Biar Puasa Gak Cuma Nahan Lapar, Ini 5 Alasan Untuk Kamu Ikut #BerbagiBaju!
June 17, 2016
0

Lemari kamu penuh tapi baju yang kamu pakai itu-itu aja? Kepikiran untuk di sumbangin tapi gak tahu kemana? Nah, Indorelawan punya #beritabaik di bulan ramadhan kali ini! Bersama teman-teman dari The Street Store Indonesia (organisasi Bekas Beramal/Outlet Dhuafa) kami berkolaborasi untuk mengumpulkan baju, tas, dan sepatu layak pakai bagi yang membutuhkan. Kenapa sih kita harus berdonasi di sini, ini dia alasan-alasannya :

1. Semua pakaian akan dicuci dan disetrika layaknya pakaian baru

 

Tenang aja, teman-teman The Street Store Indonesia (TSSI) yang akan cuci dan pisahkan baju-baju sumbangan kamu! Untuk kamu yang di Jakarta, selama bulan puasa ini bisa menyumbangkan ke kantor Indorelawan di https://goo.gl/maps/x8KPMj4S9cA2. Tim TSSI sendiri memiliki Outlet Dhuafa di Pamulang, dimana donasi baju dikumpulkan, dicuci, dan dirapikan disini. Bahkan para penerima manfaat bisa datang langsung untuk memilih di Outlet Dhuafa ini.

2. Pop up Store di CFD Jakarta

Dengan target para penerima manfaat seperti kaum dhuafa/anak jalanan, mereka akan merasakan pengalaman layaknya berbelanja di toko dan bisa memilih pakaian/sepatu/tas yang mereka suka, pastinya juga akan dibantu oleh pramuniaga lho untuk membantu memilihkan pakaian, seru banget! Khusus di bulan Ramadhan, ada pembagian sembako di beberapa titik di Jakarta. Cek instagram @TheStreetStoreIndonesia untuk info kegiatan terbaru.

3. Kegiatan ini gak cuma di Jakarta dan bisa dilakukan oleh siapa pun

Selama ramadhan, kami juga membuka kesempatan untuk kamu yang ingin mengumpulkan pakaian bekas layak pakai di sekolah/kampus/ kantor dengan menjadi Dropbox Ramadhan Ambassador. Kamu bisa mengumpulkan donasi dari teman-teman kamu dan khusus kamu yang di Jabodetabek tim TSSI yang akan mengambil donasi yang terkumpul! Di luar daerah, seperti Bandung, Semarang, Surabaya, Makassar, Bali, Klaten, Solo dan Jogja kamu bisa langsung memberikan donasi pakaian yang terkumpul ke tim TSSI di kota tersebut.

4. Street Store skala besar akan diadakan di Bali dan Jogja!

Selepas bulan Ramadhan, pakaian yang terkumpul juga akan didistribusikan skala besar yang akan diadakan di Bali dan Jogja lho! Rencananya, acara disana akan memberikan donasi pakaian untuk 5000 penerima manfaat. Tidak hanya pembagian pakaian, nantinya juga akan ada pemeriksaan gigi, bekam therapy, potong rambut, massage dan hiburan dari musisi jalanan.. Mau bergabung? Ini dia info relawan yang dibutuhkan http://bit.ly/bekasberamaltssi .

Gerakan The Street Store pertama kali diadakan di Cape Town, Afrika Selatan sebagai upaya generasi muda kota itu mengentaskan dampak ketimpangan sosial, yaitu krisis sandang warga kurang mampu di tengah kemajuan ekonomi perkotaan. Warga miskin di kota itu kesulitan membeli pakaian ganti dan jarang sekali merasakan pengalaman berbelanja yang manusiawi. Mereka mengemis atau bahkan mencari pakaian bekas yang dibuang warga mampu untuk memperoleh baju ganti. Oleh karena itu, Penggagas The Street Store, Kayli Vee Levitan bersama rekan-rekannya membuka Street Store pertama, Januari 2014. Kayli menggelar “pasar pakaian gratis” di trotoar tepi Jalan Somerset, Cape Town.

Hasilnya, lebih dari 1.000 warga miskin Cape Town merasakan manfaatnya pada saat itu. Mereka langsung mengenakan pakaian baru mereka dengan gembira. Bahkan sebagian besar pun menyatakan saat itu merupakan pertama kalinya mereka bisa memilih baju layak pakai sendiri dan mengenakannya secara manusiawi. Tidak hanya itu, mereka pun mendapat pelayanan layaknya sedang berbelanja di sebuah factory outlet. Hingga 2016, gerakan yang memanusiakan warga miskin ini sudah dilaksanakan di Amerika Serikat, Kanada, Brazil, Argentina, Belgia, Norwegia, Meksiko, Costa Rica, Honduras, Ghana, juga Kolombia. Di Asia, kegiatan ini sudah dilaksanakan di India bahkan di Malaysia. Kebayang kan gimana kerennya kegiatan ini, kamu bisa juga simak videonya disini. Tunggu apa lagi, yuk manfaatkan puasa kamu untuk melakukan #Aksibaik #BerbagiBaju di #Bulanbaik!