Artis Korea Selatan yang Pernah Jadi Relawan

Artis Korea Selatan yang Pernah Jadi Relawan

The Korean Wave, satu dekade terakhir mendapatkan banyak perhatian dari kawula muda di seluruh penjuru negeri. Dari aktivitas hingga kehidupan sosial bintang Hallyu menjadi sorotan bahkan banyak diikuti oleh masyarakat umum. Meskipun dikenal sebagai seorang entertain, namun tidak mengurangi rasa kepedulian mereka terhadap isu-isu sosial dan tidak sedikit yang bergabung sebagai relawan. 

Lalu, siapa sajakah bintang Korea Selatan yang pernah bergabung sebagai relawan? Yuk, cari tahu lewat artikel ini! 

Jaemin NCT Dream 

Seorang anggota dari salah satu boy grup asuhan SM Entertainment, NCT Dream yang baru saja melakukan comeback dengan album ISTJ ini telah menjadi relawan sejak usia belia. Berbeda dari kebanyakan idol K-POP lainnya, Jaemin NCT Dream justru ditemukan oleh pihak agensi ketika tengah bergabung sebagai relawan bersama sang ibu. Tidak hanya itu, setelah aktif sebagai member NCT Dream, Jaemin pun turut melakukan kegiatan kerelawanan di Indonesia bersama rekan satu grupnya, Jeno, dalam acara Good Neighbours. 

Siwon Super Junior 

Idol K-POP satu ini tidak hanya pernah melakukan kegiatan kerelawanan, tapi juga berperan dalam berbagai kegiatan sosial dari berbagai organisasi nirlaba sejak muda. Pada 2019, Siwon Super Junior didapuk sebagai Duta Besar Regional UNICEF untuk Asia Timur dan Pasifik. 

Tidak hanya aktif menyuarakan isu sosial melalui internet, Siwon pun turun secara langsung mengikuti berbagai campaign UNICEF di beberapa negara. Adapun isu sosial yang menjadi fokus dari aktivitas relawannya, yaitu perundungan dan kesejahteraan anak-anak. 

Park Bo Gum 

Ketika memasuki musim dingin, briket termasuk dalam kebutuhan esensial. Park Bo Gum, pada awal 2023 bersama sejumlah rekan artis lainnya melakukan pekerjaan sukarela untuk membagikan 2.500 briket kepada masyarakat yang kurang mampu. 

Pada 2022, Park Bo Gum juga berperan sebagai relawan di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak setelah menyelesaikan wajib militernya. Datang dengan niat yang tulus, Park Bo Gum membagikan kepada anak-anak yang ada dan juga tidak segan untuk mengatur sampah disana. 

Kim Nam Gil 

Berbeda dengan beberapa entertainer lainnya, Kim Nam Gil tidak menjadi bagian dari relawan di Korea Selatan, tetapi di Indonesia, tepatnya di Kota Padang. Ia menjadi bagian dari relawan yang membantu para korban gempa di Padang tahun 2009. Dari sejumlah dokumentasi yang ada, Kim Nam Gil menghibur dan turut bermain bersama anak-anak, serta membantu pendistribusian bantuan maupun pembangunan fasilitas darurat. 

Jo Han Sun 

Pada 2022 lalu, Korea Selatan sempat dilanda musibah banjir bandang dan meninggalkan kerusakan yang cukup parah pada beberapa area. Ketika masa pemulihan pasca banjir, aktor Jo Han Sun terlihat menjadi salah satu relawan yang turun langsung di lapangan. Ia tampak membersihkan lumpur di tempat parkir basement salah satu apartemen dengan sekopnya. 

Jadi Relawan Hari Ini 

Itu dia sejumlah bintang Korea Selatan yang pernah menjadi relawan dan bahkan di antaranya telah aktif terlibat dalam kegiatan relawan untuk waktu yang lama. Pada dasarnya, apapun jenis kegiatan dan aktivitasnya, selama kita mampu untuk melakukannya, maka jangan ragu ya. Yuk, bergabung jadi relawan dan buat impact untuk orang-orang di sekitarmu. Ubah Niat Baik Jadi Aksi Baik Hari Ini bersama Indorelawan.

Ditulis oleh Asyifa Nurul Choeriyah
Disunting oleh Rifka Rimbi Anggraini
Sumber Gambar
Akurat.co
Koran-jakarta.com
Barisan.co
Wowkeren
Liputan6.com
Inilahbandung.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *