5 Langkah Mudah Jadi Relawan di Indorelawan

5 Langkah Mudah Jadi Relawan di Indorelawan

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan Indorelawan, kan? Yup, Indorelawan adalah salah satu organisasi non-profit di Indonesia sebagai perantara pertemuan organisasi/komunitas sosial dengan relawan yang tergabung dalam website Indorelawan. Untuk kamu yang tertarik jadi relawan melalui Indorelawan, caranya mudah kok. Yuk simak 5 langkah berikut!

1. Buat Akun Relawan

Membuat akun relawan di Indorelawan sangatlah mudah, sama seperti pembuatan akun pada website lainnya. Kamu hanya perlu buka website indorelawan.org cari menu Buat Akun, setelah itu klik Akun Relawan dan kamu akan diantar menuju laman web seperti Gambar 2. Setelah selesai registrasi, kamu akan mendapat email Aktivasi, jangan lupa untuk klik tautan aktivasinya ya.

2. Lengkapi Profil Kamu

Setelah aktivasi akun berhasil, kamu perlu melengkapi profilmu. Semakin lengkap profilmu maka organisasi/komunitas sosial yang dituju juga akan semakin mengenal talenta yang kamu miliki. Tentunya, itu akan memperbesar peluang kamu untuk bisa bergabung dengan kegiatan kerelawanan yang kamu minati.Untuk memudahkan kamu dalam melengkapi profil, Indorelawan sudah menyediakan template CV yang bisa langsung kamu edit dan unggah ke laman Profil.

3. Cari Aktivitas Kerelawanan yang Kamu Minati

Setelah profilmu lengkap, saatnya cari aktivitas yang kamu minati. Indorelawan memberikan banyak pilihan kegiatan, baik lokal maupun virtual yang dapat kamu pilih sesuai lokasi, waktu, minat dan juga kemampuan. Ada tiga kegiatan utama yang bisa kamu pilih, yaitu ada Project (aktivitas yang harus diselesaikan dengan tenggat waktu tertentu); Regular (Aktivitas yang dilaksanakan secara rutin berdasarkan jadwal hari dan jam tertentu); dan yang ketiga adalah Event (Aktivitas yang dilangsungkan pada satu atau beberapa waktu tertentu).

Selain itu, ada banyak pilihan fokus atau interest yang bisa kamu pilih di Indorelawan, seperti Lingkungan, Pendidikan, Kesehatan, Bantuan Hukum, Pengembangan Masyarakat, Perdamaian dan Toleransi, Sains dan Teknologi, dan masih banyak lagi.

4. Daftar ke Aktivitas yang Kamu Pilih

Sudah menemukan aktivitas yang cocok? Saatnya kamu klik tombol Jadi Relawan kemudian isi form pendaftarannya. Setelah selesai, tunggu status aplikasimu melalui fitur Pesan ya!

Jika kamu ada pertanyaan sekitar aktivitas kerelawanan yang diminati, kamu bisa mengklik tombol Kontak Organisasi berwarna hijau dan pesanmu akan langsung disampaikan ke penyelenggara aktivitas kerelawanan tersebut.

5. Jadi Inspirasi (bagikan ke media sosial)

Langkah terakhir adalah menyelesaikan aktivitas dan kamu akan mendapatkan testimoni dan badges dari organisasi. Jangan lupa untuk membagikan testimoni serta badges yang kamu miliki ke media sosial. Semakin banyak yang kamu koleksi, semakin banyak juga loh yang akan terinspirasi!

Mudah bukan jadi relawan di Indorelawan? Tunggu apa lagi, yuk segera daftarkan dirimu dan ubah niat baik jadi aksi baik hari ini melalui indorelawan.org

Penulis: Aulia Rahma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *