6 Langkah Mudah Cari Relawan di Indorelawan

6 Langkah Mudah Cari Relawan di Indorelawan

Sebagai wadah online yang berperan mempertemukan relawan dengan organisasi atau komunitas sosial, Indorelawan merupakan platform berbasis website yang memudahkan dalam mencari relawan. Sebagai organisasi atau komunitas, kamu tidak hanya bisa membuat aktivitas sosial saja. Namun, bisa juga melakukan manajemen relawan dengan sistematis–mulai dari tahap perekrutan, penerimaan, hingga aktivitas selesai. Simak langkah praktis daftarkan organisasi atau komunitasmu di Indorelawan.org.

1. Daftar sebagai Akun Organisasi

Jika organisasi kamu belum memiliki akun di Indorelawan, kamu terlebih dahulu harus membuat Akun Organisasi. Pertama, buka website indorelawan.org, cari menu Buat Akun, setelah itu klik Akun Organisasi dan kamu akan diantar menuju laman web seperti Gambar 2.  Pastikan semua data terisi dengan benar dan lengkap. Setelah itu, kamu hanya perlu menunggu verifikasi dari Tim Indorelawan dan organisasi kamu resmi memiliki akun di Indorelawan!

2. Buat Aktivitas

Setelah mendapat verifikasi dari Tim Indorelawan, kamu bisa langsung mengisi formulir “Buat Aktivitas Baru” pada dashboard. Aktivitas ini merupakan kegiatan yang akan ditawarkan oleh organisasi kamu kepada relawan.

3. Cari Relawan

Saatnya untuk mencari relawan! Semua informasi terkait kebutuhan relawan yang sudah organisasi kamu unggah, Indorelawan akan membantu menyebarkannya melalui media sosial dan targeted newsletter. Kamu juga dapat menyebarkan sendiri link Detail Aktivitas melalui kanal media sosial organisasi kamu. Semakin banyak media sosial yang digunakan, tentu akan semakin banyak yang mengetahui ativitas kerelawanan yang sedang diselenggarakan oleh organisasi/komunitas kamu.

4. Kelola Relawan

Setelah publikasi, kamu bisa melihat dan mengelola relawan yang mendaftar pada setiap aktivitas yang dibuat. Kamu hanya perlu memilih bagian Aktivitas, kemudian klik Kelola Relawan dan kamu akan bisa melihat relawan yang sudah mendaftar pada aktivitas kamu.

Pada bagian Kelola Relawan, kamu juga bisa mengklik nama dari tiap relawan agar bisa melihat langsung profil mereka sehingga kamu bisa mengontak langsung para relawan tersebut. Selain itu, kamu juga bisa mengirim pesan dan melihat jawaban dari pertanyaan yang diberikan oleh tiap relawan ketika mendaftar.

5. Pindahkan Status Relawan

Memindahkan status relawan ini juga merupakan bagian dari Kelola Relawan. Manajemen relawan ternyata ada tahapannya loh, melalui Indorelawan.org, organisasi/komunitas tidak perlu khawatir, karena semua tahapan bisa diakses dengan mudah. Mulai dari memindahkan status Relawan Mendaftar, Relawan Diterima, Aktif Bekerja hingga Selesai Bekerja.

Untuk memindahkan status relawan, kamu perlu mengklik Nama Relawan yang ingin dipindahkan statusnya, kemudian isi bagian Kirim Pesan dan pilih salah satu keterangan pesan. Lakukan hal yang sama hingga status relawan terpindah ke status Selesai Bekerja.

6. Berikan Apresiasi Terbaikmu untuk Relawan

Apresiasi kepada para relawan yang telah membantu kelancaran aktivitas, tentu adalah hal yang penting untuk para relawan dan organisasi penyelenggara itu sendiri. Pada website Indorelawan, organisasi kamu bisa memberikan apresiasi kepada relawan melaui fitur Kelola Relawan.

Relawan yang ingin diberikan apresiasi harus dipindahkan hingga ke status Aktif Bekerja. Saat di status Aktif, lanjutkan dengan mengklik “Relawan Sudah Selesai Bekerja”. Setelah itu kamu bisa mengisi jam kerja, berikan badge dan juga testimoni untuk relawan. Seru banget kan, bisa interaksi langsung dengan relawan!

Aktivitas sosial akan lebih berdampak jika disebarkan secara luas. Melalui Indorelawan.org, kamu bisa publikasikan organisasimu dan mengajak lebih banyak orang ikut serta #JadiRelawan untuk mengubah niat baik menjadi aksi baik hari ini. Yuk! Segera daftarkan organisasi kamu di Indorelawan!

Penulis: Aulia Rahma
Penyunting: Renita Yulistiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *