Aktivitas Sosial Selama Ramadan yang Membutuhkan Relawan
May 13, 2019
0

Karena Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa, tentu sayang jika kita hanya melewatkannya dengan kegiatan yang biasa-biasa saja. Banyak sekali peluang kebaikan yang bisa kita lakukan untuk mengisi Bulan Ramadhan. Indahnya Ramadhan akan semakin terasa jika kita meluangkan waktu untuk berbagi dengan sesama. Bingung ingin mencari aktivitas apa yang bisa kamu ikuti? Berikut beberapa kegiatan yang bisa jadi pilihanmu!

Berbagi Takjil Gratis On The Road

Kamu senang bukan jika sedang masih di perjalanan, lalu adzan maghrib berkumandang, eh ada yang antar makanan ke kamu waktu nunggu lampu merah? Nah, begitu juga dengan orang lain pada umumnya. Takjil on the road adalah cara sederhana namun akan membawa banyak kebaikan. Sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda , “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.”

Patungan.id turut ingin meramaikan Ramadhan dengan kegiatan ini loh. Kamu bisa gabung dengan event mereka yang bertajuk Takjil On The Road di sini.

Ngabuburit Sambil Kampanye Kebaikan

Gabut sampai adzan maghrib? Sayang banget! Banyak kebaikan yang bisa kamu lakukan. Tapi kamu mager keluar? Tidak masalah. Pesawat Kertas mengajak kamu untuk berbagi inspirasi di Bulan Ramadhan melalui kegiatan Suara Untuk Ramadhan x Podcast Aktif. Kamu bisa berbagi cerita ramdhan selama 1 menit melalui Instagram Story mulai dari tanggal 13 Mei-2 Juni 2019. Kegiatan ini dilakukan secara virtual jadi di manapun kamu, kamu bisa join di sini! 

Atau, mungkin kamu tipe yang suka menunggu waktu berbuka sambil beraktivitas di luar? Kegiatan The Street Store Indonesia ini bisa jadi sangat cocok buat kamu! The Street Store Indonesia mengadakan event Ngabuburit Cari Baju Lebaran! Event ini mengajak kamu untuk mensosialisasikan ajakan untuk donasi baju lebaran kepada toko-toko di berbagai pasar tekstil/pakaian di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat. Yuk daftar di sini!

Membacakan Cerita kepada Anak-Anak

Membacakan cerita Islami bisa menjadi sarana dakwah di Bulan Ramadhan

Sumber gambar: http://www.catatansiemak.com/2019/02/kumpulan-dongeng-anak-muslim-tentang-alam-semesta.html

Kamu mungkin punya adik, sepupu, atau anak keponakan di rumah. Atau di lingkungan rumah kamu banyak anak-anak yang sering berkumpul sembari menunggu adzan maghrib. Mereka bisa jadi objek kebaikan kamu di Bulan Ramadhan ini. Kamu bisa berdakwah kecil-kecilan dengan membacakan buku cerita Islami dan inspiratif untuk mereka. Cukup 10-15 menit agar mereka bisa mengambil nilai-nilai kebaikan dari kisah penuh hikmah.

The Street Store Indonesia di Bulan Ramadhan ini mengadakan kegiatan serupa di Outlet Dhuafa Pamulang, Tangerang Selatan. Kegiatan ini bertajuk Cerita Ramadhan di mana para relawan berkesempatan untuk menceritakan berbagai kisah Nabi dan Sahabat untuk 100 Anak Penerima Manfaat pada setiap kegaitan berbuka puasa di akhir pekan. Tertarik? Kamu bisa cek ajakan kebaikan ini di sini!

Yuk nabung pahala sebanyak-banyaknya di Bulan Ramadhan. Dan mari kita berbagi kebaikan seluas-luasnya di bulan penuh rahmat ini 😊 Selamat Berpuasa dan ubah niat baik jadi #AksiBaik hari ini!