Dedikasi Compok Literasi untuk Kemajuan Pamekasan

Dedikasi Compok Literasi untuk Kemajuan Pamekasan

Halo, siapa nih yang kemarin hadir di Festival Relawan Jatim? Pastinya banyak keseruan dari masing-masing agenda ya. Festival Relawan Jatim ini diinisiasi dan diselenggarakan oleh beberapa organisasi, salah satunya yaitu Compok Literasi dari Pamekasan, Madura. Yuk, kenalan lebih lanjut dengan organisasi yang mengusung prinsip kolaborasi ini!

Berdirinya Organisasi

Compok Literasi ini didirikan pada tanggal 20 November 2016 oleh dua orang bersaudara yaitu kak Ari Ghi dan kak Jamila. Pada saat itu, mereka yang baru kembali dari perantauan semasa kuliah menjumpai beberapa fakta yang terjadi di Pamekasan, antara lain seperti adanya berbagai komunitas literasi tetapi belum terkolaborasi satu sama lain; permasalahan isu pendidikan dan sosial akan lebih mudah teratasi dengan adanya kolaborasi; banyaknya pemuda yang belum menemukan tempat untuk berkontribusi; serta akses berliterasi di Pamekasan yang masih kurang. Berdasarkan hal tersebut Compok Literasi hadir sebagai rekan kolaborasi yang terbuka untuk bekerjasama dengan berbagai pihak baik dari komunitas maupun pemerintah.

Visi dari Compok Literasi adalah untuk menjadi rumah bagi para pembelajar untuk saling berkolaborasi, berbagi pengetahuan dan pengalaman. Dengan harapan dapat menemukan berbagai solusi dari permasalahan pada bidang pendidikan dan sosial di Pamekasan.

Program Organisasi

Compok Literasi memiliki program rutin tahunan berupa Sambang Sekolah, dimana para relawan mendatangi sekolah tingkat SD sampai SMA untuk melihat dan mendengar langsung berbagai permasalahan yang ada di sekolah tersebut, yang selanjutnya Compok Literasi akan menyusun usulan solusi dengan metode game based learning selama 3-4 bulan berturut-turut. Para relawan dapat merasakan perubahan yang terjadi dari pertama mereka datang dan setelah diterapkannya metode tersebut seperti siswa belajar dan berani berbicara di depan kelas, siswa semakin bersemangat untuk belajar baca tulis hingga belajar membuat karya yang bernilai ekonomi. Capaian keberhasilan tersebut seringkali membuat para relawan terharu dan meningkatkan kedekatan emosional dengan siswa dan pihak terkait. Pada program Sambang Sekolah batch 2, Compok Literasi pernah mendapatkan pendanaan dari Temali Project yang diadakan oleh Indorelawan pada tahun 2021.

Compok Literasi juga memiliki berbagai program kegiatan selain Sambang sekolah, seperti Konferensi Literasi dengan berbagai komunitas, pemerintahan, penggiat literasi, dan berbagai pihak lainnya; Teman Literasi Sekolah untuk para pustakawan di SMP-SMA yang berkolaborasi dengan dinas pendidikan dan dinas PERPUSIP; Wall of Creativity, yaitu menghias gedung sekolah yang kurang baik dengan mural menarik yang berkolaborasi dengan komunitas mural dan aksi baik Arumi Bachsin; Semesta Literasi, yaitu rumah/pojok baca untuk masyarakat sekitar; dan berkolaborasi dengan berbagai komunitas literasi dalam berbagai kegiatan.

Management Relawan di Organisasi

Relawan Compok Literasi dibedakan menjadi 2 bagian yaitu relawan penggerak dan relawan pelaksana program. Relawan penggerak adalah relawan yang bertugas untuk memikirkan dan menyusun program kegiatan serta merancang keberlangsungan organisasi kedepannya. Sedangkan relawan pelaksana bertugas untuk terlibat langsung pada pelaksanaan program kegiatan. Proses perekrutan relawan Compok Literasi disesuaikan dengan kebutuhan program, ketika program tersebut selesai maka relawan akan diberi tawaran apakah mereka tertarik untuk lanjut menjadi relawan atau tidak. Jumlah relawan Compok Literasi saat ini sekitar 25 orang, dan 7 diantaranya adalah relawan penggerak. 

Tantangan yang dialami oleh Compok Literasi ketika bekerja bersama relawan adalah menjaga konsistensi semangat para relawan. Solusi yang selama ini diterapkan yaitu dengan rutin melakukan evaluasi dan diskusi dengan para relawan, dengan membahas alasan dasar mereka bergerak dalam kegiatan organisasi. Kalau teman relawan gimana nih cara menjaga semangat dalam kegiatan kerelawanan?

Kamu juga bisa cari rekomendasi organisasi pendidikan lainnya di website Indorelawan.org pada menu Cari Organisasi dan Ubah Niat Baik Jadi Aksi Baik Hari Ini dengan #JadiRelawan di isu pendidikan dan sosial.

Ditulis oleh Syarifatul Amaliyah

Berdasarkan hasil wawancara dengan Kak Jamilah, co founder Compok Literasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *