5 Cara Praktis Self Healing di Rumah

5 Cara Praktis Self Healing di Rumah

Akhir-akhir ini kamu pasti sering mendengar istilah “healing”, apa sih healing itu? Menurut psikolog klinis, Veronica Adesla yang dikutip dari Kompas.com, mengatakan bahwa healing adalah termin untuk penyembuhan atau pemulihan secara general. Healing bisa dilakukan sendiri atau oleh tiap individu maupun dibantu oleh profesional. Vero juga menambahkan bahwa self healing dengan healing memiliki arti yang berbeda dalam ilmu psikologi. Self healing adalah tindakan/upaya yang dilakukan oleh individu tersebut untuk menyembuhkan atau memulihkan dirinya sendiri.

Berlibur menjadi salah satu cara untuk self healing yang populer akhir-akhir ini. Menurut Vero, hal ersebut sah-sah saja, selama aktivitas liburan yang dilakukan tersebut memang bisa untuk memulihkan kelelahan fisik maupun mental yang mungkin sedang dialami orang tersebut.

“Bisa saja liburan menjadi self healing kalau misalkan aktivitas yang dilakukannya selama liburan tersebut memang membantu yang bersangkutan untuk memulihkan dirinya dari kelelahan fisik maupun mental yang mungkin sedang dialami,” tutur Veronica Adesla dikutip dari Kompas.com.

Bukan hanya dengan liburan yang memerlukan biaya mahal, pemulihan diri sendiri dari kelelahan fisik maupun mental juga bisa dilakukan dengan cara yang sederhana dan juga bisa dipraktikkan langsung di rumah. Melansir dari berkeleywellbeing, berikut beberapa cara praktis nan sederhana yang bisa kamu coba saat self-healing di rumah.

1. Buat Sugesti Positif untuk Sayangi Diri Sendiri

“… Don’t be so hard on yourself, no
Learn to forgive, learn to let go
Everyone trips, everyone falls
So don’t be so hard on yourself, no …”

Lirik lagu dari Jess Glynne yang berjudul Don’t Be So Hard on Yourself ini mungkin bisa menjadi pengingat bahwa kamu berharga dan kamu perlu menyayangi diri kamu sendiri. Mulailah untuk berdamai dengan kesalahan atau kekurangan yang ada pada diri kita sendiri atau hal apapun yang membuat diri ini merasa sedih dan kecil. Kita bisa mulai dengan menulis surat untuk diri kita sendiri—surat di mana kita mengatakan hal-hal baik kepada diri kita sendiri dan menulis tentang bagaimana kita akan mendukung diri kita sendiri untuk maju.

2. Tidur Lebih Lama dan Berkualitas

Tidur memiliki peran sangat penting untuk self healing karena manusia melakukan banyak pemulihan (healing) saat tidur. Kurang tidur dapat melemahkan sistem kekebalan sehingga tubuh lebih sulit untuk menyembuhkan dirinya sendiri (Ibarra-Coronado et al., 2015.)

Selain itu, kurang tidur juga dapat berkontribusi pada meningkatnya hormon stres, seperti norepinefrin dan epinefrin (Zhang et al. al., 2011). Kebiasan buruk seperti bergadang dan memaksakan diri agar terjaga saat tubuh sudah lelah hanya akan memperburuk kondisi tubuh kita lebih jauh.

3. Latih Pernafasan

Melatih pernafasan secara rutin dapat membantu pikiran kita agar lebih tenang dan membantu tubuh untuk pulih dari kelelahan. Kamu bisa memulai dengan mencoba teknik pernapasan SKY—teknik ini melibatkan siklus pernapasan lambat (2-4 napas per menit) lalu cepat (30 napas per menit), lalu tiga “Om” panjang, atau napas panjang yang bergetar. Teknik tersebut telah terbukti menurunkan kecemasan (Zope & Zope, 2013).

Teknik pernapasan populer lainnya adalah “box breathing”. Teknik ini dimulai dengan menarik nafas selama empat hitungan, kemudian menahannya selama empat hitungan, lalu dihembuskan selama empat hitungan, dan ditahan selama empat hitungan.

4. Lakukan Lebih Banyak Aktivitas Positif

Mendengarkan musik yang menenangkan dan mengurangi makanan yang tidak sehat, seperti makanan berminyak, gula, dan kafein dapat membantu kamu lebih relaks dan nyaman. Selain itu, cobalah untuk menanam tanaman favorit kamu. Penelitian menunjukkan bahwa berkebun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita dan bahkan dapat membantu kita mengurangi depresi.

5. Minum Teh Herbal

Secara medis, beberapa tanaman herbal dan teh memang dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh. Misalnya adalah chamomile dan peppermint. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan chamomile dalam jangka panjang dapat mengurangi gejala kecemasan (Mao et al., 2016). Peppermint sendiri memiliki aroma khas yang dapat membantu mengurangi depresi dan kecemasan (Vaezi, 2017). Saat ini, tanaman herbal seperti chamomile dan peppermint dapat dengan mudah kamu temukan. Kamu bisa menemukan teh chamomile dan teh peppermint dengan berbagai merek di pasaran.

Itu adalah beberapa cara sederhana yang mungkin bisa kamu lakukan untuk memulihkan diri sendiri. Apapun emosi negatif yang mungkin sudah atau sedang kamu alami pasti bisa kamu atasi, terimalah emosi negatif itu dan jangan lupa untuk menyembuhkannya. Jangan terjebak di dalam emosi negatifmu, karena langit cerah akan selalu muncul kembali.

Stress, irritation, and anger can temporarily cloud the sky,
but they can never pollute it.
Negative emotions come and go like clouds,
but the wide-open sky remains.

-Haemin Sunim-

Selain hal di atas, kerelawanan juga bisa membantu kamu untuk self-healing. Di Indorelawan.org terdapat banyak rekomendasi aktivitas kerelawanan. Mulai dari online, offline, tugas individu, dan kelompok. Jadi, buat kamu yang sedang butuh sendiri–tetap bisa mengikuti kerelawanan meskipun dari rumah saja. Seperti relawan campaigner. Ubah Niat Baik Jadi Aksi Baik Hari Ini.

Referensi:
https://www.kompas.com/tren/read/2022/02/06/160000965/ramai-tren-healing-apa-itu-ini-penjelasan-psikolog?page=all
https://www.berkeleywellbeing.com/self-healing.html
Haemin Sunim. The Things You Can See Only When You Slow Down.

Sumber Gambar:
Freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *