Berawal dari Ejekan, menjadi Komunitas Lingkungan di Masa Kini

Pernah diejek orang sekitar karena melakukan suatu kegiatan nggak? Padahal ini kegiatan yang positif dan tidak merugikan mereka, lho! Apa yang akan kalian lakukan jika ada di posisi tersebut, guys? Kata orang, balas dendam terbaik itu dengan cara menjadi versi yang lebih baik dibanding sebelumnya kan ya. So, yuk, kita simak perjalanan komunitas keren yang berawal dari ejekan berikut ini!

Sejarah Komunitas

Komunitas ini bermula dari aksi lingkungan yang sering dilakukan oleh Kak Reizha, yang kemudian di share ke media sosial. Tapi banyak reaksi negatif atau ejekan yang dilontarkan karena aksi yang dilakukan, seperti “Si paling lingkungan banget deh”, dan sebagainya. Disisi lain, banyak juga yang ingin mengikuti jejak Kak Reizha melakukan aksi lingkungan. Tetapi mereka takut memulai karena takut mendapatkan ejekan dari teman lainnya.

Long story short, Kak Reizha berpikiran untuk mengubah ejekan tersebut menjadi sebuah gerakan, dengan #sipalinglingkungan. Tahap selanjutnya, gerakan tersebut berkembang menjadi komunitas dengan nama sipalinglingkungan.id setelah bertemu dengan partner yang visi misi-nya sejalan juga dengan Kak Reizha. Komunitas ini berdiri tepatnya pada tanggal 15 Oktober 2023.

Sipalinglingkungan.id bertujuan untuk menyebarkan semangat dalam menjaga lingkungan, dengan mengubah ejekan menjadi suatu gerakan nyata. Tujuan lainnya yaitu untuk mengumpulkan informasi seputar lingkungan dan untuk menyebarkan konten informasi serta edukasi melalui Instagram dan juga grup diskusi.

“Cobalah temukan apa yang kamu suka, jika orang sekitarmu tidak mendukungmu mungkin itu bukan tempat yang cocok untukmu dan mumpung masih muda coba lakukan apapun yang kamu mau agar tak menyesal nantinya. Terus berbuat baik dan bergerak untuk lingkungan, karena lingkungan yang baik itu berdampak baik juga untuk masa depan kita.”

Reizha Ananda Setyara (Leader Sipalinglingkungan.id)

Program Kegiatan

Sipalinglingkungan.id memiliki 3 segmen program berbasis media. Pertama, GELI atau Grebek Lingkungan, segmen ini berisi tentang informasi suatu kegiatan seperti diskusi, pameran, dan workshop seputar lingkungan yang mereka datangi. Kedua, APA KATA MEREKA yang berisi hasil wawancara dengan para tokoh isu lingkungan. Ketiga, ADIKSI atau Aksi dan Edukasi yang berisi konten edukasi ketika melakukan suatu aksi kreatif dalam menjaga lingkungan.

Beberapa waktu kedepan, Sipalinglingkungan.id akan mengadakan kegiatan berbasis daring, yaitu Clean Up River yang akan diadakan pada bulan desember ini, dan di awal tahun depan mereka akan mengadakan pelatihan yang berkolaborasi dengan organisasi besar pada isu lingkungan di Indonesia.

Para Relawan dan Tantangannya

Komunitas ini mencari relawan melalui story Instagram ketika menyebarluaskan informasi kegiatan mereka yang akan datang. Selanjutnya, para relawan yang bersedia akan tergabung dalam Grup WhatsApp untuk koordinasi dan kepentingan lainnya. Mengelola relawan tentu tidak lepas dari tantangan dan juga kendala. Kadang kala terdapat relawan yang slow respon, time management-nya kurang baik, dan sebagainya. Cara Sipalinglingkungan.id mengatasinya yaitu dengan  melakukan pendekatan personal kepada relawan tersebut. Jika kegiatan yang dilakukan mengasyikkan dan memiliki kesan positif untuk para relawan, tentu mereka juga akan senang dan enjoy mengikuti kembali kegiatan yang diadakan oleh komunitas.

Struktur kepengurusan dalam komunitas sipalinglingkungan.id sepenuhnya dipegang oleh para relawan. Terdapat beberapa posisi seperti leader yang bertugas memimpin arah geraknya komunitas. Co-Leader yang bertugas membantu leader dalam menyebarluaskan jaringan kerjasama dan sponsorship. Urusan administrasi dan linimasa kegiatan dipegang oleh Manajer kegiatan. Terdapat bagian Research and Development yang bertugas untuk melakukan riset terhadap data kegiatan yang akan dilakukan dan menulis naskah konten edukasi di media sosial. Terakhir yaitu Social Media Specialist, yang memiliki tugas mengelola sosial media komunitas. Untuk saat ini, masing-masing posisi diisi oleh satu orang, namun untuk kedepannya kemungkinan akan ada penambahan orang dengan melalui seleksi sesuai kebutuhan divisi.

Kak Reizha tentunya berharap, sipalinglingkungan.id menjadi suara yang memberdayakan, menginspirasi, dan merangkul teman-teman yang peduli terhadap lingkungan. Harapan lainnya, komunitas ini menjadi tempat yang memberikan dukungan dan memotivasi orang lain untuk mengambil tindakan positif demi keberlanjutan lingkungan.  

Mari mengubah ejekan menjadi semangat dalam membangun kekuatan kolektif untuk perubahan, dan menyemangati setiap langkah kecil yang diambil oleh mereka untuk mendedikasikan diri menjadi #SiPalingLingkungan. Untuk informasi lebih lanjut, kalian bisa berkunjung ke Instagram @sipalinglingkungan.id yaa, kali ajaa cocok dengan kegiatan mereka! Ubah Niat Baik Jadi Aksi Baik Hari Ini dengan #JadiRelawan di isu Lingkungan di Indorelawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *