Intip Kegiatan Relawan Saat Pandemi

Intip Kegiatan Relawan Saat Pandemi

Pandemi yang berlangsung selama hampir dua tahun, menghambat semua aktivitas yang melibatkan orang banyak. Tak terkecuali aktivitas kerelawanan. Meskipun saat ini di beberapa area sudah ada kelonggaran dalam melaksanakan aktivitas skala besar, dengan mengikuti protokol kesehatan. Namun, hal itu tetap membuat para relawan terbatas melakukan berbagai kegiatan secara langsung. Misalnya, relawan lapangan, kampanye hari besar, penyuluhan kesehatan, atau kegiatan belajar mengajar.

Pandemi juga menimbulkan inovasi. Salah satunya, muncul tren kegiatan relawan berbasis online atau daring. Dalam website Indorelawan.org sendiri tercatat ada 882 aktivitas kerelawanan selama masa pandemi dari berbagai area di tahun 2021. Mulai dari webinar, online campaign, dan diskusi dari berbagai isu sosial. Oleh karena itu, banyak aktivitas yang melibatkan “Relawan Campaigner” bermunculan.

Apa sih yang dimaksud “Relawan Campaigner?” Mereka bertugas menyebarkan informasi seputar program atau isu sebuah organisasi di media sosial pribadi relawan. Contoh konten yang disebarkan bisa berbagai jenis, seperti poster penggalangan dana, edukasi atas suatu isu tertentu, dan ajakan terlibat di kampanye online.

Kegiatan relawan yang tadinya sangat akrab dengan pertemuan, kini bisa dikemas dalam bentuk yang fleksibel. Sehingga, tidak ada batasan untuk mengubah niat baik menjadi aksi baik dalam menyuarakan isu sosial. Untuk kamu yang tertarik mengisi waktu luang dan ingin berkontribusi saat pandemi. Indorelawan.org bisa menjadi platform yang akan membantu kamu.

Pilih menu “Cari Aktivitas” di indorelawan.org untuk daftarkan dirimu untuk “Jadi Relawan” hari ini! Kamu juga bisa membuat aktivitas bersama teman-teman organisasimu di Indorelawan!

Ditulis oleh Gusti Sania Nur F
Disunting oleh Renita Yulistiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *