Kenali Organisasi Operasi Semut

Kenali Organisasi Operasi Semut

Halo Teman Relawan! apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata “Operasi Semut?” Operasi Semut merupakan salah satu organisasi di Indorelawan nih Teman Relawan, organisasi ini memiliki aktivitas kerelawanan yang keren loh, yaitu aksi bersih-bersih. Yuk kenalan lebih jauh dengan organisasi ini dan kegiatannya!

Berdirinya Organisasi

Operasi Semut merupakan organisasi dibawah naungan Clean Action Network yang terletak di Bandung dan didirikan pada tanggal 19 Februari 2022 oleh Hendro Subroto. Awal terbentuknya organisasi ini di Jakarta International Studium, namun untuk kantor operasional Operasi Semut berada di BSD Tangerang Selatan. Terbentuknya organisasi ini didasarkan oleh para relawan yang memiliki minat yang sama untuk lingkungan. Alasan diberikan nama ini adalah karena semut merupakan simbol gotong royong terhadap tim. Organisasi ini dibentuk  karena memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan juga ingin memberikan edukasi kepada masyarakat dan fokus dalam lingkungan berkaitan dengan penegakan aturan buang sampah pada tempatnya. 

Program Organisasi

Kegiatan yang dilakukan Operasi Semut yaitu aksi bersih-bersih, memberikan edukasi, dan juga workshop. Aksi bersih-bersih dilaksanakan di Car Free Day Jl. MH Thamrin Jakarta. Kegiatan ini diberi nama “Aksi Bersih Operasi Semut”. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap minggunya dan terbuka untuk melakukan kolaborasi. Nah, rencananya dalam waktu dekat mereka akan melakukan kolaborasi dengan JURK Millenials di sekitar Waduk Sunter, Jakarta Utara. Sebelumnya, Operasi Semut juga sudah pernah berkolaborasi juga dengan Enviplast dan SMP Labschool. 

Selain melakukan aksi bersih-bersih, Operasi Semut juga turut memberikan edukasi kepada masyarakat baik secara langsung ketika sedang melakukan aksi bersih-bersih atau melalui sosial media.

A group of people holding signsDescription automatically generated

Manajemen Relawan di Organisasi

Dalam sebuah organisasi tentu ada tantangannya. Mencari relawan adalah salah satu tantangan dari Operasi Semut. Untuk menghadapi tantangan tersebut, Operasi Semut melakukan Open Recruitment melalui Indorelawan atau akun sosial media. Saat ini organisasi Operasi Semut memiliki 2 jenis relawan yaitu relawan tetap dan partisipan. Jumlah relawan tetap yaitu 15 orang dan relawan partisipan sekitar 20 orang. Untuk relawan partisipan jumlahnya bisa berbeda, hal ini sesuai dari kegiatan yang dilaksanakan. Lalu apa sih,  perbedaan di antara kedua jenis relawan tersebut? Untuk relawan tetap mereka adalah pengurus organisasi Operasi Semut dan mereka juga mengikuti kegiatan kerelawanan yang dilaksanakan. Namun, untuk relawan partisipan mereka hanya mengikuti kegiatan kerelawanan saja. 

Kamu tertarik untuk jadi relawan Operasi Semut, tapi gatau caranya gimana?  Kamu cukup mengisi link pendaftaran yang dapat diakses melalui Indorelawan atau pada Instagram @operasisemutid. Kamu juga bisa kepoin organisasinya di Instagram @operasisemutid atau bisa menghubungi lewat email jejaring@cleanaction.id dan WhatsApp ke nomor 081293994443. Kamu juga bisa mengunjungi basecamp Operasi Semut secara offline di Jl. Kereta Kencana A1 No 8, BSD Sektor 12, Rw. Mekar Jaya, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310.

Penting, untuk bersama-sama tetap mendukung organisasi ini karena selalu memberikan edukasi kepada masyarakat agar terus menjaga lingkungan tetap bersih. Semakin banyak masyarakat yang teredukasi semakin banyak masyarakat yang paham sehingga diharapkan adanya praktik langsung yang dilakukan masyarakat kepada lingkungannya. Contoh sederhananya adalah kamu memiliki tanggung jawab atas sampah yang kamu hasilkan sendiri, seperti bungkus kemasan makanan ringan.

Meskipun tindakan ini sederhana namun jika setiap orang melakukan hal yang sama maka lingkungan kita akan bebas dari sampah dan tentunya menjadi tempat yang lebih nyaman untuk dihuni. Ubah Niat Baik Jadi Aksi Baik Hari Ini dengan #JadiRelawan di isu Lingkungan melalui Indorelawan.

Ditulis oleh Priscilia Angel Pabutungan
Disunting oleh Renita Yulistiana
Berdasarkan hasil wawancara dengan Kak Rahman, sebagai koordinator program media Operasi semut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *