Tips Supaya Ramadhan Makin Menyala

Tips Supaya Ramadhan Makin Menyala

Tahun ini, bulan Ramadhan akan tiba pada minggu kedua bulan Maret. Wah, pasti seru banget ya menjalani bulan suci ini! Sudah siap untuk menjalankan ibadah puasa belum? Miwan penasaran, apa saja kegiatan yang biasa kalian lakukan saat bulan Ramadhan? Lalu, bagaimana kalian mengisi waktu selama bulan yang penuh berkah ini? 

Kalian suka merasa bete menunggu waktu berbuka puasa? Beberapa dari kita, biasanya suka membaca Al-Qur’an, zikir, tidur, bermain video games, menonton tv show atau netflix nih sambil nunggu adzan maghrib. Tapi, apa ada hal lain yang bisa kita lakukan selain itu? Daripada bingung menghabiskan waktu di bulan suci, kenapa tidak mencoba hal-hal baru yang bisa menambah pengalaman?

Tips Mengisi Waktu Saat Ramadhan

Jangan khawatir! Miwan punya beberapa tips untuk mengisi waktu di bulan Ramadhan agar bulan suci ini semakin menyala dan berilmu padi berkah.

Ayok, simak tips-tipsnya!

1. Membaca Buku

Membaca buku saat bulan Ramadhan bermanfaat lho. Sebagai salah satu sarana mengisi waktu luang, membaca buku juga dapat menjadi cara baik untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kita tentang berbagai hal. Lebih dari itu, membaca buku juga dapat menjadi sarana untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan, karena banyak buku yang berisi nilai-nilai keagamaan dan moral yang dapat memperkuat keyakinan kita. Membaca buku juga dapat menjadi cara yang efektif untuk menghindari godaan dan mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat. Miwan juga punya saran tempat terbuka yang hijau yang bisa kamu kunjungi sambil membaca. Kamu bisa menemukan rekomendasinya di blog indorelawan.

2. Berkeliling kota

Selama bulan Ramadhan, banyak tempat-tempat yang mengadakan berbagai acara dan festival yang menarik. Dengan bertamasya keliling kota, kalian bisa mengunjungi tempat-tempat tersebut dan merasakan suasana yang berbeda dari biasanya. Misalnya, kalian bisa mengunjungi pasar Ramadhan yang menjual berbagai makanan khas bulan puasa. Kalian bisa mencicipi berbagai hidangan lezat seperti kolak, takjil, dan makanan ringan lainnya (saat sudah buka puasa ya).

Tidak hanya itu, berkeliling kota juga memberikan kesempatan untuk mengenal lebih dekat dengan sejarah dan budaya kota yang dikunjungi. Kalian bisa mengunjungi museum, monumen, atau tempat bersejarah lainnya yang menjadi ikon tempat tersebut. Kalian juga bisa mengunjungi tempat-tempat religius seperti masjid yang memiliki nilai spiritual.

3. Ikut Jadi Relawan

Last but not least, salah satu kegiatan yang bisa menambah ibadah. Yes, jangan lupa manfaatkan waktu luang kalian dengan menjadi relawan selama bulan Ramadhan. Pasti gak akan nyesel deh!

“Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain.” (H.R. Bukhari)

Selama bulan Ramadhan, banyak organisasi ataupun komunitas yang menyelenggarakan berbagai kegiatan kerelawanan, seperti pembagian makanan, penggalangan dana untuk membantu sesama, atau mengunjungi panti asuhan untuk berbagi kebahagiaan bersama. Di bulan Ramadhan, kita juga dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada orang lain untuk turut berbuat kebaikan.

Komunitas Relawan Selama Ramadhan

Tentang kegiatan relawan apa saja yang bisa diikuti, ada banyak pilihan yang bisa dipilih. Gak usah pusing cari komunitasnya dimana, langsung aja cek kegiatannya di indorelawan.

1. Dedikasi Untuk Negeri

Isu apa yang sedang diminati? Sosial? pendidikan? atau kemanusiaan? Kalian bisa ikut komunitas keren ini. Dedikasi Untuk Negeri memberikan kesempatan bagi para muda mudi Nusantara untuk berkontribusi dalam mensejahterakan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan Bangsa bersama. Bersama-sama, kita dapat mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh masyarakat dan menciptakan solusi yang berkelanjutan.

2. The Umbrella Wisdom

Tertarik untuk mengajar? Yuk payungan bareng bersama The Umbrella Wisdom. The Umbrella Wisdom berperan sebagai wadah bagi adik-adik yang kurang beruntung untuk tetap melanjutkan pendidikan hingga jenjang SMA/SMK/Sederajat, serta mengembangkan potensi kepemimpinan dan kreativitas mereka. Kalian dapat membantu adik-adik disana untuk meraih impian dan cita-cita mereka. Yuk bergabung dengan The Umbrella Wisdom, bersama-sama kita memberikan payung pendidikan bagi adik-adik yang membutuhkan!

3. PMAP Indonesia

Kalian tertarik dengan isu lingkungan? Keren banget nih kalian bisa bertemu dengan PMAP Indonesia. PMAP Indonesia adalah organisasi non profit yang merupakan bagian dari Hutan Itu Indonesia, dan mereka juga memiliki cabang di Kalimantan Barat yaitu PMAP Kalbar. Program yang dijalankan oleh PMAP yaitu adopsi pohon dan penanaman pohon untuk menjaga keberlanjutan hutan serta ekosistem yang ada di dalamnya melalui berbagai aksi dan kegiatan yang menarik.

Itu tadi beberapa hal yang kalian bisa ikuti untuk mengisi Ramadhan di tahun ini. Jadi, jangan sia-siakan waktu luang kalian selama bulan Ramadhan! Ubah Niat Baik Jadi Aksi Baik Hari Ini.

Ditulis oleh Indah Suryani (Relawan Super Indorelawan 2024)

One Reply to “Tips Supaya Ramadhan Makin Menyala”

  1. Tips mengisi waktu luang di saat ramadhan memang sangat bermanfaat bagi saya yang gabut ini… Menyala terus abangkuuuu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *