Komunitas Taufan, Setia Mendampingi Anak-Anak dengan Kanker – Indorelawan Blog
Komunitas Taufan, Setia Mendampingi Anak-Anak dengan Kanker
February 21, 2016
0

Penderita kanker tidak hanya membutuhkan perawatan medis, dukungan moral juga sangat dibutuhkan bagi mereka dan keluarga yang mendampingi. Berawal dari kehilangan anak akibat kanker, seorang ibu mendedikasikan hidupnya untuk membantu penderita kanker. “Mama Taufan” sapaan akrabnya, kerap kali menjadi inspirasi bagi banyak relawan ini, ternyata mempunyai nama lengkap Yeni Dewi Mulyaningsi. Dahulu, ibu Yeni merawat anaknya yang merupakan pasien Leukimia bernama Taufan selama 2 tahun di RSCM hingga akhirnya Taufan kembali ke pangkuan Allah pada tanggal 1 Mei 2012.

Pengalaman Bu Yeni hampir 2 tahun mendampingi Taufan ketika sakit, mengajarkan banyak hal. Bagaimana beratnya perjuangan teman-teman orangtua di rumah sakit. Betapa besar pengorbanan yang mereka harus lakukan agar anaknya mendapatkan pengobatan layak dalam jangka waktu yang lama. Mendengarkan keluhan para orangtua akibat dari perjuangan panjang yang tak ayal berdampak pada timbulnya masalah lain dalam rumah tangga.

Atas dorongan seorang relawan bernama Zack Petersen, sebulan kemudian, Bu Yeni kembali lagi ke bangsal dimana anaknya pernah dirawat. Meniti kenangan, menguatkan sahabat yang masih berjuang di bangsal. Tanpa disadarinya, Zack ikut menuliskan sebuah artikel tentang Taufan di sebuah media online, The Jakarta Globe. Satu persatu relawan dan donatur bergabung ingin membantu perjuangan para pejuang cilik di rumah sakit. Hingga pada November 2013, Zack menggalang dana untuk kegiatan Bu Yeni di rumah sakit. Ada juga Wibowo Sulistio yang kemudian membuka jalan untuk membangun sebuah komunitas dengan menawarkan diri membuatkan sebuah website. Komunitas Taufan akhirnya terbentuk pada 14 Desember 2013 yang dikelola bersama Andriana, seorang donatur yang juga baru kukenal. Setelah didirikan tanggal 14 Desember 2013 dan berjalan hampir setahun, akhirnya Komunitas Taufan dikukuhkan menjadi Yayasan pada tanggal 8 Oktober 2014.

Hingga saat ini, pengurus inti dari Komunitas Taufan merupakan pengurus yayasan yang merencanakan kegiatan dan mengurus administrasi sehari-hari. Batas waktu kepengurusan juga tidak ditetapkan, karena pengurus pun merupakan relawan pada awalnya. Relawan yang akhirnya jatuh hati untuk terus menetap dengan Komunitas Taufan.

Komunitas yang memiliki logo sederhana dengan bentuk cekungan seperti tetesan air melambangkan kegiatan Komunitan Taufan yang dari awal mengalir saja, perlahan namun fokus. Gambar anak tanpa rambut dengan dasar hitam melambangkan kegelapan yang sering dirasakan pasien kanker ketika pertama kali didiagnosa kanker, bingung harus berbuat apa dan kemana harus minta bantuan.

Selain cikal bakal nya yang sangat inspiratif, sekarang Komunitas Taufan memiliki tiga kegiatan seru seperti #BangsalVisit, #HomeVisit, dan #SupportVisit.

#BangsalVisit dan #SupportVisit dilakukan bergantian 2-3x seminggu di RSCM dan rumah sakit lain di Jakarta. Kegiatan ini terbuka untuk relawan dan donatur yang ingin mensupport moral dan material bagi pasien kanker anak dan pasien dengan penyakit beresiko tinggi lainnya. Komunitas Taufan mengajak relawan dan donatur untuk datang langsung ke rumah sakit, menghibur pasien dan menyerahkan donasi kepada pasien yang membutuhkan. Berbeda dengan #HomeVisit, kegiatan ini ialah mengunjungi pasien di rumah mereka. Biasanya Komunitas Taufan memilih mengunjungi pasien lama yang mulai kendor semangatnya untuk berobat, atau pasien baru yang sangat butuh bantuan baik itu informasi pengobatan maupun bantuan finansial untuk transportasi selama masa pengobatan. Komunitas taufan mengajak relawan dan donatur untuk datang menghibur pasien tersebut, membawakan pasien dengan hadiah-hadiah dan permainan yang mebuat mereka kembali bersemangat.

Untuk bulan November 2015, Komunitas Taufan mengadakan #Movember2015, mengumpulkan relawan dan donatur untuk terlibat bekerjasama dengan Indorelawan.org dan Kitabisa.com. Detail aktifitas bisa dilihat di http://www.kumisuntukadik.org/

Beralih dari kegiatan rutin, Komunitas Taufan juga memiliki kegiatan besar tahunan yaitu Charity Art Festival berkaitan dengan Hari Kanker Anak Sedunia tanggal 15 Februari. Pernah sewaktu CAF 2015. Event besar pertama Komunitas Taufan yang berkolaborasi dengan komunitas-komunitas seni yang cukup besar. Saat itu masih musim hujan dan kami khawatir sekali hujan akan turun di tengah-tengah acara tetapi syukur acara berjalan lancar, semua pasien bahagia hingga akhir acara. Komunitas Taufan berniat untuk membuat event serupa di tahun depan dengan konsep kegiatan yang lebih seru lagi.

Dengan banyaknya kegiatan seru yang Komunitas Taufan bentuk, kesulitan-kesulitan pastilah tidak sedikit, dan hal tersebut sangat mendorong Komunitas Taufan untuk membuka recruitment bagi relawan agar bisa membantu pengurus menjalakan berbagai kegiatan. Dan dalam waktu kedepannya Komunitas Taufan juga berniat merapihkan manajerial relawan agar relawan merasa lebih senang beraktifitas dengan Komunitas Taufan dan mengambil manfaat lebih banyak lagi di dalamnya.

Banyak harapan untuk Komunitas Taufan agar kegiatannya terus berjalan dengan baik dan mendapat support dari banyak pihak. Kemudian, Komunitas Taufan juga ingin agar dapat bekerjasama dengan pemerintah untuk menjangkau lebih banyak masyarakat umum. Mengedukasi mereka mengenai pendeteksian kanker sejak dini, agar lebih banyak anak yang tertolong dan terobati.

Kalau mereka para pasien kanker saja bisa memaksimalkan waktunya untuk terus berjuang bertahan hidup, kenapa kita masih tidak mau membantu mereka dengan cara menjadi relawan? Menjadi relawan adalah kegiatan yang datang dari hati. Kamu bisa memulai dengan memilih komunitas yang sesuai dengan passionmu, coba bergabung, buat sebanyak mungkin orang tersenyum karenamu, berbagilah dengan apa yang kamu punya meski sedikit. Kemudian rasakan perubahan hidupmu!

Ayo berkontribusi ☺

indorelawan

Post by indorelawan

Indorelawan adalah wadah daring yang menghubungkan organisasi/komunitas dengan beragam sosial dengan para relawan yang memiliki talenta dan potensi. Kami percaya bahwa kerja sama di antara kedua belah pihak akan memperkuat jejaring sosial masyarakat dan menciptakan lingkungan sosial yang lebih baik di Indonesia

Website: http://indorelawan.org