Meningkatkan Literasi dengan Menjadi Relawan

Meningkatkan Literasi dengan Menjadi Relawan

Udah masuk Februari nih di 2024. Kalian udah bikin resolusi tahun 2024 belum? Ingin membuat rencana yang lebih baik dan bermanfaat bagi orang lain? Sudah saatnya nih buat kalian gabung jadi relawan! Selain untuk mengisi waktu luang, kamu juga akan bermanfaat bagi orang lain, lho!

Ngomong ngomong soal literasi, kalian tahu gak kalau menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 9 provinsi (26%) di Indonesia memiliki aktivitas literasi sedang, 24 provinsi (71%) memiliki aktivitas literasi rendah, dan 1 provinsi (3%) memiliki aktivitas literasi sangat rendah. Artinya, tidak ada satu provinsi pun yang memiliki aktivitas literasi tinggi atau sangat tinggi.

Kemendikbud memberikan saran kepada kita sebagai masyarakat untuk aktif dalam meningkatkan literasi di sekitar kita. Salah satunya adalah dengan membuat perpustakaan mini di rumah dan rajin melakukan kegiatan membaca bersama keluarga. Tidak hanya itu, Kementerian juga mendukung adanya komunitas literasi di setiap wilayah dan mengajak kita untuk menjadi donatur buku yang dapat disalurkan ke sekolah maupun komunitas literasi di seluruh Indonesia.

Rekomendasi komunitas literasi

Berikut ini, miwan punya beberapa rekomendasi kegiatan relawan yang bisa kalian ikuti untuk turut berkontribusi pada literasi Indonesia:

1. Muda Bermakna

Muda Bermakna merupakan wadah pengembangan diri yang siap membantu generasi muda khususnya para siswa untuk mengembangkan kemampuan akademik dan non akademik, membina mereka yang tengah mempersiapkan diri memasuki dunia kampus. Nantinya, relawan akan mengajarkan materi UMPTKIN atau UTBK/SNBT secara daring dan mempersiapkan materi pembelajaran maupun latihan soal untuk siswa. Berikut ini adalah pilihan mata pelajaran yang bisa dipilih oleh calon relawan ketika mendaftar sebagai tutor pengajar, yaitu :

  1. Jika memilih sebagai Tutor UM-PTKIN : SKI – Al-Qur’an Hadist, Aqidah Akhlak, Fiqih, dan Bahasa Arab
  2. Jika memilih sebagai Tutor UTBK/SNBT: Penalaran Matematika, Literasi dan Bahasa Indonesia, Literasi dan Bahasa Inggris, Tes Potensi Sikolastik (TPS), meliputi : Penalaran Umum, Pemahaman Bacaan dan Menulis, Pengetahuan dan Pemahaman Umum serta Pengetahuan Kuantitatif.

2. Generasi Literasi

Generasi Literasi merupakan salah satu program yang tergabung dalam Generasi Relawan, sebuah organisasi yang didirikan oleh Indorelawan. Program ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi para relawan yang tertarik untuk memahami isu literasi di Indonesia, mempelajari tentang ekosistem literasi yang ada di sekitar mereka, serta menerapkan literasi informasi dalam upaya melatih kemampuan berpikir kritis.

Melalui Generasi Literasi, para relawan memiliki kesempatan untuk belajar tentang berbagai isu literasi yang ada di Indonesia. Mereka akan diberikan pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya literasi dalam meningkatkan kualitas hidup dan pembangunan masyarakat. Selain itu, para relawan juga akan diajak untuk mengorganisir kegiatan literasi, seperti pelatihan membaca dan menulis, diskusi literasi, dan kampanye literasi.

3. Mutiara Hasanah

Mutiara Hasanah merupakan sebuah komunitas yang berkomitmen di bidang pendidikan, kesehatan, dan sosial, dengan pusat kegiatan yang berada di NTB. Memberikan kontribusi yang berharga dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat melalui serangkaian program yang komprehensif dan berdampak positif. Salah satu programnya adalah Program Pendidikan. Program ini meliputi Pojok Baca, sebagai usaha untuk memperkenalkan budaya literasi kepada masyarakat, dan juga Sekolah Inspirasi yang berfokus pada literasi dan numerasi. Dengan pendekatan yang penuh inspirasi, mereka menciptakan lingkungan belajar yang mendukung untuk mengembangkan potensi anak-anak dan memberikan pendidikan yang kuat.

Nah itu tadi beberapa kegiatan yang bisa kalian ikuti. Gak hanya itu, menjadi relawan juga akan memberikanmu kepuasan pribadi yang luar biasa. Melihat dampak positif yang kamu berikan kepada orang lain dan masyarakat akan memberikanmu rasa bangga dan kebahagiaan yang tak tergantikan. Kamu akan merasa bahwa waktu luangmu benar-benar dimanfaatkan dengan baik dan memberikan manfaat yang nyata bagi orang lain. Jadi, jika kamu ingin membuat rencana yang lebih baik dan bermanfaat bagi orang lain, kamu bisa mulai dengan jadi relawan di Indorelawan. Ubah Niat Baik Jadi Aksi Baik Hari Ini.

Ditulis oleh Indah Suryani (Relawan Super Blog Indorelawan 2024)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *