foundation

YCAB Foundation adalah satu-satunya non profit di Indonesia yang memiliki UN-ECOSOC Special Consultative Status dan sertifikasi ISO 9001:2008. Bekerja sejak tahun 1999, YCAB memberikan penyuluhan gaya hidup sehat, pendirian rumah belajar dan pendampingan wirausaha untuk anak muda. Di @ycabfoundation, kamu akan menemukan berbagai foto, poster dan video kegiatan dan ajakan donasi dengan kualitas gambar yang jelas dan terang. Ingat aturan utama Instagram : visual, visual dan visual!

indorelawan

Post by indorelawan

Indorelawan adalah wadah daring yang menghubungkan organisasi/komunitas dengan beragam sosial dengan para relawan yang memiliki talenta dan potensi. Kami percaya bahwa kerja sama di antara kedua belah pihak akan memperkuat jejaring sosial masyarakat dan menciptakan lingkungan sosial yang lebih baik di Indonesia

Website: http://indorelawan.org