Jadi Relawan: Salah Satu Cara Mengenal Diri

Jadi Relawan: Salah Satu Cara Mengenal Diri

Dikutip dari mindtera.com mengenal diri merupakan kegiatan untuk memahami dan mengenal diri sendiri. Elihami dalam penelitiannya menjelaskan juga secara spesifik bahwa mengenal diri sendiri berarti memperoleh informasi mengenai pengetahuan-pengetahuan tentang totalitas diri yang tepat, yaitu menyadari kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri sendiri. 

Nah, setelah kita tahu apa itu Mengenal Diri, apakah kamu sudah mengenal diri sendiri? Kalau kamu masih bingung, coba sekarang kamu siapkan kertas kosong, pena, serta timer. Setelah semua peralatan siap coba sebutkan 5 kelebihan dan juga 5 kekurangan kamu secara cepat dan jangan lupa gunakan timer saat memulai menulis. 

Bagaimana? Apakah kamu dapat menulis dalam waktu kurang dari 1 menit saja? Jika dirasa kamu masih kesulitan dalam menjawab pertanyaan Miwan, maka kamu perlu nih untuk mengenal lebih dalam diri sendiri lewat cara berikut ini:

  1. Meningkatkan Self Awareness (Kesadaran Diri)

Self Awareness atau kesadaran diri merupakan kemampuan seseorang untuk dapat mengidentifikasi dan memahami dirinya secara utuh baik dari sifat, karakter, emosi, perasaan, pikiran, maupun cara adaptasi dengan lingkungan. Seseorang yang telah memahami dirinya sendiri dengan baik cenderung tidak mudah tersinggung ketika orang lain memberi kritik pada dirinya. Dengan self awareness kamu dapat memahami diri sendiri, sehingga self awareness dapat juga membantu kamu dalam evaluasi diri untuk menjadikan pribadi yang lebih baik lagi. 

  1. Rutin Menulis Jurnal

Selain meringankan beban, menulis apa yang ada dalam pikiran serta perasaan, ternyata dapat membuat kamu mengenal diri sendiri lho. Dari jurnal tersebut, kamu bisa tracking kata apa saja yang sering muncul. Kalimat yang banyak muncul biasanya merupakan tujuan yang ternyata selama ini kamu tidak sadari. Selain itu dengan jurnal, kamu juga dapat melihat perubahan emosi yang dirasakan seperti sedih, senang, bahagia, bete, dan dapat mengidentifikasi apa saja penyebabnya.

  1. Latih Self Compassion (Mengasihi Diri Sendiri)

Self compassion adalah cara memperlakukan atau mengasihi diri sendiri. Kristin Neff seorang professor dari University of Texas di departemen Psikologi Austin, mendefinisikan bahwa welas asih atau mengasihani diri sebagai kebaikan diri, kemanusiaan umum, dan perhatian penuh terhadap diri sendiri. Self compassion mengajarkan untuk menerima diri dan menghargai kerja keras kamu, terlepas dari puas atau tidak puasnya hasil. Dengan begitu self compassion membantu untuk memahami diri kamu dengan baik tanpa memaksakan apapun. 

  1. Temukan Blind Spots

Blind Spots yang dimaksud adalah bagian-bagian yang ada dalam diri kamu yang tidak dapat dilihat oleh diri sendiri. Bagian inilah merupakan bagian yang paling penting untuk kamu dapat memahami diri sendiri. Lantas bagaimana cara kita menemukan blind spots tersebut? 

Kamu dapat minta bantuan kepada orang-orang yang paling dekat dengan kamu seperti orang tua, pasangan, sahabat, dan lainnya untuk dimintai feedback mengenai diri kamu dari sudut pandang mereka. Adapun informasi yang diberikan bisa berupa pandangan positif dan negatif. Agar komunikasi tetap terjaga dengan baik maka pastikan diri kamu sudah berada di tahap siap mendengarkan dan menerima kritik atau masukan.

  1. Luangkan Waktu untuk Memperjelas Personal Value

Value dalam diri setiap individu pasti berbeda-beda. Dalam kehidupan ini value bagaikan Kompas, menuntun kamu pada tujuan hidup yang telah ditentukan. Value juga dapat memotivasi dan menginspirasi kamu dalam menjalani kehidupan. Dengan value, kamu dapat menggambarkan siapa diri kamu. Sudahkah kamu tetapkan value dalam diri kamu? Jika belum berilah ruang untuk diri kamu sendiri dan mulailah memikirkan hal-hal yang penting bagi diri kamu demi memahami diri dan juga untuk masa depan kamu. 

Tujuan Mengenal Diri

Setelah kita mengetahui apa itu mengenal diri dan memahami caranya, kamu pasti bertanya-tanya lantas apa kegunaan dari mengenal diri itu? Dikutip dari Skata.info mengenal diri dapat membantu kita dalam:

  1. Merespon sesuatu hal dengan baik.
  2. Tahu cara bagaimana harus bertindak dalam suatu situasi dan mempertimbangkan hasilnya. 
  3. Membuat percaya diri meningkat dalam menghadapi tantangan yang dihadapi.
  4. Membuat diri menjadi lebih proaktif.
  5. Meningkatkan self-love.
  6. Menggiring masa perkembangan menuju hal-hal yang positif.
  7. Memperluas sudut pandang dalam menghadapi masalah.
  8. Mengontrol diri dengan baik.
  9. Meningkatkan keefisienan kinerja. 
  10. Menghargai semu hasil kerja keras.
  11. Cermat dalam mengambil keputusan.
  12. Menjadi seorang komunitor yang baik di dunia kerja dan sosial.

Ciri-ciri Seseorang Telah Mengenal Dirinya

Sebagian orang mungkin masih bertanya-tanya mengenai dirinya sendiri. Mereka mungkin juga meragukan apa yang sebetulnya mereka sukai, cita-citakan, dan kejar? Mungkin pertanyaan ini sekilas sangat enteng, tetapi seringnya kita melupakannya. Bahkan tidak jarang orang mengejar hal-hal yang ternyata tidak sesuai dengan apa yang mereka sukai dan cita-citakan. Untuk itu perlu bagi kamu untuk mengenal diri sendiri dengan baik. Berikut Miwan sampaikan tujuh ciri orang yang telah mengenal dirinya sendiri:

  1. Tidak Mudah Terpengaruh

Ketika kamu telah menjadi diri sendiri dan mengenal sepenuhnya tentang diri kamu maka kamu akan terhindar dari pengaruh yang negatif. Ketika itu kamu akan mengenali apa yang diri kamu sebetulnya butuhkan. Kamu juga akan tahu apa prinsip serta nilai yang kamu pegang. Sehingga kamu akan menolak segala jenis hal-hal yang tidak selaras dengan keyakinan kamu. 

  1. Menghadapi Masalah dengan Tenang

Masalah seringkali melanda kita sebagai manusia. Tidak jarang masalah-masalah yang ada membuat kita terpukul dan terpuruk, sehingga membuat kita gegabah dalam mengambil keputusan. Namun, dengan mengenal diri sendiri dengan baik akan menimbulkan rasa sayang terhadap diri sendiri. Sehingga orang yang sudah mengenal dirinya saat dihadapi masalah mereka akan mencari solusi dengan kepala dingin agar tidak merugikan diri sendiri di masa mendatang. 

  1. Menghargai Perbedaan

Seseorang yang telah mengenal dirinya sendiri tentu punya prinsip sendiri. Dan apabila orang lain memiliki pendapat yang berbeda ia pasti akan menghargai hal tersebut, karena baginya mereka pun memiliki prinsip hidup sendiri. Dan tentunya prinsip masing-masing individu juga berbeda.

  1. Berani Menyampaikan Pendapat

Dengan mengenal diri, kamu akan lebih berani dalam menyampaikan pendapat saat kamu berada di suatu forum diskusi. Hal ini karena dengan mengenal diri sendiri kamu tidak akan merasa sungkan lagi menyampaikan pandangan kamu terhadap sesuatu. Tentu kamu juga akan lebih mahir dalam menyampaikannya tanpa menyinggung prinsip orang lain. 

Jadi bagaimana, apakah 4 ciri-ciri tersebut sudah ada dalam diri kamu? Apabila kamu membutuhkan pengetahuan lebih lanjut mengenai Mengenal Diri, kamu bisa loh mencobanya dengan mulai jadi relawan di Indorelawan. Selain itu kamu juga bisa mengikuti berbagai kegiatan kerelawanan yang relate dengan keinginan kamu.

Yuk #JadiRelawan dan daftarkan diri kamu di Indorelawan.org

Ditulis oleh Sinta Barokah
Disunting oleh Renita Yulistiana

Referensi 

Setyawati, I. (2022, August 8). Binusian Journey. Retrieved from Binus University : https://binus.ac.id/binusian-journey/2022/08/08/self-awareness-untuk-memperbaiki-diri-dan-memperbaiki-hidup/

Mindtera. (2022, November 28). Mengenali Diri Sendiri Sebagai Bekal Merancang Masa Depan. Retrieved from Mindtera: https://www.mindtera.com/article-posts/cara-mengenali-diri-sendiri

Elihami. (2018). Konsep Pengenalan Diri. ResearchGate.

Murnieaseh, E. (2022, January 2022). Pentingnya Self Compassion atau Mengasihi Diri Sendiri. Retrieved from klikdokter: https://www.klikdokter.com/psikologi/kesehatan-mental/pentingnya-self-compassion-atau-mengasihi-diri-sendiri

mindtera. (2022, November 28). Bagaimana Personal Value Membantumu untuk Menjadi Leader yang Baik. Retrieved from mindtera: https://www.mindtera.com/article-posts/bagaimana-personal-value-membantumu-untuk-menjadi-leader-yang-baik

Paramita, M. (2022, April 10). Ini 12 Manfaat Mengenali Diri Sendiri, Yuk Coba Sekarang! Retrieved from skata: https://skata.info/article/detail/1271/ini-12-manfaat-mengenali-diri-sendiri-yuk-coba-sekarang

Karja. (2020, June 18). 4 Tanda Kamu Sudah Mampu Menjadi Diri Sendiri. Retrieved from Kumparan.com: https://kumparan.com/karjaid/4-tanda-kamu-sudah-mampu-menjadi-diri-sendiri-1tdQBOzEBZY/full

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *