Kenali Lebih Dekat Transportasi di Jakarta dengan #JadiRelawan – Indorelawan Blog
Kenali Lebih Dekat Transportasi di Jakarta dengan #JadiRelawan
May 31, 2016
0

Apakah di antara kalian merupakan pengguna transportasi umum? Kalau cukup sering menaikinya, tentu sudah tahu dong rute ke Taman Ismail Marzuki dari Mampang atau saat hendak bepergian ke luar kota melalui Stasiun Gambir dari Kampung Melayu?

Ternyata, salah satu aplikasi transportasi umum yang cukup terkenal di Eropa Timur sana, saat ini sedang dikembangkan di Indonesia. Dimulai dari negara Lithuania, TRAFI menyajikan data yang akurat seputar informasi transportasi umum mulai dari rute, dan pantauan real time di negara asalnya.

Di Jakarta, TRAFI bertujuan untuk memudahkan pengguna transportasi umum untuk memberikan rute, baik Kopaja, Mikrolet, Trans Jakarta dan KRL yang jumlahnya ratusan lho. Kabar baik ini memerlukan sedikit penyempurnaan lagi, karena, saat ini aplikasi tersebut masih dalam versi beta.

Sebagai salah satu langkah awal, TRAFI bekerja sama dengan Indorelawan, untuk mengajak relawan mengisi informasi transportasi umum, di aplikasi yang akan diluncurkan akhir Mei ini.

Ketika matahari cukup hangat menyinari langit Jakarta pada Sabtu lalu, sebanyak 27 relawan yang berasal dari Jabodetabek berkumpul di Plaza Semanggi untuk mendapat pengalaman baru. Dari ratusan rute transportasi umum di Jakarta, relawan menerima tantangan untuk memvalidasi rute Kopaja dan Mikrolet yang diberikan Dinas Perhubungan kepada TRAFI.

Nantinya, informasi yang tersedia melalui aplikasi TRAFI ini, dapat memberitahukan penggunanya akan keberadaan transportasi umum Jakarta, mulai dari Trans Jakarta, KRL, Kopaja hingga Mikrolet. Tak hanya itu saja, menurut Dimas Dwi dari TRAFI, aplikasi ini nantinya akan memberikan banyak opsi selain yang tersebut di atas, seperti ojek dan juga penambahan fitur perkiraan harga akan menjadi pertimbangan mereka.

Kopaja P20 Pasar Senen-Lebak Bulus, P57 Blok M-Kampung Rambutan, S66 Manggarai-Blok M merupakan salah satu Kopaja yang diuji cobakan rutenya oleh para relawan. Tak hanya itu saja, Mikrolet pun tak luput dari uji coba yang dilakukan relawan TRAFI.

Seperti Mikrolet M19 Cililitan-Kranji, M20 Pasar Minggu-Ciganjur dan Mikrolet M08 Tanah Abang-Kota. Tantangan diserahkan kepada semua relawan, untuk menuju titik awal Kopaja maupun Mikrolet yang ditugaskan, seperti penulis yang memulai dari Pasar Senen untuk menggunakani Kopaja P20.

Dari sana, relawan melaporkan kesiapannya berpetualang ke tujuan akhirnya. Mungkin bagi sekalian kalian saat menempuh jarak yang sedemikian jauh, dari ujung ke ujung dan sudah membayangkan macetnya jalanan Jakarta, maka dapat dengan mudah untuk mengistirahatkan kepala sejenak hingga sampai ke tempat tujuan.

Tetapi tidak bagi kami, tantangan yang diberikan selain mencoba Kopaja dan Mikrolet dari tempat awal hingga akhir, juga mencatat berbagai informasi tambahan seperti saat relawan melewati sebuah Mall, halte Trans Jakarta dan berbagai tempat yang orang lain cukup mengenalinya di aplikasi TRAFI.

Meski begitu, semakin mengenal rute yang sebenarnya belum pernah dilewati ataupun mencoba Kopaja dan Mikrolet ke daerah lain, menjadi pengalaman yang tentunya mengesankan dan tidak mudah untuk dilupakan.

Seperti salah seorang teman relawanku, Ani Yoraeni yang mengaku belum pernah menaiki Kopaja S66 ke arah Manggarai dan Blok M. Juga bagi Kania Galuh yang berjurusan sama Blok M-Manggarai, namun menaiki Kopaja S620 membuatnya semakin tertarik untuk berkelana dengan angkutan umum ke depannya.

Bagaimana kawan, masih enggan #JadiRelawan, yuk coba deh cari di Indorelawan yang menyediakan banyak pilihan bagi kalian untuk menyalurkan waktu, tenaga dan keahliannya di berbagai komunitas dan acara.

Ditulis oleh relawan Trafi Explorer,

Arief.

indorelawan

Post by indorelawan

Indorelawan adalah wadah daring yang menghubungkan organisasi/komunitas dengan beragam sosial dengan para relawan yang memiliki talenta dan potensi. Kami percaya bahwa kerja sama di antara kedua belah pihak akan memperkuat jejaring sosial masyarakat dan menciptakan lingkungan sosial yang lebih baik di Indonesia

Website: http://indorelawan.org