Jadi Relawan Biar Diri Kamu Berkembang

Jadi Relawan Biar Diri Kamu Berkembang

Berbicara tentang tren dan inovasi dalam negeri sangat tidak jauh dari sosok anak muda. Di era yang serba cepat sat set was wes ini, anak muda perlu mengembangkan dan membangun value  diri. Yuk, mari kita cari tahu bersama bagaimana cara untuk mengembangkan diri.

Pengembangan Diri dan Manfaatnya

Pengembangan diri atau personal development adalah usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas diri mereka, baik di bidang kemampuan pribadi maupun profesional. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan, dan pengetahuan individu agar dapat mencapai tujuan hidup yang lebih baik, serta banyak manfaat yang didapat dari aktivitas mengembangan diri:

  • Dapat Mengenal Diri Lebih dalam, apa mau kita dan yang apa yang terbaik untuk diri sendiri
  • Mengetahui aktivitas yang dapat membuat kita senang dan rileks
  • Mempunyai kemampuan menilai kelebihan dan kekurangan diri sendiri
  • Mengetahui cara memperbaiki diri dengan hal yang positif
  • Lebih percaya diri setiap melakukan sesuatu dan mengambil keputusan
  • Bisa memotivasi diri sendiri saat mengalami kejenuhan
  • Membuat diri sendiri menguasai keterampilan yang bisa menunjang perbaikan hidup
  • Memperbaiki sikap dan kepribadian saat berhubungan dengan orang lain.

Potensi Anak Muda Indonesia

Berdasarkan prediksi yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia diperkirakan akan mengalami bonus demografi pada kurun 2030-2040. Pada kurun waktu tersebut kondisi masyarakat Indonesia diprediksi sekitar 65% penduduk Indonesia akan didominasi oleh usia produktif (usia 15-64 tahun) dibandingkan usia non produktif.

Dari fenomena bonus demografi tersebut, satu-satunya hal yang harus dihadapi anak muda adalah meningkatkan kemampuannya masing-masing, hal ini menjadi wajib dikarenakan jumlah pesaing yang jelas akan lebih banyak dari pada tahun-tahun normal sebelumnya. Dengan cara meningkatan potensi diri baik meningkatkan hard skill maupun soft skill.

Gambar

5 Aspek Pengembangan Diri Anak Muda

Ada 5 aspek pengembangan diri yang bisa dilakukan anak muda, seperti :

1. Mental

Pengembangan diri mental berkaitan dengan perkembangan pikiran. Kamu bisa meluangkan waktu melakukan aktivitas pengembangan pikiran seperti menjadi relawan mengajar, mengikuti kelas belajar, membaca buku, menjadi relawan pendongeng, atau menonton tayangan video yang bisa meningkatkan keahlian kamu.

2. Sosial

Pengembangan diri pada ranah sosial adalah tentang mengembangkan kemampuan dalam berkomunikasi. Mempelajari bahasa baru, belajar keahlian public speaking, dan berkomitmen untuk melakukan aktivitas mendengarkan secara aktif seperti menjadi relawan project dan relawan pendidik.

3. Spiritual

Pengembangan kecakapan spiritual sangat berbeda pada setiap orang. Cara terbaik melakukan pengembangan spiritual dengan memberi ruang diri untuk merasakan kedamaian dan membantu diri lebih mengerti keadaan diri kita sendiri. Jenis aktivitas ini misalnya melakukan meditasi, berdoa atau membaca kitab suci, evaluasi diri atau bahkan berjalan santai di alam.

4. Emosional

Banyak dari kita yang mengabaikan sisi emosional saat menghadapi sebuah tantangan. Mengabaikan emosi bukan merupakan perilaku yang sehat. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan dalam pengembangan diri emosi adalah dengan menelusuri suasana hati, bicara dan sharing pada teman, menjadi relawan konselor atau magang menjadi pendamping psikolog. 

5. Fisik

Pengembangan diri di aspek fisik itu lebih dari sekadar olahraga. Pola makan dan tidur termasuk dalam aspek fisik ini. Contoh aktivitas pengembangan fisik adalah mengatur pola makan, mendapatkan waktu tidur selama 7-9 jam setiap harinya, menyiapkan makanan atau menjadi relawan praktisi kesehatan.

Sebagai anak muda, ayo maksimalkan potensi diri  dengan menyisihkan waktu untuk melakukan aktivitas sesuai passion dan mendalaminya hingga nanti kamu punya skill baru yang bisa meningkatkan value diri. #JadiBelajar tentang potensi diri kalian sebagai anak muda dengan mengikuti kegiatan pengembangan diri sebagai relawan di Indorelawan.org, klik menu Cari Aktivitas. Pilih aktivitas yang memuat tag Pengembangan anak Muda sesuai minat dan bakatmu. Ubah Niat Baik Jadi Aksi Baik Hari Ini.

Ditulis oleh Indah Ashlach Al Ummah
Disunting oleh Renita Yulistiana

Referensi

Makna Anak Muda. (https://www.metrojambi.com/kolom/13555732/Makna-Anak-Muda)

Kelebihan Anak Muda. (https://www.youngontop.com/anak-muda-ketahui-kelebihan-anak-muda/)

Manfaat Pengembangan Diri. (https://ppmschool.ac.id/manfaat-pengembangan-diri/

https://visecoach.com/articles/read/5-area-pengembangan-diri)

Potensi Diri. (https://www.ekrut.com/media/potensi-diri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *