Indorelawan: Mak Comblang Relawan dan Organisasi

Indorelawan: Mak Comblang Relawan dan Organisasi

Halo Teman Relawan, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kabar teman-teman baik ya. Sudah tau Indorelawan.org? Atau kamu adalah salah satu relawan dari Indorelawan? Kali ini aku mau menjelaskan apa itu Indorelawan dan perannya dalam menghubungkan relawan kepada organisasi atau sebaliknya.

Mengenal Indorelawan

Indorelawan adalah organisasi nirlaba berbasis online yang menjadi perantara antara relawan dan komunitas/organisasi dengan misi sosial agar menjadi lebih mudah. Sederhananya, Indorelawan merupakan wadah yang dapat mempertemukan relawan dan organisasi agar dapat bersama-sama melakukan kolaborasi dalam kegiatan sosial. 

Setiap organisasi pasti memiliki sebuah mimpi, hal ini juga dimiliki oleh Indorelawan. Mimpi terbesarnya adalah ingin menjadikan kerelawanan dan gotong royong sebagai gaya hidup anak muda. Oleh karena itu, Indorelawan menyediakan pasar aksi baik, membuat kampanye gotong royong, dan pemberdayaan organisasi sosial.

Kenapa Relawan?

Ketika membaca artikel ini, entah sudah berapa kali Teman Relawan melihat kata “Relawan” disebutkan. Menurut Teman Relawan, “Relawan” itu apa sih ? Kalau menurut KBBI kata relawan merupakan padanan kata dari kata sukarela yang memiliki arti “Aktivitas yang dilakukan seseorang secara sukarela (tidak karena diwajibkan atau dipaksakan)”. Sedangkan menurut Cambridge Dictionary juga memberikan penjabaran yang serupa dengan KBBI yakni “A person who does something, especially helping other people, willingly and without being forced or paid to do it”  Yang artinya “ “Seseorang yang melakukan sesuatu, terutama untuk membantu orang lain, karena kemauan dan tanpa paksaan atau pun bayaran”. Dari kedua definisi tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Relawan adalah seseorang yang melakukan aktivitas tertentu secara sukarela tanpa adanya paksaan.

Menurut sejarah, istilah relawan/volunteer dikembangkan sejak 1755 oleh M. Fr Voluntaire, ketika memberikan pelayanan kepada tentara yang sedang berperang. Istilah ini diambil dari Bahasa Jerman yaitu ”Aktivismus”, yang muncul pada akhir Perang Dunia I. Istilah itu kemudian digunakan untuk menandai prinsip keterlibatan politik secara aktif oleh kaum intelektual. Bukan hanya pemikiran, tetapi juga usaha untuk membela dan mewujudkan pemikiran tersebut disebut “Aktivisme”. Biasanya aktivismus dihubungkan dengan Kurt Hiller, pengarah organisasi Neuer Club yang menaungi para penyair ekspresionis awal maupun Franz Pfemfert, pendiri majalah Die Aktion pada 1911 yang sangat politis. Dalam berbagai pengertian itu, kaum militan maupun aktivismus akhirnya dapat dikatakan sebagai bagian dari relawan (volunteer) menurut Suryadi pada tahun 2014.

Relawan adalah orang tanpa kewajiban membantu suatu pihak, tetapi selalu mencari peluang untuk membantu orang lain, melalui gerakan sosial atau organisasi tertentu dalam jangka waktu yang relatif lama. Serta adanya partisipasi dan pengorbanan yang cukup tinggi dari berbagai personal misalnya uang, waktu, pikiran. Kenapa relawan? karena Indorelawan percaya kalau kerelawanan dan gotong royong dilakukan dalam skala besar, sangat mungkin membantu masalah sosial di Indonesia.

Peran Indorelawan untuk relawan dan organisasi 

Sebagai sebuah wadah, Indorelawan selalu berusaha mempertemukan 2 belah pihak yaitu relawan dan organisasi melalui banyak pilihan aktivitas kerelawanan. Calon relawan bisa memilih aktivitas sesuai dengan wilayah, waktu, dan juga tipe aktivitas (online dan offline) dari berbagai fokus isu sosial.

Selain itu, Indorelawan juga membuat program Generasi Relawan melalui 3 isu sosial utama: literasi, stunting, dan plastik. Selain itu, Indorelawan juga berharap setiap organisasi memiliki kemampuan dalam mengelola relawan dengan mengadakan Community Gathering dan mengembangkan modul manajemen relawan yang bisa dipelajari juga diunduh secara gratis oleh Rekan Organisasi.

Yuk mulai #JadiRelawan melalui website Indorelawan.org dan temukan aktivitas serta organisasi sosial yang buat kamu jatuh cinta. Ubah Niat Baik Jadi Aksi Baik Hari Ini.

Ditulis oleh Priscilia Angel Pabutungan
Disunting oleh Renita Yulistiana

Referensi:

  1. https://akademirelawan.turuntangan.id/blog/pengertian-relawan-dan-manfaat-menjadi-relawan/
  2. https://wanaswara.com/pengertian-relawan/#Pengertian_Relawan
  3. https://journal.ugm.ac.id/jsp/article/viewFile/18000/11623
  4. http://digilib.iainkendari.ac.id/2674/11/11.%20BAB%20II.pdf
  5. https://www.indorelawan.org/o/about-us

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *