5 Organisasi Yang Berbagi Senyuman Kepada Anak-Anak Pasien Kanker

5 Organisasi Yang Berbagi Senyuman Kepada Anak-Anak Pasien Kanker

Time is shortening, but every day that i challenge this cancer and survive is a victory for me” adalah sebuah kutipan dari seorang Ingrid Bergman yang harus selalu dipegang teguh oleh anak-anak di luar sana yang mengidap kanker. Di setiap kekuatan untuk hidup para pengidap kanker, mereka akan selalu ditemani oleh orang-orang yang mencintainya dan memberikan senyuman kembali ke pada tawa mereka. Orang-orang yang berjasa mengembalikan senyuman para anak-anak tersebut, tergabung dalam beberapa komunitas dan yayasan peduli akan pengidap kanker yang tersebar di Indonesia. Berikut 5 organisasi di Indonesia yang bergerak dalam kegiatan psikososial bagi anak-anak pasien kanker.

Sahabat Anak Kanker

Image result for sahabat anak kanker png

Logo Sahabat Anak Kanker

Sahabat Anak Kanker (SAK) adalah sebuah komunitas nirlaba yang didirikan pada Agustus 2015 di Kota Malang, yang memberikan pendidikan dan pendampingan kepada anak-anak pengidap kanker beserta pembekalan informasi bagi keluarga dari pasien kanker. SAK sampai saat ini sudah mempunyai program berjalan yaitu Terapi Bermain & SAK Day, Donor Darah Sukarela, Ruang Bermain SAK, dan Mobil Jagoan. 

https://sahabatanakkanker.files.wordpress.com/2016/01/12313784_1056912514349878_4368752672435574849_n.jpg?w=660

Kegiatan Bermain di SAK

Bagi teman-teman yang berdomisili di daerah Malang dan sekitarnya, penasaran dan berkeinginan untuk berkontribusi dengan SAK, kalian dapat mengenal lebih dekat dengan mengunjungi profil SAK di sini.

Komunitas Taufan

Image result for komunitas taufan png

Logo Komunitas Taufan

Komunitas Taufan dibentuk pada tahun 2013 yang berawal dari pengalaman seorang Ibu bernama Yeni Dewi Mulyianingsih (Mama Taufan) dalam menghadapi Kanker. Berawal saat sang buah hati yang bernama Taufan, divonis menderita kanker darah atau yang lebih dikenal dengan istilah leukemia. Dengan setia, selama dua tahun ibu Yeni menemani Taufan melawan leukemia tipe AML hingga akhir hayat Taufan. Namun ia sadar hidup harus berlanjut, dan akhirnya ibu Yeni meneruskan semangatnya dengan membuat komunitas Taufan.

Komunitas Taufan memberikan pendampingan bagi keluarga dari anak-anak pasien kanker dan penyakit kronis lainnya agar mendapatkan dukungan moral, material, dan finansial. Komunitas Taufan banyak membuat program dengan berkolaborasi dengan berbagai komunitas lain. Program Inti Komunitas Taufan seperti Support Visit, Home Visit, Bangsal Visit, ada juga Program Tahunan seperti Charity Art Festival, Gerakan 1000 Diapers, Resolusi Sehat, dan program-program ad-hoc lainnya. 

https://www.komunitastaufan.org/wp-content/uploads/2015/01/Relawan_Donatur_Yayasan_Komunitas_Taufan_Mendampingi_Pasien_Kanker_Tumor_Penyakit_Beresiko_Tinggi_dan_Keluarga_dgn_Semangat_Donasi_Sumbangan_Kebutuhan_Dasar_56-1024x768.jpg

Kegiatan Home Visit Komunitas Taufan

Bagi teman-teman yang bertekad menjadi relawan, berkeinginan untuk terlibat dalam setiap kegiatan visit dan charity anak-anak pasien kanker dengan Komunitas Taufan, kalian dapat mengenal lebih dekat dengan mengunjungi profil Komunitas Taufan di sini.

Yayasan Anyo Indonesia

Related image

Logo Yayasan Anyo Indonesia

Yayasan Anyo Indonesia (YAI) adalah yayasan sosial nirlaba, lintas suku dan agama yang didirikan di Jakarta tahun 2012. Anyo merupakan nama panggilan Andrew Manullang, anak dari pendiri YAI yaitu bapak Sabar Manullang. Anyo adalah penderita kanker leukemia yang berjuang melawan dan meninggal di usia 19 tahun. Sang Ayah, Sabar Manullang bervisi ingin meneruskan semangat dari Anyo untuk menolong anak-anak Indonesia yang berjuang melawan kanker. 

YAI mem-fasilitasi Rumah Anyo, rumah sementara untuk membantu anak-anak Indonesia di seluruh pelosok negeri ini dengan gratis bagi keluarga pra-sejahtera. Program YAI saat ini adalah Edukasi Kanker pada anak kepada masyarakat luas dan juga tenaga medis  Puskesmas di seluruh Indonesia. Ada juga Konfigurasi Pita Emas, Anyo Run, Fun Dates dengan ANYO, dan banyak lagi program-program kolaborasi YAI dengan organisasi lainnya. 

http://file.yai-indonesia.org/famili_care_2-75b0d-2109_2773.jpg

Kegiatan Belajar Bersama YAI bersama Family Care

Bagi teman-teman yang memiliki kesukaan di bidang edukasi kanker, dapat terlibat dan kontribusi nyata bagi anak-anak pasien kanker bersama YAI, kalian dapat mengenal lebih dekat dengan mengunjungi profil YAI di sini.

Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia

Image result for yayasan pita kuning anak indonesia png

Logo Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia

Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia adalah yayasan filantropi bagi anak dengan kanker atas inisiasi Community for Children with Cancer di tahun 2017. Pita Kuning mengambil bagian dalam Perawatan Paliatif demi meningkatkan kualitas anak-anak pasien kanker, terutama mereka yang berasal dari keluarga pra-sejahtera. Pita Kuning memiliki 6 program yang konsisten mereka lakukan, yakni Program Anak Pita Kuning, Ulang Tahun Anak Pita Kuning, Piknik Edukatif Anak Pita Kuning, Teenager Day Out, Sharing Session Orang Tua Anak Pita Kuning, dan Program Hari Raya.

http://pitakuning.or.id/wp-content/uploads/2018/07/ORG_DSC06268-1024x682.jpg

Acara Teenager Day Out Pita Kuning bersama Guardian Indonesia

Bagi teman-teman yang berkeingin memulai hal baik, Pita Kuning bisa menjadi wadah untuk dapat menjadi dampak positif dari aksi relawan, kalian dapat mengenal lebih dekat dengan mengunjungi profil Pita Kuning di sini.

Yayasan Sentuhan Kasih Anak Indonesia

Image result for yayasan sentuhan kasih png

Logo Yayasan Sentuhan Kasih Anak Indonesia

Berawal dengan nama Sentuhan Kasih, merupakan organisasi nirlaba independen dengan kepedulian terhadap segala jenis penyakit yang didirikan tahun 2004, sejak 2010 berganti nama menjadi Yayasan Sentuhan Kasih Anak Indonesia (YSKAI) yang fokus terhadap pengobatan anak-anak dengan kanker di Indonesia. YSKAI mempunyai banyak aktivitas yang melakukan kunjungan-kunjungan ke tempat dimana anak-anak pasien kanker berada dan menyalurkan donasi bagi mereka. 

1

Kunjungan YSKAI ke RS Fatmawati

Bagi teman-teman yang ingin berkontribusi langsung dengan memberikan donasi atau ikut berpartisipasi dalam setiap kegiatan YSKAI, kalian dapat mengenal lebih dekat dengan mengunjungi profil YSKAI di sini.

Apakah teman-teman tertarik untuk bergabung dengan salah satu organisasi di atas? Ayo, kalau mau tahu info ketika organisasi tersebut membuka lowongan relawan, bisa kunjungi link profilnya dan klik Dukung, agar teman-teman mendapatkan informasi langsung via e-mail kalian masing-masing. Mari bulatkan tekad kita untuk merubah niat baik menjadi aksi baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *