Cara Unik dan Produktif Habiskan Waktu Luang

Cara Unik dan Produktif Habiskan Waktu Luang

Saat memiliki waktu luang, apa kegiatan yang kamu pilih? Mungkin, beberapa dari kalian masih bingung untuk memilih kegiatan yang tepat atau mungkin kamu bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja. James Wallman, seorang trend forecaster dan penulis dari buku “Time and How To Spend It”, menuliskan bahwa “Leisure doesn’t improve quality of life unless one knows how to use it effectively” — atau dengan kata lain, waktu luang itu tidak akan meningkatkan kualitas hidup seseorang, kecuali orang itu tahu bagaimana menggunakannya secara efektif.

Jika kamu mencari aktivitas unik, seru, namun tetap produktif untuk mengisi waktu luang, yuk simak kegiatan-kegiatan ini!

Crafting (Kerajinan Tangan)

Make Money on YouTube Like These Creative Crafting Gurus

Membuat kerajinan tangan, seperti merajut, menggunting, membuat sulam, membuat keramik, atau menjahit, dianggap sebagai salah satu kegiatan yang dapat mengurangi tingkat stres pada seseorang. Menurut beberapa penelitian, manfaat psikologis dari membuat kerajinan tangan di antaranya yakni: relaksasi; terbebas dari stres; adanya rasa pencapaian; meningkatnya kebahagiaan; mengurangi kecemasan; meningkatkan kepercayaan diri; serta meningkatkan kemampuan kognitif (daya ingat, konsentrasi, dan kemampuan untuk mengatasi masalah).

Selain manfaat-manfaat psikologis yang akan kamu dapatkan, semua barang hasil kerajinan tangan yang kamu buat juga bisa langsung kamu gunakan lho, seperti syal rajut, sarung tangan, vas bunga, atau buket bunga kertas/flanel.

Menanam Tanaman dengan Vertikultur

Mengenal Vertikultur, Cara Bercocok Tanam Masa Kini di Lahan Terbatas

Menanam tanaman di bidang datar mungkin sudah biasa untuk kamu, bagaimana dengan vertikultur?Vertikultur adalah sistem bercocok tanam yang dilakukan secara vertikal atau bertingkat, baik indoor maupun outdoor. Bercocok tanam sendiri memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan kamu. Mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, mengusir rasa jenuh dan stres, sarana latihan fisik dan olahraga, menjaga kesehatan otak, serta membuatmu terbiasa untuk mengonsumsi makanan sehat. Selain manfaat-manfaat di atas, dengan vertikultur ini, kamu juga bisa mendapat manfaat lebih seperti menghemat ruang untuk bercocok tanam, media tanam yang mudah dipindahkan, mengurangi risiko tumbuhnya gulma, serta lebih estetik.

Menulis Surat Untuk Orang-Orang Terkasih

Kita bukan berbicara tentang menulis surat melalui email, tetapi menulis dengan tangan kita menggunakan pulpen dan kertas. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menulis dengan tangan dapat memberikan manfaat secarak fisik dan psikologis, mulai dari meningkatkan kemampuan belajar hingga menumbuhkan pandangan hidup yang lebih positif. Jika kita berbicara tentang menulis surat untuk orang lain, salah satu manfaatnya ialah dampak dari pesan-pesan yang kita tulis akan bertahan jauh lebih lama dibanding jika kita mengirimkan pesan secara elektronik.

Baik kamu sedang menumbuhkan sedikit romansa dengan pasangan, mempererat persahabatan, atau sekadar tetap terhubung dengan orang-orang terkasih, menulis surat ini tentu menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi waktu luang kamu.

Menggambar atau Melukis

Ingin Menekuni Hobi Melukis? Hindari 12 Kesalahan Ini|Glitzmedia.co

Buat kamu yang suka melukis, ternyata hal itu bisa membawa emosi lebih positif loh. Ketika sebuah gambar dan ragam warna sudah terbentuk dalam kanvas atau kertas, hal ini pasti akan membuat orang yang menggambar merasa bahagia dan bangga pada diri atas karyanya. Dengan begitu, emosi positif lain pun akan muncul, seperti meningkatkan percaya diri dan menjadi lebih optimis. Aura positif yang dihasilkan dari seseorang yang hobi melukis dipercaya juga akan menular pada sekelilingnya.

Ikut Kegiatan Kerelawanan

Gak cuma seneng-seneng, kamu juga bisa menghabiskan waktu luang dengan memberi manfaat lebih kepada masyarakat. Salah satunya adalah dengan mengikuti kegiatan kerelawanan. Pada era digital seperti saat ini, kamu bisa menemukan banyak kesempatan untuk memilih kegiatan kerelawanan yang kamu minati hanya dengan berselancar melalui internet. Salah satunya, website Indorelawan.org yang selalu update ragam aktivitas sosial; mulai dari event, project, dan webinar.

Semoga rekomendasi cara seru dan unik ini bisa membantu kamu supaya gak galau lagi untuk mengisi waktu luang lebih bermanfaat!

Penulis: Aulia Rahma
Penyunting: Renita Yulistiana
Gambar: Pinterest, Unsplash, 99.co, glitzmedia.co, Freepik.com
Referensi:
https://www.cnbc.com/2019/11/06/how-successful-people-spend-leisure-time-james-wallman.html
https://www.betterly.com/uk/blog/leisure-time-activities
https://money.usnews.com/money/personal-finance/family-finance/articles/fun-things-to-do-in-your-free-time-that-cost-nothing
https://www.huffpost.com/entry/benefits-of-writing-letters-and-postcards_n_6425540
https://www.inc.com/jayson-demers/7-ways-successful-people-spend-their-free-time.html
https://theconversation.com/kerajinan-tangan-baik-untuk-kesehatan-ini-penjelasannya-100787
https://www.alodokter.com/manfaat-berkebun-dan-memelihara-tanaman-bagi-kesehatan
https://www.idntimes.com/life/inspiration/pratiwi-wulandari/hobi-melukis-rasakan-5-manfaat-kesehatan-emosional-ini-dalam-dirimu-c1c2/3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *