Jadi Relawan Bikin Mental Sehat? Emang Bisa?

Jadi Relawan Bikin Mental Sehat? Emang Bisa?

Menurut WHO, dalam beberapa tahun terakhir kesadaran akan pentingnya kesehatan mental dalam mencapai tujuan pembangunan global semakin meningkat. Kesehatan mental telah dimasukkan dalam SDG. Depresi dan bunuh diri menjadi penyebab utama kecacatan dan kematian pada kelompok usia 15-29 tahun. Orang dengan kondisi kesehatan mental yang parah seringkali meninggal lebih awal, karena kondisi fisik yang tak dapat dicegah.

Meningkatnya kesadaran akan pentingnya kesehatan mental telah mendorong banyak orang untuk mengambil langkah-langkah konkret. Selain itu, semakin banyak orang yang mencari bantuan profesional dalam upaya untuk meningkatkan kesehatan mental. Banyak dari kita menyadari bahwa terapis atau psikolog dapat memberikan panduan dan dukungan yang diperlukan untuk mengatasi masalah mental yang mungkin mereka hadapi.

Selain itu, masyarakat semakin memahami pentingnya mendukung orang-orang di sekitar menuju kesehatan mental yang lebih baik. Kita sadar bahwa memberikan dukungan emosional dan mempromosikan lingkungan yang positif dapat berkontribusi pada kesejahteraan mental setiap individu.

Berdasarkan Forbes, pada tahun 2024 ini semakin banyak individu yang memiliki resolusi untuk meningkatkan kesehatan mental. Salah satu bentuk untuk menyehatkan mental kita adalah dengan bergabung sebagai relawan.

Manfaat Kesehatan Mental dari Relawan

Sebuah penelitian di Jurnal National Center for Biotechnology Information menemukan bahwa, terlibat dalam kegiatan relawan dapat secara signifikan memprediksi kesehatan mental dan fisik yang lebih baik, seperti kepuasan hidup, harga diri, kebahagiaan, gejala depresi yang lebih rendah, tekanan psikologis, serta risiko kematian dan ketidakmampuan fungsional.

Studi lain dari The National Institute of Mental Health and Neuro Sciences (NIMHANS), juga menjelaskan dalam penelitiannya, “berperan sebagai sukarelawan berarti memberikan kontribusi positif terhadap kesejahteraan fisik, sosial, dan emosional seseorang. Sebagai relawan, kita juga memiliki peran yang penting dalam menjalankan program-program kesadaran kesehatan mental, manajemen stres, dan pencegahan bunuh diri di sekolah, perguruan tinggi, dan tempat kerja. Melalui hal ini, kita dapat membantu mengatasi stigma dan diskriminasi terhadap penyakit mental dengan cara yang efektif.”

Dalam beberapa kasus, menjadi relawan juga dapat memberikan kesempatan untuk belajar dan mengembangkan keterampilan baru. Kita dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan kepercayaan diri, mengembangkan minat baru, dan meningkatkan kualifikasi kita dalam dunia kerja. Semua ini dapat memberikan dampak positif pada kesehatan mental kita, karena kita merasa lebih kompeten.

Di mana dan Bagaimana Memulainya?

Meskipun banyak yang menyadari dan menginginkan manfaat kesehatan mental yang didapat dari menjadi bagian dari komunitas atau kerelawanan, mengambil langkah awal untuk menjadi bagian dari komunitas atau kerelawanan dapat terasa membingungkan bagi beberapa orang. Salah satu langkah awal yang dapat diambil adalah dengan mencari tahu tentang organisasi atau kelompok masyarakat di sekitar tempat tinggal. Indorelawan memudahkan kamu untuk mencari organisasi tersebut lho!

Indorelawan, sebuah platform yang bertujuan untuk memfasilitasi kerjasama antara relawan dan berbagai komunitas dalam melaksanakan misi sosial melalui situs web. Relawan dapat dengan mudah menemukan kegiatan sosial yang membutuhkan mereka, sementara komunitas juga dapat dengan mudah menjangkau relawan.

Terus kalau udah tau Indorelawan, bagaimana cara bergabungnya?

Kunjungi website indorelawan.org, lalu pilih buat akun, isi data diri kalian. Setelah kamu klik selesai buat akun, kamu akan diarahkan ke halaman yang berisi daftar aktivitas atau organisasi yang tersedia di platform Indorelawan. Di halaman ini, kamu dapat menemukan berbagai jenis aktivitas yang sesuai dengan minat dan keahlianmu. Jika suda, klik “Jadi Relawan”.

Jika kamu diterima sebagai relawan, kamu akan mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai jadwal kegiatan, tugas yang harus dilakukan, dan kontak person yang dapat dihubungi jika ada kebutuhan tambahan. VOILÀ! Selamat bergabung menjadi relawan.

Kalian bisa cek website dan instagram Indorelawan untuk lebih tahu update terbaru ya relawan. See you! Ubah Niat Baik Jadi Aksi Baik Hari Ini.

Ditulis oleh Indah Suryani (Relawan Super Indorelawan 2024)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *