5 Tips Maksimalkan Pengalaman Relawan Kamu

5 Tips Maksimalkan Pengalaman Relawan Kamu

Banyak benefit yang bisa kamu terima dari menjadi relawan. Dari mendapatkan pengalaman dunia nyata yang berharga, mengembangkan skill atau keterampilan baru, memperluas relasi di dunia profesional kamu, hingga menjelajahi kesibukan baru.

Sebuah studi menemukan bahwa berpartisipasi dalam pengabdian masyarakat atau menjadi relawan dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa dan meningkatkan kemampuan kerja tim mereka.

Tapi, gimana ya cara memaksimalkan pengalaman kerelawanan yang sudah diikuti? Berikut adalah beberapa tips yang diberikan Indorelawan untuk membantu kamu!

1. Bersikaplah fleksibel dan terbuka terhadap ide-ide baru

Cara terbaik untuk mendapatkan hasil maksimal dari pengalaman menjadi relawan adalah dengan terbuka terhadap apa yang orang lain ajarkan kepada kita, terutama jika kamu berada di lingkungan yang tidak kamu kenali sebelumnya. Rencana dapat berubah secara tiba-tiba tidak terduga, struktur organisasi, aktivitas dilakukan secara berbeda dengan bagaimana kamu melakukannya biasanya, sehingga kamu mau tidak mau harus dapat beradaptasi dengan perubahan keadaan tanpa merasa panik serta harus juga bersedia untuk melangkah keluar dari zona nyaman kamu.

2. Identifikasi tujuan kamu mengikuti kegiatan kerelawanan

Ada baiknya kamu juga mengidentifikasi apa alasan kamu terjun ke dunia kerelawanan dan kemudian memilih organisasi atau program kerelawanan yang sesuai dengan minat dan tujuan awal kamu. Identifikasi ini juga akan memungkinkan kamu lebih mudah untuk mengejar tujuan jangka panjang yang telah kamu tetapkan untuk diri kamu sendiri.

Apakah ada pengalaman yang dibutuhkan untuk mendapat karier atau pekerjaan yang kamu inginkan? Apakah ada keterampilan khusus yang ingin kamu kembangkan atau perkuat? Apakah kamu ingin memperluas relasi profesional kamu? Setelah kamu tahu persis apa yang ingin kamu peroleh dari pengalaman kerelawanan yang akan kamu jalani, akan lebih mudah untuk memilih program yang sesuai dengan kamu dan dapat membantu kamu mencapai karier yang kamu dambakan.

3. Jujurlah tentang keterampilan dan pengalaman yang kamu miliki

Meskipun kemungkinan akan ada keterampilan khusus yang kamu kembangkan selama menjadi relawan, jangan melebihkan kemampuan yang kamu miliki hanya untuk mendapat jalan masuk yang lebih mudah ke program atau organisasi yang kamu inginkan. Ada baiknya kamu mengenali kemampuan yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar di organisasi. Sehingga, ketika kamu bertugas bisa menjalankannya dengan maksimal.

4. Melacak dan mencatat setiap hal yang kamu pelajari

Melacak dan mencatat setiap aktivitas semua yang telah kamu pelajari selama menjadi relawan adalah cara yang baik untuk mengingat pengalaman-pengalaman yang kamu miliki. Tidak hanya akan membantu kamu menambahkan keterampilan dan pengalaman yang baru kamu peroleh untuk portofolio, tetapi kamu juga akan dapat menjelaskan dan menyebutkan setiap keterampilan yang kamu miliki dengan lebih lancar untuk kebutuhan seleksi pekerjaan.

5. Terus belajar

Jadikanlah pengalaman kerelawanan kamu sebagai kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru dan untuk sarana memperkuat keahlian yang kamu miliki saat ini. Pahami betul peran dan tugas selama kamu menjadi relawan. Dengan terus belajar, kamu pasti akan lebih bijaksana dalam memahami sebuah isu dan tanggung jawab. Sehingga, hard-skill dan soft-skill kamu dapat berkembang dengan maksimal.

Belum pernah menjadi relawan? Kamu bisa memulainya dengan mengunjungi Indorelawan.org. Pada website ini, terdapat ratusan aktivitas kerelawanan dari berbagai organisasi yang membutuhkan kamu untuk menjadi bagian dari mereka.

Kamu juga bisa mencari tahu mengenai program kerelawanan melalui Instagram @ indorelawan. Ubah Niat Baik Jadi Aksi Baik Hari Ini.

Penulis: Angelina Hadinata
Penyunting: Renita Yulistiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *