Kenalan Yuk | Riza – Indorelawan Blog
Kenalan Yuk | Riza
March 12, 2017
0

“Hal yang paling saya suka ketika menjadi relawan adalah saat melihat anak-anak yang tengah berjuang melawan penyakitnya tersenyum. Selain itu, hal favorit saya adalah ketika saya berhasil memeluk mereka. Saya selalu mencoba mencuri perhatian mereka atau mengambil kesempatan untuk bisa memeluk mereka. Hal tersebut saya yakini dapat memberikan energi atau semangat positif yang justru bisa saya dapatkan dari para peri kecil tersebut.

Awalnya, saya bukanlah seorang yang berani untuk berhubungan dengan orang banyak dan orang baru. Saya cenderung menutup diri dan takut dengan lingkungan yang baru. Akan tetapi, di tahun 2015 lalu ketika saya merasa bahwa saya telah mengambil langkah yang salah, saya memutuskan untuk menggantinya dengan mulai membuka diri untuk bertemu dengan orang banyak dalam suatu kegiatan kerelawanan. Saya ingat saat itu, kegiatan pertama yang saya ikuti adalah Kota Layak Anak, membantu melayani anak-anak yang hendak baca di stan 1001buku sekaligus itu merupakan organisasi pertama yang saya jalani. Masih aktif di 1001buku, saya kemudian mulai keranjingan mengikuti kegiatan lain. Namun, kali ini saya lebih memilih untuk terjun dalam bidang yang berhubungan dengan kesehatan. Jadilah saya bergabung dengan Komunitas Taufan dan disusul dengan Pita Kuning, dan beberapa kegiatan lainnya.”

relawan indorelawan jadi relawan komunitas taufan
Riza bersama teman-teman dari Komunitas Taufan.

Selama proses berlangsung, di mana saya bertemu dengan banyak orang hebat nan baik hati membawa kesadaran dalam diri saya bahwa selama ini saya seolah hidup dalam goa yang sumpak.

Dengan mengikuti kegiatan kerelawanan, saya sadar bahwa hidup menjadi lebih bermakna dengan kita berbagi. Pun berbagi sebenarnya adalah hal yang sangat sederhana, tidak melulu soal materi. Pelajaran demi pelajaran saya dapatkan dari orang-orang hebat nan baik hati itu. Hal ini pun langsung membuat saya mengambil langkah seribu untuk menghentikan pendidikan lanjutan yang sempat saya jalani. Kegiatan tersebut pun membuat saya malu pada diri saya sendiri karena antara gelar yang saya dapat (nantinya) dengan kualitas hidup saya belumlah seimbang. Gelar bisa didapatkan kapan pun dan di mana pun, tetapi nilai dari hal itulah yang membuat apakah gelar tersebut menjadi sebuah keberkahan atau hanya embel-embel semata. Untuk itu, kekaguman saya semakin meningkat berkali-kali lipat ketika ada teman-teman yang tetap melanjutkan pendidikannya hingga jenjang yang lebih tinggi tetapi juga mengimbanginya dengan kualitas hidup yang baik. Mereka inspirasi sekaligus guru bagi saya.”

Namun, saat ini saya pikir saya harus banyak belajar dari tiap proses kehidupan orang lain terlebih dulu untuk bisa meningkatkan kadar bersyukur saya yang masih belum ada apa-apanya. 1001buku, menjadi satu yang paling saya kagumi karena saya bertemu dengan orang cerdas, hebat, nan baik hati, bahkan hampir sempurna. Pendidikan yang luar biasa, kemurahan dan kelapangan hati, menjadi warna warni yang saya temukan pada sesosok kakak sekaligus guru bagi saya. Selepas itu, Komunitas Taufan menjadi puncak dari segala rasa yang saya rasakan. Melihat senyum, semangat, dan kekuatan yang dimiliki oleh anak-anak menjadi kekuatan tersendiri bagi saya untuk bisa belajar memperbaiki diri. Pada intinya, di beberapa kegiatan yang saya ikuti, selain rekan relawan lainnya, anak-anak menjadi guru berharga dalam hidup saya.”

***

Dari anak-anak Riza Gilang mendapatkan sebuah pelajaran bahwa dengan berbagi kepada sesama hidup menjadi lebih bermakna, bukan tentang materi tetapi tentang memilih dari hati. Kalau kamu, apa yang kamu sukai saat menjadi relawan? Bagikan cerita kamu di sini bersama Indorelawan!

indorelawan

Post by indorelawan

Indorelawan adalah wadah daring yang menghubungkan organisasi/komunitas dengan beragam sosial dengan para relawan yang memiliki talenta dan potensi. Kami percaya bahwa kerja sama di antara kedua belah pihak akan memperkuat jejaring sosial masyarakat dan menciptakan lingkungan sosial yang lebih baik di Indonesia

Website: http://indorelawan.org