Kepedulian di Tengah Kenaikan Harga BBM

Kepedulian di Tengah Kenaikan Harga BBM

PT Pertamina (Persero) resmi menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi yaitu Pertalite dan Solar pada 3 September 2022. Selain itu, harga Pertamax yang sudah mahal juga sama-sama naik. Pemerintah yang menaikan harga tersebut masih memiliki alasan menaikkan harga BBM karena dipicu oleh semakin besarnya beban subsidi dan ketidaktepatan sasaran pemberian subsidi BBM yang perlu ditinjau kembali.

Akan tetapi, anak kost yang tidak membawa motor  juga kaget dengan berita tersebut karena salah satu dampak dari kenaikan BBM sudah pasti kena pada ongkos angkot, bus, hingga ojek online yang naik kurang lebih 15%. Belum lagi dampaknya pada kenaikan harga bahan pangan pokok, yang mana sebelum kita menghadapi kenaikan BBM ini kita sudah dipusingkan dengan Ibu-ibu yang protes karena harga minyak goreng naik drastis.

Selain aksi demo, ternyata ada juga aksi yang membantu penerima dampak perekonomian dari kenaikan BBM yang berimbas pada kenaikan harga bahan pangan pokok. Yayasan Artha Graha Peduli (AGP) adalah salah satu yang mengambil aksi kepedulian dalam situasi ini.

Heka Hertanto sebagai ketua umum membagikan sembako dan uang tunai kepada sekitar 30 ribu karyawannya di unit grup usaha Artha Graha Group serta Artha Graha Network. Selain itu, tersedia program 50.000 paket sembako gratis untuk masyarakat membutuhkan seperti para disabilitas, warga kurang mampu, dhuafa, lansia, yatim piatu yang bermukim di radius 5 km dari unit usaha AG Grup. Kegiatan sosial ini konsisten dilakukan sejak tahun 2014 hingga sekarang.

Pemaparan di atas bukan berarti kamu harus jadi donatur kok, karena ada banyak cara untuk mewujudkan bentuk kepedulian untuk sekitar. Salah satunya, kamu bisa menjadi relawan dalam suatu organisasi sosial sebagai penyalur bantuan ke penerima manfaat.

Seperti aktivitas Lewat Relawan Berbakti untuk Negeri di bawah Yayasan Tauhid Umah Indonesia. Kamu bisa membantu menyebarkan program berbagi GPMP yakni berbagi beras, nasi box, dan air mineral kepada para dhuafa/lansia, yatim-piatu dan warga yang benar-benar membutuhkan di Indonesia. Pendaftaran menjadi relawannya pun masih dibuka sampai 2 Agustus 2023 dan bisa diakses melalui Indorelawan.org

Sebenarnya tidak perlu karena kenaikan BBM saja kita jadi peduli pada di sekeliling kita. Kita seharusnya sudah peduli pada apa yang terlihat jelas lebih membutuhkan daripada kita. Untuk itu kita harus #JadiPeduli agar kepedulian yang kita tebar, bisa kita tuai suatu saat nanti. Ubah Niat Baik Jadi Aksi Baik Hari Ini.

Referensi

https://nasional.kontan.co.id/news/5-dampak-dari-kenaikan-harga-bbm-yang-bakal-dirasakan-langsung-masyarakat
https://nasional.kontan.co.id/news/respons-kenaikan-harga-bbm-artha-graha-peduli-bagikan-bantuan-tunai-dan-sembako
https://news.detik.com/kolom/d-6273133/meninjau-kembali-alasan-kenaikan-harga-bbm

Penulis: Pebi Shoffal
Penyunting: Renita Yulistiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *