Kamu Bisa Drop Barang Bekasmu Di Sini!

Kamu Bisa Drop Barang Bekasmu Di Sini!

Punya banyak barang yang sudah tidak digunakan lagi di rumah? Kosanmu penuh dengan sampah? Atau kamu ingin sampah kamu jadi berguna? Sekarang ada banyak komunitas yang siap membantumu. Komunitas-komunitas berikut ini siap menerima barang bekasmu agar memiliki nilai guna atau dapat terpilah dengan baik. 

1.EwasteRJ

Kamu bisa drop sampah elektronikmu di kotak khusus (dropbox) yang disiapkan oleh EwasteRJ. EwasteRJ adalah komunitas yang berada di bawah Yayasan Peduli Sampah Elektronik Indonesia. Inisiator komunitas ini adalah Rafa Jafar (RJ), seorang anak yang saat masih berusia 12 tahun telah menulis sebuah buku sains anak yang berjudul “E-Waste: Sampah Elektronik” dan telah diterbitkan pada tahun 2015.

Komunitas ini memiliki tujuan untuk mensosialisasikan bahaya sampah elektronik dan mengajak masyarakat untuk drop barang elektronik yang sudah tidak terpakai ke dalam dropbox yang telah mereka siapkan agar kemudian didaur ulang oleh perusahaan pengolah sampah.

Barang elektronik yang bisa kamu drop di sini seperti handphone, kabel charger, baterai, dan remote. Kini, dropbox @ewasterj sudah tersebar di Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Salatiga, Surabaya, Tuban, Palembang, Banjarmasin, Manado, dan Makassar.

2. Waste4Change

Waste4Change adalah komunitas yang memiliki fokus sebagai pusat informasi dan kajian lingkungan. Komunitas ini bergerak di bidang kewirausahaan sosial dengan tujuan memberikan solusi terhadap permasalahan sampah. Empat inti Waste4Change antara lain consult, campaign, collect, dan create.

Waste4Change menyediakan layanan Drop Box agar bisa didaur ulang. Sederhana sekali tahapan. Pilah (pilah sampahmu berdasarkan jenisnya menjadi organik, anorganik, dan residu), Pilih (cari dan tentukan lokasi Drop Box terdekat), Bawa (bawa sampah ke lokasi sesuai dengan jenisnya), Daur Ulang (sampahmu akan didata kemudian didaur ulang oleh Waste4Change).

3. The Street Store Indonesia

Ada setumpuk pakaian layak pakai di kamarmu? Sayang bukan kalau dibiarkan menumpuk dan tidak terpakai? Lebih baik kamu drop saja ke The Street Store Indonesia. Tidak hanya baju, kamu bisa menyumbangkan kebutuhan sandang lainnya seperti perlengkapan sholat/ibadah, perlengkapan sekolah, perlengkapan bayi dan anak, serta mainan. The Street Store Indonesia merupakan bagian dari Outlet Dhuafa dan memiliki slogan Bongkar – Rapihkan – Sedekahkan.

4. Sedekah Buku Indonesia

Sedekah Buku Indonesia adalah komunitas yang berpusat di Kota Bandung, bertujuan untuk mengangkat kualitas literasi bangsa Indonesia. Komunitas ini bisa menjadi pilihan buatmu berdonasi mainan dan buku layak baca untuk anak-anak dan remaja. Mereka akan mendata serta memilah buku yang diterima untuk kemudian disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

5. Taman Baca Inovator

Yayasan Taman Baca Inovator membuka kesempatan untuk kamu berdonasi buku bekas, untuk anak-anak usia 4-14 tahun. Buku-buku yang terkumpul kemudian disiapkan untuk para pengunjung di tiga Taman Baca Inovator, yaitu Tba Inovator Thomas Alva Edison di Teluknaga-Tangerang (Desember 2014) Tba Inovator Graham Bell di Balaraja-Tangerang (Maret 2015) dan Tba Inovator Albert Einstein di Pulo Gebang-Bekasi (Desember 2015). 

Hal unik dari komunitas ini adalah memilih nama “Inovator” karena membawa harapan agar salah satu anak-anak yang membaca menjadi seorang Penemu yang kreatif, berani, dan memiliki determinasi yang tinggi.

Kamu bisa drop buku donasimu di kantor pusat Yayasan Taman Baca Inovator: Maspion Plaza Lt. 6 C2, Jalan Gunung Sahari Kav.18, 14420 DKI Jakarta.

Sampahmu bisa berguna lagi jika kamu mau mengambil satu langkah sederhana saja. Mari kita kurangi sampah agar tidak menumpuk di lingkungan dengan memanfaatkannya kembali. Mungkin sendiri kita tidak bisa, tapi ada mereka yang siap membantu! Jadi jangan ragu ☺

Sumber gambar:

EWasteRJ: http://www.sanitasi.or.id/?p=870

Waste4Change: https://waste4change.com/deposit-your-packaging-waste-at-our-praisedroppingbox/2/

The Street Store Indonesia: http://blog.indorelawan.org/biar-puasa-gak-cuma-nahan-lapar-ini-5-alasan-untuk-kamu-ikut-berbagibaju/

Sedekah Buku Indonesia: https://komunita.id/2017/06/20/sedekah-buku-indonesia-berbagi-ilmu-cerdaskan-negeri/

Taman Baca Inovator: https://mudazine.com/raisarft/tingkatkan-minat-baca-anak-indonesia-bersama-taman-baca-inovator/ 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *