Dari Mendapat Pengalaman Baru Sampai Ketemu Jodoh, Kenali 7 #ManfaatJadiRelawan Ini – Indorelawan Blog
Dari Mendapat Pengalaman Baru Sampai Ketemu Jodoh, Kenali 7 #ManfaatJadiRelawan Ini
February 23, 2017
0

Relawan adalah seorang yang sukarela menyumbangkan waktu, tenaga, pikiran dan keahlian untuk menolong orang lain. Menjadi relawan juga tidak mendapatkan upah atau gaji atas apa yang telah disumbangkan. Meskipun begitu menjadi relawan akan membuatmu lebih bahagia. Kamu akan sadar bahwa kebahagian tidak melulu soal uang.

Berikut tujuh alasannya.

1. Kamu akan mendapatkan pengalaman baru yang belum pernah kamu rasakan sebelumnya

Lia, sehari-harinya bekerja sebagai dokter gigi, belum memiliki pengalaman mengajar ketika menjadi kakak tutor di Yayasan Pemimpin Anak Bangsa.

Selama ini kamu hanya melihat bagaimana relawan bekerja di layar televisi, membacanya di koran atau majalah dan mendengar cerita dari orang-orang. Akan tetapi, ketika kamu menjadi relawan kamu akan merasakannya secara langsung, baik suka maupun duka. Misalnya, kamu akan merasakan pengalaman susahnya menyalurkan bantuan berupa makanan dan obat-obatan kepada korban bencana alam.

Kegiatan kerelawanan merupakan kendaraan yang tepat bagi kamu untuk menemukan hal apa yang ternyata sangat bagus ketika kamu kerjakan. Jadi relawan dan mendapatkan pengalaman baru bisa dikatakan seperti satu paket manfaat! Jangan pernah takut untuk mencoba, seperti yang di katakan oleh Mahatma Gandhi, “Hiduplah seperti kamu akan mati besok. Belajarlah seperti kamu akan hidup selamanya.”

2. Teman kamu akan bertambah banyak

Bertemu teman-teman baru di kegiatan Clean Up Day Jakarta

Ketika menjadi relawan, kamu akan bertemu orang-orang baru dari berbagai latar belakang. Mau tidak mau kamu harus berkenalan dan bersosialisasi dengan mereka. Apalagi kalau kamu menjadi relawan di berbagai kegiatan/organisasi, pasti teman kamu pun akan bertambah semakin banyak.

3. Mengasah skill kamu

Dari hobinya membuat vlog, Tiara membantu organisasi The Street Store Indonesia menjadi relawan videografer saat acara Berbagi Baju di bulan Ramadhan.

Biasanya dalam kegiatan kerelawanan, organisasi/komunitas akan membutuhkan beberapa orang dengan keahlian khusus. Misalnya menulis, memotret, membuat video dan mendesain poster. Jika kamu memiliki keahlian yang juga dibutuhkan organisasi, maka kamu dapat membantu mereka! Jangan khawatir jika pengalaman kamu belum banyak, justru dengan menjadi relawan maka skill kamu akan semakin terasah dan tugas-tugas yang kamu kerjakan untuk organisasi juga bisa menjadi portofolio lho!

4. Menjadi relawan membuat karirmu semakin berkembang

Imam (paling kiri) menjadi relawan software engineer di Indorelawan saat kuliah semester 8. Berbekal pengalamannya mengerjakan website Indorelawan, Imam tidak kesulitan ketika diwawancara kerja.

Saat menjadi relawan kamu akan  belajar hal baru dari orang-orang yang kamu temui atau pengalaman tugas relawan yang kamu dapatkan. Bertemu dengan lingkungan baru ini yang akan membantumu untuk membangun jaringan. Kamu juga akan dipacu untuk dapat bekerjasama dengan orang lain dalam  sebuah tim dan bekerja dalam waktu yang singkat, layaknya bekerja secara profesional.

Survey dari TimeBank lewat 200 Reed Executive di UK menunjukkan bahwa 73% pemberi kerja akan merekrut kandidat yang memiliki pengalaman kerelawanan lebih dari satu kali. 94% pemberi kerja (employers) percaya bahwa kegiatan kerelawanan memberikan berbagai kemampuan bagi seseorang. 

5. Kalau kamu beruntung bisa ketemu jodoh lho!

Billy dan Sondra bertemu di kegiatan kerelawanan dan sudah mengikuti 40 lebih aktivitas sosial sejak 2012.

Jadi relawan mempertemukanmu dengan banyak orang, teman dan sahabat baru, baik laki-laki maupun perempuan. Intensitas bertemu bisa menumbuhkan ‘rasa-rasa’ ingin mengenal lebih dekat terhadap seseorang. Ada beberapa organisasi yang kami temui menceritakan kisah pasangan relawan yang pacaran atau bahkan sampai menikah! Nah, bisa jadi salah satu teman kamu di organisasi adalah jodoh kamu yang ditakdirkan oleh Tuhan, amin 😀

 6. Memberi dampak nyata dan kesempatan berbagi

Berbagi bersama kakek dan nenek di Panti Tresna Werdha.

Sebagai makhluk sosial, kita akan membutuhkan individu lain dalam hidup. Manusia dan lingkungannya akan bergantung satu sama lain, inilah esensi dari gotong royong di mana suatu masyarakat akan maju bila individu-individu di dalamnya saling membantu dan mendukung satu sama lain. Di sinilah relawan berperan untuk menjembatani masyarakat yang satu dan lainnya. 

7. #JadiRelawan bikin bahagia

Relawan Indorelawan bertemu di acara Temu Relawan pertama, berbagi canda sambil menambah pengalaman.

Kamu tertarik menjadi relawan pasti karena tertarik atau suka dengan kegiatannya sehingga kamu akan menjalaninya dengan hati bukan karena paksaan. Betul nggak? Selain itu, #JadiRelawan juga membuat kamu keluar dari zona nyaman dan terhindar rasa bosan dari rutinitas sehari-hari. Ketika terjun ke lapangan menjadi relawan, kamu akan menyadari bahwa hidup ini adalah pemberian Tuhan yang patut dibagi dan disyukuri. Saat kamu memberi sesuatu kepada orang lain, secara tidak sadar kamu justru yang banyak menerima dari mereka yang kamu bantu. Melihat orang yang kamu bantu merasa bahagia adalah salah satu cara manusia untuk berbahagia.

#ManfaatJadiRelawan ini adalah kampanye kolaborasi antara Indorelawan dan Turun Tangan. Kamu bisa melihat kumpulan video #ManfaatJadiRelawan di sini, siap-siaplah terinspirasi!

Ditulis oleh  Yusnaeni dari Turun Tangan & Marsya Nurmaranti dari Indorelawan.

indorelawan

Post by indorelawan

Indorelawan adalah wadah daring yang menghubungkan organisasi/komunitas dengan beragam sosial dengan para relawan yang memiliki talenta dan potensi. Kami percaya bahwa kerja sama di antara kedua belah pihak akan memperkuat jejaring sosial masyarakat dan menciptakan lingkungan sosial yang lebih baik di Indonesia

Website: http://indorelawan.org