Ide Ngabuburit Buat Kamu dari Rumah Aja

Ide Ngabuburit Buat Kamu dari Rumah Aja

Ramadhan yang suci telah tiba. Saatnya bagi kita menjadi pribadi yang lebih baik dari hari sebelumnya. Banyak momen yang ditunggu saat bulan Ramadhan, salah satunya ialah ngabuburit. Kegiatan ngabuburit menjadi kegiatan yang seru untuk menunggu saatnya buka puasa, apalagi kalau ada ajakan nongkrong bareng geng kesayangan!

Sayangnya, Ramadhan kali ini masih terhalang pandemi. Tapi tenang, kamu masih bisa melakukan ngabuburit seru sekaligus bermanfaat walaupun di rumah aja. Indorelawan telah merangkum ide ngabuburit buat kamu. Yuk simak ide-ide berikut!

1. Baca Buku Pilihan Kamu!

Bagi kamu yang mau membiasakan diri membaca buku, kamu bisa coba ngabuburead alias ngabuburit sambil membaca buku. Kegiatan ini bukan hanya mengisi waktu menunggu berbuka aja, tetapi bisa menambah ilmu pengetahuanmu, loh! Ada beberapa buku yang cocok dibaca saat Ramadhan seperti Secrets of Divine Love, Merindu Baginda Nabi, Lapis-Lapis Keberkahan, dan buku-buku islami lainnya atau buku pilihanmu. Salam literasi!

2. Olahraga Ringan agar Tubuh Tetap Fit

Walaupun sedang puasa, bukan berarti olahraga ditinggalkan ya, bestie! Olahraga bukanlah ide yang buruk untuk dijadikan kegiatan ngabuburit. Selain menjaga asupan nutrisi saat sahur, kamu juga perlu menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar yaitu dengan berolahraga. Nah, olahraga saat puasa perlu dilakukan penyesuaian agar terhindar dari dehidrasi. Kamu bisa memilih olahraga ringan untuk kegiatan ngabuburit seperti melakukan stretching, jalan-jalan sore di pekarangan rumah, hingga melakukan yoga dengan instruktur favorit kamu.

3. Melakukan Hobi yang Kamu Sukai

Mengisi waktu ngabuburit bisa dengan melakukan hobi yang kamu sukai. Dengan meluangkan waktu untuk hobimu tersebut, tentunya dapat semakin mengasah kemampuan dan kreativitas kamu. Kamu juga bisa jadikan waktu tersebut sebagai me-time untuk lebih mengenal diri sendiri. Agar lebih seru, kamu bisa ajak adik, kakak, atau kerabat lain untuk melakukan hobi bareng.

4. Membuat Takjil Ala Kamu

Berburu takjil ke luar rumah memang seru, tetapi membuat takjil sendiri juga tak kalah seru. Kamu bisa ngabuburit di rumah aja dengan membuat takjil bersama keluarga sambil bertukar resep. Tentunya hidangan yang dimasak sendiri akan menghasilkan cita rasa yang pas di lidah kamu. Ada banyak sekali menu takjil yang bisa kamu buat seperti bubur kacang ijo, kolak pisang, es timun suri, es  kopyor, dan lainnya sesuai selera kamu.   

5. Ngabuburit Virtual Bareng Teman atau Kerabat

Kamu pasti sudah akrab dengan segala aplikasi meeting online. Aplikasi tersebut bisa kamu manfaatkan untuk melakukan ngabuburit virtual bareng kerabat atau teman yang terhalang jarak dengan kamu. Dalam kegiatan ngabuburit nantinya bisa diisi dengan kegiatan-kegiatan positif seperti tilawah bareng dan doa bersama, atau hanya sekedar ngobrol bertukar aspirasi.

Berbicara seputar ngabuburit virtual, pas banget nih ada kegiatan “Ngabuburit Virtual” dari Teruntuk Project bersama dua panti asuhan di Jakarta. Kamu bisa ikut seru-seruan bareng bersama tim Teruntuk Project dengan menjadi relawan “Ngabuburit Virtual“ dengan tema “From New Habits to New Goodness”. Dijamin kamu bisa melakukan ngabuburit yang produktif sekaligus menjalin silaturahmi antar relawan nantinya. Kamu juga bisa cari aktivitas lainnya dengan klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *