Pengalaman Anugrah #JadiRelawan Kegiatan-Kegiatan Tzu Chi Indonesia – Indorelawan Blog
Pengalaman Anugrah #JadiRelawan Kegiatan-Kegiatan Tzu Chi Indonesia
September 9, 2016
0

“Berawal dari kejenuhan di kota Jakarta dan kerinduan akan namanya kesederhanaan dalam berbagi. Saya beranikan diri untuk ikut menjadi relawan dan mendaftar di Indorelawan.org. Bertemulah saya dengan Tzu Chi Indonesia. Awalnya saya sangat takut, karena sekian lama saya tidak ikut lagi menjadi relawan, terakhir saat bencana gempa di Jogja tahun 2006.

Kegiatan Pemilahan Sampah

Kegiatan diawali dengan memilah sampah dari yang berharga tinggi sampai yang berharga rendah. Sampah-sampah ini diolah menjadi barang yang nantinya bisa digunakan kembali (contohnya selimut). Selain itu, kami diajak untuk penyuluhan tentang kehidupan sederhana dimulai dari cara menggunakan transpotasi umum, mengurangi penggunaan plastik, mengurangi penggunaan listrik dan air yang berlebihan, makan makanan yang vegetarian dan melestarikan lingkungan dengan cara menanam pohon.

Kegiatan Bazaar

Kegiatan ini dinamakan Bazar bahan–bahan pokok, berawal dari meningkatnya harga-harga sembako selama bulan Ramadan, hal ini membuat relawan Tzu chi Indonesia tergerak untuk membantu meringankan beban warga sekitar sekolah Surya Dharma dalam hal sembako menjelang Lebaran Idul Fitri. Dengan cara membagikan kupon ke warga yang kurang mampu dan nantinya warga tersebut mendapatkan bahan- bahan pokok dengan harga murah. Disini kami diajarkan untuk berbagi dengan warga yang kurang mampu dan memberikan pelayanan secara maksimal.

Kegiatan Baksos Kesehatan Anak

“Saya sangat beruntung, kegiatan pertama saya bersama Tzu Chi indonesia sangat mengena di hati saya dan juga banyak belajar dari kegiatan tersebut. Organisasi ini mengajarkan kita untuk memperbaiki bumi bukan dari berbuat besar namun dimulai dari diri kita sendiri.

Baksos kesehatan anak ini diadakan di Panti YKMB Pasar Minggu. Di kegiatan ini ada tim dokter dan tim apoteker yang mengecek kesehatan anak-anak di panti. Sedangkan tugas kami sebagai relawan di non-medis/ relawan tunas membantu menimbang berat badan, mengukur tinggi badan, memberikan hiburan anak anak panti sembari menunggu antrian untuk memeriksa yang memeriksa. Kegiatan ini mengajarkan kami sebagai relawan untuk berbagi kecerian bersama–sama anak-anak panti, dan belajar mandiri dari mereka yang menghuni panti YKMB. Kegiatan yang menyenangkan sekali 🙂

Kegiatan Baksos Degenaratif

Kegiatan pemeriksaan kesehatan ini diperuntukkan untuk para manula yang berada di sekitar kelurahan Kramat Sentiong. Dimulai dari mengukur berat badan, tinggi badan, ukur tensi, pengecekan darah (gula, kolesterol, asam urat) hingga konsultasi dengan dokter ahli. Kegiatan ini dilakukan selama 3 tahap dan kebetulan saya ikut tahap pertama, selanjutnya kegiatan dilakukan tiap bulanya selama 3 bulan. Kegiatan ini sangat sangat luar biasa, dimana saya sendiri banyak belajar tentang kesabaran dalam memberikan pelayanan kepada manula dengan sangat berhati-hati karena secara fisik para manula ini sudah tidak bisa berjalan cepat.

Demikian cerita saya tentang menjadi seorang relawan. Saya berharap kepada Tuhan untuk selalu diberi kesempatan untuk berbagi dengan mereka yang membutuhkan. Saya juga berterima kasih dengan Indorelawan yang telah bersedia memberikan kesempatan bergabung. Semoga semakin banyak orang yang mau berbagi.

“Manusia diciptakan Tuhan untuk sebuah tugas, maka ambillah tugas itu dengan bangga sebelum Tuhan mengambilnya kembali dan manusia itu tidak menjadi apa-apa”

Anugerah sudah #JadiRelawan, kamu kapan? 🙂 Yuk, lihat aktivitas yang membutuhkan relawan di sini

indorelawan

Post by indorelawan

Indorelawan adalah wadah daring yang menghubungkan organisasi/komunitas dengan beragam sosial dengan para relawan yang memiliki talenta dan potensi. Kami percaya bahwa kerja sama di antara kedua belah pihak akan memperkuat jejaring sosial masyarakat dan menciptakan lingkungan sosial yang lebih baik di Indonesia

Website: http://indorelawan.org