Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Sambil Berbagi

Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Sambil Berbagi

Hello! How are you today? I hope your day is going well. 

Ngomong-ngomong mengenai Bahasa Inggris, tahukah kamu bahwa Indonesia termasuk ke dalam daftar negara dengan kemampuan Bahasa Inggris yang rendah dengan urutan ke-79 dari 113 negara?

Berbagai cara sudah dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa seperti menonton film, mendengarkan musik, membaca buku, dan mengambil kursus bahasa. Namun, ternyata menjadi relawan bisa bantu kamu meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris, loh. 

Komunitas Sosial Mendukung Kemampuan Bahasa Inggris

Saat ini komunitas relawan bersama-sama merealisasikan program SDGs poin keempat berkaitan dengan kualitas pendidikan. Hal ini sebagai bentuk dukungan masyarakat terhadap komitmen dan capaian SDGs di ranah global. Pada saat yang sama, salah satu hal yang menjadi sorotan dalam meningkatkan kualitas pendidikan adalah keterampilan bahasa asing di kalangan anak usia sekolah. 

Secara tidak langsung, kemampuan Bahasa Inggris memainkan peran penting pada kemajuan sumber daya dalam rangka meningkatkan daya saing di tingkat global. Namun, akses pembelajaran yang tidak merata dan kualitas pengajaran yang tidak seimbang di berbagai daerah menjadi tantangan khususnya bagi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan data dari Databoks yang menunjukkan bahwa Jakarta dan Surabaya menjadi kota dengan kecakapan yang tinggi sedangkan daerah lain masih perlu meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris.

Dengan penuh semangat, komunitas-komunitas relawan merancang dan melakukan kegiatan sosial yang bertujuan untuk mengasah kemampuan Bahasa Inggris. Organisasi maupun komunitas sosial secara terbuka memberi peluang kepada calon relawan untuk menaruh kontribusinya di kancah nasional hingga internasional. Melalui kegiatan tersebut, harapannya baik dari sasaran kegiatan dan relawan saling menerima dampak positif satu sama lain. 

Keluar dari Zona Nyaman Dengan Menjadi Relawan

Keberadaan komunitas relawan dan beragamnya aktivitas kerelawanan yang semakin meluas, menjadi kesempatan besar untuk orang-orang seperti aku, kamu, dan kita yang memiliki motivasi tinggi untuk menjadi relawan. 

Sedikit bercerita mengenai pengalamanku beberapa tahun yang lalu, aku mengawali kegiatan menjadi relawan dengan mengikuti salah satu proyek sosial bernama “Train Them to Speak Up” yang bertujuan untuk mengajak murid sekolah dalam mengasah kemampuan dan meningkatkan kepercayaan dirinya dalam berbicara Bahasa Inggris. Kebetulan proyek ini bertempat di luar Indonesia sehingga hal tersebut tentu menjadi tantangan baru untuk keluar dari zona nyamanku. 

Sangat menarik, bukan?

Sebelumnya, kepercayaan diriku juga tidak sebesar itu untuk berbicara bahasa Inggris karena pasti ada relawan-relawan yang lebih fasih. Di samping itu, aku juga termasuk orang yang pasif menggunakan Bahasa Inggris. 

Namun, bukankah justru ini menjadi peluang? 

Melalui proyek sosial ini, akhirnya aku berinisiatif mengambil aksi untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris sambil berkontribusi memberikan pengetahuan yang aku punya kepada teman-teman disana. Ternyata dari niat tersebut, aku banyak merasakan dampak positif. Tidak hanya mereka saja yang belajar, namun aku juga banyak belajar di kegiatan sosial ini.

Banyak Hal Baik Hanya dari Satu Niat Baik

Dampak yang paling aku rasakan tentu keberanianku dalam berbicara Bahasa Inggris yang terus meningkat seiring berjalannya waktu. Banyak kesempatan untuk menambah kosakata baru dari beberapa relawan yang kebetulan dari berbeda negara. Tidak jarang aku memanfaatkan aplikasi kamus online di ponsel untuk berkomunikasi dengan teman relawan disana. Mereka sangat menghargai usaha belajarku. Bonusnya, aku mendapatkan teman dan wawasan baru mengenai keragaman budaya dari negara asal mereka. 

Murid-murid sekolah disana juga sangat bersemangat untuk mengikuti proyek sosial ini. Mereka yang awalnya ragu untuk berbicara Bahasa Inggris, jadi lebih percaya diri. Berkat antusias mereka, aku jadi banyak belajar bagaimana cara mengajar dan mengelola kegiatan relawan dengan baik. 

Wah, sudah berapa banyak ya dampak positif yang didapatkan?

Pengalaman tersebut membuatku semakin semangat untuk berkontribusi di dunia relawan. Untuk kamu yang penasaran bagaimana keseruan belajar berbahasa Inggris dengan menjadi relawan, kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut ini.

  1. Mengikuti kegiatan relawan sebagai pengajar Bahasa Inggris 
  2. Menjadi anggota komunitas yang bergerak di bidang pendidikan khususnya kemampuan bahasa
  3. Menjadi peserta proyek sosial di lingkup internasional
  4. Berinteraksi dengan relawan mancanegara, kamu dapat memanfaatkan media sosial sebagai media menjalin relasi!

Melalui website Indorelawan, kamu dapat memulai petualangan barumu dan menemukan kegiatan relawan menarik lainnya. So, tunggu apa lagi? 

Ubah Niat Baik Jadi Aksi Baik Hari Ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *