6 Channel Youtube Edukatif Buat Belajar Kamu

6 Channel Youtube Edukatif Buat Belajar Kamu

Siapa yang selama pandemi ini, jadi suka mampir ke Youtube? Platform video digital berbasis online ini menjadi tempat singgah banyak orang untuk mencari hiburan di waktu jenuh. Tidak hanya untuk mendengar musik, perkembangan konten Youtube saat ini sangat beragam. Mulai dari animasi, dokumenter, talkshow, dan social experiment.

Selain jadi platform hiburan di waktu senggang, kita juga bisa menambah ilmu baru dan belajar lewat YouTube! Apalagi sekarang sudah banyak channel yang memberikan edukasi dan pengetahuan yang menarik. Cek rekomendasi beberapa channel berikut!

Sepulang Sekolah

Channel YouTube ini menyajikan banyak info dan ilmu pengetahuan umum dengan berbagai topik yang menarik. Penjelasannya juga asik dan ringkas, sehingga mudah dimengerti. Pembawaannya diatur seperti sedang mengobrol dengan teman sendiri, jadi tidak membuat audiens mudah bosan ketika menonton.

Kok Bisa

Channel edukasi yang bisa mewakili dan menjadi jawaban rasa penasaran kita selama ini soal dunia dan isinya. Melalui konten, Kok Bisa juga membawa penonton untuk ikut berpikir kritis melalui informasi dan paparan data loh. Menariknya, mereka memiliki ciri khas dengan menggunakan ilustrasi dan animasi yang menyegarkan secara visual, sehingga bisa ditonton oleh semua usia.

Neuron Channel

Sama dengan channel Kok Bisa yang mengandalkan penjelasan informatif dengan menggunakan ilustrasi animasi sederhana sebagai metode penyampaiannya. Namun, channel Neuron lebih tersegmentasi, karena hanya berfokus pada topik bahasan mengenai dunia kesehatan. Berguna sekali buat kamu yang tertarik dengan isu atau berprofesi di bidang kesehatan.

Fajrul FX

Suka sains, anime, dan game? Channel ini akan menjadi paket lengkap buat kamu, karena selalu menghadirkan konten yang membahas pengetahuan seputar sains, khususnya fisika. Yang membuat channel ini menarik adalah contoh pembahasannya diambil dari anime dan game, lalu digabungkan melalui eksperimen atau pembahasan teori di dunia nyata. Menarik banget kan? Dijamin anti bosan deh.

Melodysheep

Untuk yang tertarik dengan pengetahuan seputar alam semesta dan suka nonton film, pasti tertarik dengan channel YouTube yang satu ini. Channel milik seorang musisi dan sutradara John D. Boswell ini menyajikan beberapa video pendek seputar alam semesta dengan sentuhan seperti menonton film. Mulai dari efek suara hingga ilustrasi yang disajikan, rasanya seperti bertualang. Meskipun channel ini belum menyediakan subtitle Bahasa Indonesia, kamu bisa belajar banyak dari sini sambil melatih kosa kata Bahasa Inggris kamu!

Indorelawan 

Penasaran sama dunia kerelawanan? Atau sedang mengembangkan komunitas? Indorelawan adalah channel yang wajib jadi referensi kamu, karena menyajikan konten seputar kerelawanan. Ada banyak playlist video yang bisa kamu tonton, mulai dari Relawan 101, liputan, aktivitas kerelawanan, cerita inspiratif relawan, dan edukasi soal manajemen relawan.

Sekarang teman-teman makin tahu kan, kalau YouTube tidak hanya menjadi tempat hiburan mengusir penat sejenak, tapi bisa juga jadi salah satu tempat belajar digital yang mengasyikan. Kira-kira channel mana aja nih yang udah teman-teman tonton? Buat kamu yang tertarik #JadiRelawan, jangan lupa subscribe Youtube Indorelawan ya!

Penulis: Gusti Sania
Penyunting: Renita Yulistiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *