Ada fitur baru dari Instagram loh! Komunitasmu Sudah Coba?

Ada fitur baru dari Instagram loh! Komunitasmu Sudah Coba?

Ada tidak dari kalian yang gak punya Instagram? Kalau untuk pribadi sih sah-sah saja, tapi kalau untuk komunitas sosial? Wajib banget hukumnya! Kenapa sih?

Dengan jumlah pengguna yang mencapai lebih dari 69,2 juta di Indonesia, maka tidak heran kalau platform yang merupakan saudara dari Facebook ini digemari banyak pengguna media sosial, termasuk teman-teman komunitas. Tujuannya jelas, sebagai media komunikasi komunitas kepada pengikut yang bisa berpotensi menjadi calon relawan/ donatur dan stakeholder lainnya.

Selain itu, Instagram juga punya banyak sekali fitur-fitur keren yang mampu mendukung kegiatan komunikasi dari komunitas kalian. Contohnya seperti Story, Messenger, IGTV, Video Chat, hingga Live! Tapi dari itu semua kalian sudah tahu belum ada fitur terbaru dari Instagram?

Guide! Fitur terbaru dari Instagram yang baru diluncurkan pada bulan Desember 2020 di Indonesia. Lewat fitur ini, teman-teman komunitas dapat mengkurasi dan membuat konten layaknya bercerita di blog. Bedanya, kalian bercerita dengan memberikan deskripsi dari konten yang telah diunggah sebelumnya pada feed. 

Fitur ini bisa kalian maksimalkan sebagai highlight ataupun rangkuman dari kegiatan yang sudah kalian lakukan. Seperti seri komik #LebihPeka  hasil kolaborasi Indorelawan dan Indika Foundation, ataupun postingan terkait dengan Q&A #TanyaIndorelawan.

Gak cuma itu, lewat fitur ini teman-teman komunitas juga dapat mengelompokkan beberapa konten lainnya terkait dengan sejarah komunitas kalian. Dengan begitu, para followers baru dapat dengan mudah tahu tentang sejarah komunitas kalian dibentuk. Selain itu, Guide yang sudah kalian buat juga bisa di posting melalui fitur Story! Asik kan?

Nah bagaimana? Sudah kepikiran mau mengelompokkan konten apa lagi untuk akun Instagram komunitas kalian? Kalau belum tim Indorelawan kasih contoh sebagai  referensi bagi kalian:

  • Sejarah terbentuknya komunitas.
  • program yang sedang atau sudah selesai dijalankan.
  • Tanya jawab.
  • Cerita relawan.
  • Perkenalan anggota komunitas.
  • Postingan edukasi terkait komunitas kalian.
  • Dampak yang sudah komunitas kalian lakukan.

Selamat mencoba ya! Jangan lupa bagikan artikel ini ke tim media sosial komunitasmu dan mention kami di Instagram!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *