Kegiatan Sederhana untuk Pengembangan Diri

Kegiatan Sederhana untuk Pengembangan Diri

Mengembangkan diri bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari mencari pengalaman baru, keluar dari zona nyaman, atau melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Tapi, teman-teman tahu gak? Ternyata, ada kegiatan yang kamu anggap sederhana dan sering atau rutin kamu lakukan, juga bisa membantu dalam proses pengembangan diri loh!

Bangun Tidur di Pagi Hari

Terkadang, bangun tidur di pagi hari menjadi tantangan tersendiri. Apalagi di hari libur atau setelah semalaman begadang ngerjain deadline, pasti rasanya mau rebahan aja deh. Tapi, dengan merutinkan bangun tidur di pagi hari ternyata bisa meningkatkan kedisiplinan dalam diri kamu. Selain itu, juga menjadikan tubuh dan pikiran lebih sehat.

Membereskan Kamar atau Rumah

Meskipun sederhana, beres-beres bisa membantu pengembangan diri kamu! Kok bisa? Karena dengan membereskan kamar atau rumah yang sebelumnya berantakan, secara tidak langsung membuat kamu menjadi orang yang lebih bersih dan terorganisir. Selain itu, lingkungan hidup kalian juga pasti akan lebih sehat.

Selesaikan Buku Bacaanmu Yuk!

Bagi sebagian orang, membaca adalah kegiatan yang mengasyikan karena bisa dilakukan di mana saja. Membaca juga bermanfaat untuk mengembangkan pengetahuan kamu. Mulai dari buku, artikel, jurnal, hingga utas (thread). Selain pengetahuan, dengan membaca kamu juga bisa meningkatkan kepekaan kamu terhadap lingkungan sekitar atas topik atau pemberitaan yang sedang dibahas. Namun ketika proses membaca, kamu juga perlu memperhatikan untuk mencari sumber bacaan yang terpercaya, akurat dan bisa dipertanggungjawabkan ya!

Asah Kemampuan Menulis Kamu

Selain membaca, menulis juga bisa mengembangkan diri dan pengetahuan kamu, mulai dari menulis diary, cerpen, hingga menulis artikel blog. Dengan menulis, kamu bisa menambah wawasan, kosa kata, dan kemampuan menuangkan perasaan atau pendapat dalam bentuk tulisan.

Checklist Film Kesukaan Kamu

Siapa yang suka menonton film nih? Gak cuma nyenengin loh, menonton film bisa membuat kamu mendapat inspirasi dan motivasi tergantung dengan genre film yang kamu tonton. Selain itu, menonton film bisa membuat pikiran kamu menjadi lebih santai karena perpaduan audio dan visual yang menyenangkan.

Mengikuti Kegiatan Relawan

Isi waktu luang dengan kerelawanan? Kenapa gak! Kegiatan relawan membuat kamu bisa mengembangkan diri dari berbagai aspek. Mulai dari kemandirian, kreativitas, kepemimpinan, dan juga empati. Banyak pilihan kegiatan relawan yang bisa kamu ikuti meskipun masa pandemi seperti ini. Mulai dari membantu sentra vaksinasi, relawan digital, relawan pengajar jarak jauh, dan juga distribusikan bantuan ke penerima manfaat loh.

Wah tanpa disadari, kamu sudah berupaya mengembangkan diri melalui kegiatan sederhana di atas. Selain itu, apalagi ya rekomendasi kegiatan sederhana untuk pengembangan diri? Kami tunggu cerita kamu di kolom komentar dan temukan kegiatan kerelawanan terbaru setiap harinya yang bisa kamu ikuti di website indorelawan.org ya. Sampai jumpa!

Penulis: Gusti Sania
Penyunting: Renita Yulistiana
Referensi: Berbagai sumber dan observasi penulis
Sumber Gambar:
Freepik
Dokumentasi Penulis
Dokumentasi Penyunting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *