Ide Kerelawanan Di Bulan Seribu Kebaikan
May 14, 2019
0

Tidak terasa saat ini kita bertemu lagi dengan bulan Ramahan, sebuah periode waktu yang sudah ditunggu-tunggu oleh umat muslim sedunia tak terkecuali juga oleh para relawan diseluruh Indonesia yang menjalankan ibadah puasa. Bulan Ramahan adalah saat yang paling tepat untuk melakukan proses pengembangan diri dengan melakukan berbagai kegiatan positif. Ada banyak kegiatan positif yang bisa kalian lakukan mulai dari hal yang religius, pendidikan, dan juga kesehatan. Indorelawan memberikan beberapa Ide Kerelawanan di bulan seribu kebaikan yang dapat kalian lakukan sebagai berikut.

.

Menyiapkan Makanan Berbuka Di Rumah Ibadah

.

Buka Bersama di Masjid Istiqlal

(sumber foto: suara.com)

.

Ketika bulan Ramadan, sering sekali diadakan buka puasa bersama di beberapa Masjid. Momen tersebut dapat dijadikan sebuah wadah untuk berkontribusi bagi sekitar, salah satunya membantu pengurus Masjid dalam menyiapkan hidangan berbuka sebelum acara dimulai. Mulai dari mengambil dan mengantar bahan baku makanan, proses memasak makanan, dan merapikan sajian agar tertata dengan rapih. Bagi yang ingin membantu sebagai donatur dana atau berbagi makanan yang ada dirumah dapat juga dilakukan berbarengan untuk kegiatan ini.

.

Berbagi Takjil Ketika Macet

.

Bagi-bagi takjil saat macet di Sukabumi

(sumber foto: poskotanews.com)

.

Tidak hanya Jakarta, ada beberapa kota-kota besar di Indonesia yang mengalami masalah kemacetan, khususnya pada jalan-jalan sentral yang ada di kawasan perkantoran. Hal tersebut dapat dimanfaatkan di bulan Ramadan ini untuk kegiatan bagi-bagi Takjil. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang ingin berbuka puasa namun tidak dapat melakukannya karena terjebak kemacetan di jalan. Namun ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam melakukan kegiatan ini, yakni seperti posisi kita saat membagikan takjil jangan sampai menjadi penyebab kemacetan, jadi harus membagikan takjil tetap dalam keadaan yang rapih dan menaati peraturan. Jika perlu dalam melakukan kegiatan bagi-bagi takjil di jalan, diharapkan sudah melapor dan berkoordinasi dengan pihak kepolisian agar tidak menimbulkan huru-hara.

.

Berbagi Makanan Sahur

.

Komunitas yang berbagi makan sahur kepada tukang becak

(sumber foto: komunita.id)

.

Sahur on the Road adalah kegiatan yang sudah tidak asing lagi bagi kita, karena sering dilakukan setiap tahunnya oleh siapa saja. Kegiatan Sahur on the Road juga dapat dilakukan dengan isi kegiatan seperti berbagi makanan sahur, bisa berbagi kepada Yayasan Sosial atau dapat juga berbagi langsung di jalan kepada masyarakat kurang mampu yang hidup di jalanan. Disamping kegiatan positif yang bisa dilakukan pada Sahur on the Road, ada banyak juga beberapa oknum yang melakukan kegiatan tersebut justru menganggu ketentraman warga. Jadi sebaiknya kegiatan positif ini juga harus berkoordinasi dengan pihak berwajib agar tetap berjalan aman dan damai.

.

Mendongeng Cerita Nabi

.

Kegiatan Ngadusi di Surabaya

(sumber foto: jpnn.com)

.

Biasanya masyarakat muda menghabiskan waktu ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa dengan melakukan aktivitas diluar beramai-ramai. Namun ada sebuah kegiatan ngabuburit yang unik yang dapat dilakukan seperti mendongeng. Dongeng adalah salah satu bentuk hiburan yang mudah dinikmati oleh anak-anak. Ada banyak sekitar kita yayasan-yayasan anak yang dapat kita jadikan tempat untuk melakukan aksi sosial yang positif seperti mendongeng. Dongeng yang disampaikan adalah dongeng cerita nabi yang akan memberikan hiburan dan ilmu pengetahuan bagi anak-anak di bulan Ramadan. Selain menjadikan anak-anak semakin ceria, mereka pun menjadi semakin dekat dengan nilai-nilai kehidupan nabi. Di Tahun 2017, mahasiswa StikoAWS di Surabaya melakukan kegiatan tersebut dalam acara Ngabuburit Edukatif dan Asyik (Ngadusi) yang berjalan dengan sukses selama bulan Ramadan. Ide Ngadusi tersebut dapat memotivasi kita untuk dapat melakukan kegiatan positif ini di sekitar kita.

.

Taman Baca Keliling

.

Tim Gowes Literasi ngabuburit membaca buku

(sumber foto: antaranews.com)

.

Membaca adalah sebuah kegiatan yang menyenangkan dan bisa menghabiskan waktu tanpa terasa. Hal tersebut dapat dijadikan kegiatan yang meninspirasi sekitar, dengan mengumpulkan berbagai buku, baik itu buku edukasi atau non-edukasi selama isi buku tersebut positif akan sangat baik sekali untuk dijadikan sebuah taman baca yang berkeliling selama bulan Ramadan ini. Komunitas perpustakaan bergerak berbasis sepeda, Gowes Literasi sudah melakukan kegiatan tersebut. Mereka mengajak anak-anak di Jakarta untuk semakin dekat dengan budaya literasi dengan memanfaatkan momen ngabuburit di bulan puasa. Gerakan tersebut pada 2017 melakukan perjalanan panjang menelusuri Jakarta, Bekasi, Karawang, Subang, Indramayu, Cirebon, hingga Kuningan untuk mendekatkan buku kepada anak-anak. Kegiatan Taman Baca ini termasuk masih jarang di Indonesia, untuk itu akan sangat menarik jika kita bisa memulainya dan akan berdampak positif bagi masyarakat.

.

Sangat menyenangkan bukan aktivitas-aktivitas diatas?. Ayo teman-teman mumpung bulan ini adalah bulan seribu kebaikan, mari kita jadikan aksi nyata kita bagi sekitar kita. Semangat!

.

Sumber:
suara.com

poskotanews.com

komunita.id

jpnn.com

antaranews.com

sharinghappines.org