Traveling sambil #JadiRelawan Komunitas Wanderlust – Indorelawan Blog
Traveling sambil #JadiRelawan Komunitas Wanderlust
January 2, 2016
0

Kekayaan alam dan budaya sekarang bukan lah milik kita saat ini tetapi juga milik anak cucu kita kelak. Siapa yang tidak senang travelling? Rasanya travelling sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat saat ini. Namun dengan kecintaan terhadap traveling ini ternyata juga mengakibatkan dampak buruk yang terjadi. Berawal dari keprihatinan akan fenomena kerusakan alam akibat pariwisata dan kurang berkembangnya penduduk lokal di sekitar lokasi wisata terbentuklah Wanderlust Indonesia. Pariwista seharusnya bukan hanya menguntungkan pihak tertentu saja, kepedulian semua orang sangat diperlukan untuk menciptakan skema pariwisata yang berkelanjutan (sustainable tourism) agar kekayaan alam dan budaya Indonesia tak hanya tinggal menjadi cerita  dan dampak posif pariwisata dapat dirasakan semua pihak.

Wanderlust hadir membawa konsep pariwisata yang bertanggung jawab (responsible travel) dimana setiap orang yang berwisata bersama Wanderlust Indonesia harus melakukan kegiatan sosial yang bertujuan untuk pengembangan masyarakat. Keterlibatan penduduk lokal sangat diutamakan dalam setiap kegiatan wisata, mulai dari keterlibatan penduduk lokal sebagai guide, penyewaan rumah untuk pelancong tinggal,hingga soal logistik dan transportasi. Interaksi yang baik antara pelancong dengan penduduk lokal dan alam juga menjadi bagain terpenting dalam wanderlust.

Semangat responsible travel inilah yang ingin disebarkan agar kelak semua orang akan tetap mengaplikasikan responsible travel dimanapun mereka berpergian meskipun tidak bersama Wanderlust. Sehingga travelling bukan hanya sekedar berwisata mengambil gambar lalu memasangnya di media sosial tapi lebih jauh dari itu travelling juga dapat menjadi kesempatan untuk berbagi dan turut berpartisipasi dalam upaya pengembangan masyarakat.

Selain tujuannya yang sangat mulia Wanderust Indonesia juga memiliki logo yang tak kalah menarik Wanderlust sendiri dalam bahasa Inggris berarti suatu keinginan yang kuat untuk melakukan perjalanan, dimana perjalanan bukan hanya sekedar menjalankan hobi atau menghabiskan waktu luang namun juga mencari makna. Secara tersirat ada suatu pertanyaan yang selalu tertanam dalam kata Wanderlust yaitu : “What could I do while travelling?” kalimat ini yang selalu ditanamkan kepada setiap wisatawan.  Lalu penambahan Indonesia tentunya untuk menjelaskan bahwa kami berasal dari Indonesia.

Makna logo Wanderlust berupa balon udara menggambarkan suatu perjalanan yang bisa membawa kemanapun kita mau sementara warna pelangi murni kami pilih sebagai simbol keberagaman suku, budaya dan adat istiadat serta latar belakang penduduk Indonesia  dan dunia pada umumnya. Selain itu logo ini juga diambil dari sebuah konsep berpikir dari kutipan Frank Zappa “mind is like  parachute, it doesn’t work if it open” bahwa Wanderlust ingin mengubah cara pandang wisatawan dalam berwisata melalui konsep responsible travel.

Untuk kepengurusan Wanderlust sendiri yaitu terdiri dari CEO yang merangkap sebagai human resources, Public Relation dan Research Development serta Project Manager. Wanderlust membuka relawan untuk social media dan digital marketing dan relawan untuk kegiatan mengajar di daerah wisata. Rekrutmen dilakukan secara terbuka pada setiap batch progam. Pendataan volunteer juga dilakukan untuk mempermudah penyebaran informasi untuk setiap kegiatan volunteering.

Progam Wanderlust Indonesia dibagi menjadi tiga jenis yaitu; group trip, customized/private trip dan If I were local. Group trip adalah berwisata ke beberapa tempat secara berkala seperti ujung kulon, krakatau dan gunung padang yang dilakukan minimal sebulan sekali. Untuk customized/private trip adalah berwisata yang dilakukan secara impromptu dengan destinasi dan waktu yang disesuaikan dengan customer. Progam yang gak kalah serunya adalah If I were local dimana wisatawan diajak  untuk berwisata dan berkontribusi kepada warga lokal sekaligus merasakan sensasi hidup seperti layaknya penduduk lokal. Progam ini diadakan setiap bulan sekali ke tiga destinasi unggulan yaitu: Desa Bayan di Lombok Utara, Desa Cisompet di Garut dan Desa Mola di Wakatobi. Diluar itu juga ada program Weekend Series yang memberikan opsi mengisi akhir pekan di ibukota dengan trip yang edukatif dan bermanfaat yang diadakan dalam dua bulan sekali.

Progam progam seru yang diadakan Wanderlust Indonesia tentunya memiliki sejumlah kendala. Kendala terberat yang dirasakan adalah masih minimnya kesadaran masyarakat Indonesia utnuk berwisata sambil berkontribusi atau sering kita sebut dengan travel with a cause.  Kendala lainnya yaitu seputar menjalin kerjasama dengan pendududk lokal, dikarenakan karakteristik penduduk lokal yang pasti beberda sama lain sehingga diperlukan pendekatan yang berbeda di setiap daerah yang mungkin butuh waktu dan tenaga yang extra. Namun semua itu tidak menyurutkan langkah Wanderlust untuk terus emnanamkan semangat responsible travel karena perlahan tapi pasti dirasakan kemajuan yang cukup signifikan dari awal perjalanan hingga sekarang.

Wanderlust ingin terus melebarkan sayapnya dengan memperbanyak daerah wisata di timur indonesia. Selain itu harapan Wanderlust Indonesia yaitu menjadi sebuah bisnis sosial dengan konsep community based tourism dan semangat responsible travel dan ecoutourism paling unggul di Indonesia. Hal ini bukan semata-mata untuk Wanderlust Indonesia tetapi juga agar semakin meluasnya semangat responsible travel di kalangan masyarakat Indonesia, semakin berkembangnya masyarakat lokal, terpeliharanya lingkungan sekitar daerah wisata, terciptanya sustainable tourism serta semakin berkembang dan majunya pariwisata Indonesia secara menyeluruh akan tercapai, Dan Wanderlust ingin terus ambil bagian dalam usaha memajukan industri pariwisata tanah air.

Menikmati keindahan alam dan budaya Indonesia hingga anak dan cucu kita adalah dambaan bangsa Indonesia, menjadi relawan adalah salah satu cara untuk menjaganya. Jika bukan kita yang menjaganya lalu siapa lagi?

indorelawan

Post by indorelawan

Indorelawan adalah wadah daring yang menghubungkan organisasi/komunitas dengan beragam sosial dengan para relawan yang memiliki talenta dan potensi. Kami percaya bahwa kerja sama di antara kedua belah pihak akan memperkuat jejaring sosial masyarakat dan menciptakan lingkungan sosial yang lebih baik di Indonesia

Website: http://indorelawan.org