Siapkan Indonesia Emas 2045 mulai dari Generasi Relawan

Siapkan Indonesia Emas 2045 mulai dari Generasi Relawan

Menyongsong 2045, Indonesia sedang mempersiapkan diri untuk menyambut Generasi Emas pada usianya yang genap 100 tahun, dengan visi “Menjadi bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan Makmur”.

Penentuan visi ini berlandaskan pada: kekuatan modal dasar yang dimiliki Indonesia, yang meliputi: kependudukan, modal manusia, modal sosial budaya, kekayaan alam, dan kekuatan maritim, perkembangan megatren global, dan pencapaian pembangunan periode sebelumnya.

Sejalan dengan visi tersebut, pemerintah telah meluncurkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJMN) 2025-2045 pada bulan Juni 2023. Bapak Presiden Joko Widodo menyampaikan tiga hal penting dalam mewujudkannya yaitu stabilitas bangsa harus terjaga, keberlanjutan dan kebersinambungan kepemimpinan dan sumber daya manusia.

Sumber daya manusia menjadi tentangan tersediri karena kita merupakan bagian yang akan terlibat, dengan bonus demografinya diharapkan generasi muda dapat membekali dirinya dengan skill yang kelak dapat bersaing dalam beragam tantangan.

Waspada Bencana Demografi, Ini Proyeksi Penduduk RI 2045

Mempersiapkan diri untuk terlibat dalam Generasi Emas 2045 dapat dimulai dengan menjadi Generasi Relawan dari Indorelawan yang bertujuan menggerakkan anak muda agar dapat berperan aktif dalam menyelesaikan isu sosial di Indonesia.

Generasi Relawan juga bertujuan untuk membentuk calon pemimpin yang memiliki kepekaan sosial dan menjadikan kerelawanan sebagai gaya hidup, yang terdiri dari tiga pilar yaitu:

Generasi Bebas Stunting

Indorelawan - Detail Aktivitas

Program Generasi Bebas Stunting adalah sarana bagi para relawan dalam memahami isu stunting dan mengambil peran untuk menurunkan angka stunting dan mencegah stunting terjadi pada anak-anak Indonesia.

Tujuan Program

  1. Menggerakkan anak muda untuk peduli dan mengambil aksi dalam permasalahan tingginya angka stunting di Indonesia.
  2. Menjadi wadah bagi para calon pemimpin muda agar menumbuhkan kepekaan sosial atas permasalahan kesehatan di sekitarnya.
  3. Melatih anak-anak muda sebagai agen perubahan yang memiliki inisiatif sosial untuk memberikan solusi atas permasalahan stunting di lingkungan tempat tinggalnya.

Generasi Bebas Plastik

Indorelawan on X: "Ayo #jadirelawan dari Generasi Bebas Plastik Batch 4!  Kamu bisa mendaftar sebagai relawan #GenerasiBebasPlastik. Akan ada  berbagai ilmu dan misi yang akan menantangmu. Seru deh. Yuk segera daftar  sebelum

Program Generasi Bebas Plastik adalah sarana bagi para relawan dalam memahami isu sampah plastik di Indonesia, mempelajari ekosistem pengolahan sampah plastik dan menerapkan gaya hidup minim plastik dengan melakukan serangkaian aksi yang menantang. Selama program Generasi Bebas Plastik para relawan telah melakukan beragam tantangan secara individu yang terdiri dari zero plastik, pilah sampah, visit bank sampah, bangun sistem di keluarga dan rampok sampah. Secara kolektif relawan memberikan dampak pada lingkungan dengan membangun kebiasaan baru.

Tujuan Program

  1. Menggerakan anak muda untuk peduli dan ambil peran dalam menangani permasalahan sampah plastik di Indonesia.
  2. Mengubah gaya hidup anak muda menjadi gaya hidup yang minim plastik dan cinta lingkungan.
  3. Menjadi wadah bagi para calon pemimpin muda agar menumbuhkan kepekaan sosial atas permasalahan lingkungan di sekitarnya.
  4. Melatih anak-anak muda sebagai agen perubahan yang memiliki inisiatif sosial untuk memberikan solusi atas permasalahan sosial di lingkungannya.

Generasi Literasi

Indorelawan - Detail Aktivitas

Program Generasi Literasi adalah sarana bagi para relawan dalam memahami isu literasi di Indonesia, mempelajari mengenai ekosistem literasi di sekitar tempat tinggal hingga menerapkan literasi informasi dalam upaya melatih berpikir kritis. 

Semua orang bisa berkontribusi untuk pemerataan ekosistem literasi di Indonesia, dengan ambil peran untuk bisa berkolaborasi dalam membangun literasi yang lebih baik di seluruh Indonesia.

Tujuan Generasi Literasi

  1. Menggerakan anak muda untuk peduli mengenai permasalahan literasi yang terjadi di Indonesia
  2. Menciptakan gaya hidup baru untuk berpikir kritis.
  3. Menjadi wadah bagi para calon pemimpin muda agar menumbuhkan kepekaan sosial atas permasalahan literasi di sekitarnya.
  4. Melatih anak-anak muda sebagai agen perubahan yang memiliki inisiatif sosial untuk memberikan solusi atas permasalahan literasi di lingkungan tempat tinggalnya.

3.402 peserta dari 35 provinsi di Indonesia telah mengikuti #GenerasiRelawan mulai batch 1 sampai 6. Sekarang, saatnya giliran kamu menjadi agent of change dari isu stunting, isu plastik hingga literasi!

Kriteria Relawan

  1. Terbuka untuk siapapun, di manapun yang memenuhi kriteria (tidak ada batasan golongan, identitas & domisili)
  2. Memiliki ketertarikan terhadap isu stunting, pengurangan sampah plastik, dan literasi di Indonesia.
  3. Berkomitmen mengikuti rangkaian dan mengerjakan tugas relawan hingga akhir program.
  4. Memiliki akun media sosial instagram yang tidak private dan koneksi internet yang baik.
  5. Bersedia memakai akun sosial media untuk menyuarakan isu stunting, pengurangan sampah plastik, dan literasi selama program.

Tugas Relawan

  1. Mengikuti rangkaian kegiatan bootcamp yang terdiri dari onboarding, 4 kelas, sesi mentoring, 2 challenge, dan Inaugurasi.
  2. Melakukan publikasi kampanye berupa foto melalui akun media sosial masing-masing dengan menggunakan twibbon yang disediakan oleh tim Generasi Relawan.
  3. Mengikuti kelas diskusi online dan berinteraksi aktif dengan fasilitator dan kelompok.
  4. Mengikuti challenge dengan panduan yang diberikan oleh tim challenge Generasi Relawan.
  5. Mengerjakan pelaporan online secara berkala untuk pengukuran dampak.
  6. Mengikuti arahan dan bimbingan dari fasilitator.

Benefit Relawan

  1. e-Sertifikat (bagi yang memenuhi kriteria; hadir di kelas pembekalan dan mengerjakan challenge).
  2. Mendapatkan ilmu pembekalan dari ahli/penggerak di bidangnya.
  3. Merchandise bagi relawan terbaik.

Timeline

Pendaftaran: 21 Mei – 12 Juni 2024
Periode Aktivitas: 20 Juni – 15 Agustus 2024
Lokasi Aktivitas: Online & Offline

Jadi Bagian Generasi Relawan Batch 7!
Ubah Niat Baik Jadi Aksi Baik Hari Ini di Isu Sampah Plastik, Stunting, dan Literasi. Daftar langsung jadi relawan di link ini: http://bit.ly/generasirelawan7

Penulis: Hestri Nur Jannah
Penyunting: Renita Yulistiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *