Serunya Merayakan Hari Sedunia bersama Ratusan Relawan di “Kereadta 2018” – Indorelawan Blog
Serunya Merayakan Hari Sedunia bersama Ratusan Relawan di “Kereadta 2018”
April 23, 2018
0

Menyambut datangnya Hari Buku Sedunia, Lokomotim yang terdiri dari Taman Baca Inovator (TBI), Indoreadgram, dan Booktube Indonesia kembali menggelar aksi KeREADta pada Minggu, 22 April 2018. Masih dengan tajuk yang sama, yakni “menjadikan kereta tempat yang menyenangkan untuk membaca”, KeREADta mengajak teman-teman relawan untuk mengampanyekan gerakan #AyoMembaca di dalam transportasi umum, khususnya kereta.

Kampanye ini bergerak dari Stasiun Jakarta Kota sampai Stasiun Universitas Indonesia. Dalam perjalanannya, ratusan relawan literasi yang dikepalai oleh Lokomotim mengajak para penumpang Kereta Commuter Indonesia (KCI) untuk mengisi waktu luang perjalanan mereka dengan membaca buku.

Untuk menyempurnakan gerakan ini, KeREADta memfasilitasi relawan dengan berbagai kelas inspirasi yang digelar di Gedung 10 Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (UI) Depok. Adapun kelas inspirasi tersebut, di antaranya Kelas Literasi, Kelas Fiksi, Kelas Blog, Kelas Jurnalistik, dan Kelas Puisi. Tidak main-main, kelas inspirasi menggandeng pembicara keren dan berpengalaman di bidangnya.

Aksi ini juga disambut baik oleh KCI yang mengawal penuh gerakan KeREADta dari awal hingga akhir. Menurut data yang dihimpun KCI, mayoritas pengguna Commuterline adalah mereka yang berada di usia-usia produktif dengan kebiasaan paling sering bermain gadget dan ngobrol selama perjalanan. Tambah Adli Hakim Nasution selaku Manajer Komunikasi Perusahaan PT KCI, “Jika 1 persennya (dari proyeksi 327 juta penumpang Commuterline) saja ditingkatkan minat bacanya, impact-nya sudah luar biasa.”

Inilah yang diharapkan dari aksi KeREADta, yaitu menggeser kebiasaan masyarakat pengguna transportasi umum dari hanya melamun, misalnya, menjadi sering membaca buku. Sebab seperti yang dikatakan Kak Nirwan selaku pembicara dalam Kelas Literasi, “Pengetahuan selalu menjadi kekuatan paling besar dalam sejarah.” Tidak hanya KCI, relawan literasi yang bermitra melalui portal Indorelawan juga mendukung penuh gerakan ini. Seperti Nibras Khairunnisa, relawan dari Bekasi yang telah siaga sejak pagi untuk menjalankan tugasnya.

“Acaranya seru, banyak nambah relasi. Aku ikut acara ini karena sering liat orang-orang di kereta yang bengong, nggak ngapa-ngapain, atau sekadar Youtube-an. Di Indonesia sendiri kurang minat membacanya. Aku ingin ngajak orang untuk membaca daripada mereka melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat,” jelasnya.

Dengan adanya kolaborasi antara relawan dan partisipasi masyarakat, tujuan dari gerakan literasi ini dapat lebih mudah tercapai. Minat baca yang sudah tumbuh dalam diri sejak dini dapa diwariskan kepada generasi-generasi penerus, atau dipergunakan untuk diri masing-masing di masa yang akan datang.

Aksi KeREADta dilaksanakan dengan dukungan penuh dari sejumlah komunitas seperti Indorelawan, Campaign, Penerbit Haru dan Inari, IMASIP UI, Daur Bunga, Dompet Dhuafa Volunteer, Ismile4You, BukuBule, Buku Pustaka, serta Buku 100 Desa. Dengan adanya dukungan dari banyak pihak, Lokomotim berharap KeREADta menjadi gerakan masif yang dapat menjadikan transportasi umum sebagai tempat yang menyenangkan untuk membaca.

Untuk teman relawan yang mau berpartisipasi di acara KeReadta, jangan lupa ya ikutan KeReadta 2019! Saksikan keseruan Kereadta 2018 di video ini.

Elva Mustika

Post by Elva Mustika

Mahasiswa Jurnalistik yang gemar bermimpi tetapi tidak pernah lupa bangun tidur.

Website: http://tuminesia.com