4 Alasan Kenapa Kamu Wajib Banget Ikut World Cleanup Day 2018!

4 Alasan Kenapa Kamu Wajib Banget Ikut World Cleanup Day 2018!

Menurut Ellen McArthur Foundation, jika kita tidak menghentikan kebiasaan menggunakan plastik, pada tahun 2050 akan terdapat lebih banyak plastik daripada ikan di lautan. Data yang mengerikan itu juga didukung oleh Plastic Soup Foundation yang mengatakan bahwa 8 juta ton sampah yang di buang ke laut setiap tahun sama seperti melemparkan lebih kurang 112 pesawat Boeing 737 ke ke laut setiap tahun. 

Indonesia merupakan salah satu negara yang juga ikut berkontribusi untuk mengurangi penggunaan plastik, mulai dari inisiatif masyarakat, organisasi non-pemerintah, dan pemerintah bekerjasama untuk menciptakan Indonesia bebas sampah tahun 2020. Pada tahun 2013, contohnya, sudah lebih dari 35.000 relawan datang untuk memungut sampah dan membersihkan kota Jakarta dalam acara Clean Up Jakarta Daya. Mereka memungut dan memilah sampah agar dapat didaur ulang. Pada tahun yang sama, Let’s Do It! Indonesia juga mengadakan kegiatan Clean Up di Bandung.

Sekarang sudah hampir memasuki pertengahan tahun 2018, tapi apakah masih banyak sampah dan orang-orang yang menggunakan plastik berlebihan di sekitarmu? Pada 15 September 2018 nanti, World Cleanup Day (WCD) yang diinisiasi oleh Let’s Do It! World akan melibatkan 150 negara dari seluruh dunia, termasuk Indonesia. Sebanyak 380 juta penduduk atau sekitar 5 persen dari populasi di dunia diharapkan dapat terlibat dalam aksi bersih-bersih serentak ini. 

Apakah kamu juga mau berpartisipasi? Berikut ini empat alasan, mengapa kamu wajib banget ikut World Clean Up Day 2018!

1. Indonesia Darurat Sampah

Di tahun 2015, Indonesia berada pada peringkat ke dua di dunia sebagai negara penyumbang sampah plastik ke lautan (Jambech, 2015). Sekitar 64 juta ton sampah dihasilkan setiap tahun. Sampah-sampah tersebut tidak dikelola dan 69% berakhir di TPA (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, 2015). Jika kamu ikut dalam acara ini, berarti kamu ikut berkontribusi untuk membersihkan dan mengurangi sampah yang ada di Indonesia. 

2. Menumbuhkan Rasa Cinta terhadap Lingkungan

Jika kamu memulai kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan, dengan sendirinya kamu akan menjadi seorang yang cinta lingkungan. Apalagi, kalau hal itu kamu terapkan secara berkelanjutan setelah mengikuti acara World Cleanup Day 2018. 

3. Menumbuhkan Semangat Gotong-royong dan Rasa Solidaritas untuk Menciptakan Indonesia Bersih

Dalam acara World Cleanup Day 2018 pastinya kamu tidak sendirian membersihkan sampah tapi melakukannya bersama-sama peserta yang lainnya, baik yang kamu sudah kenal maupun yang belum kamu kenal.

4. Menikmati Indonesia Bersih di Tahun-tahun Berikutnya

Sering kita mendengar “Indonesia Bebas Sampah 2020” tapi apakah kamu yakin? Apakah hal itu akan terwujud jika kita hanya berdiam diri saja? Dengan mengikuti kegiatan World Cleanup Day 2018, diharapkan dapat membawa pelajaran berharga untuk dibagikan kepada teman-teman kamu yang tidak hadir tentang pentingnya menjaga lingkungan secara berkelanjutan agar di kemudian hari, kita bisa merasakan Indonesia yang bersih dari sampah.

Referensi:

indorelawan.org/icud/

worldcleanupday.org

www.ellenmacarthurfoundation.org/

www.plasticsoupfoundation.org/en/files/what-is-plastic-soup/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *