Pancasila dan Kerelawanan

Pancasila dan Kerelawanan

Tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai hari lahir Pancasila. Sejarah singkatnya yaitu ketika Jepang kalah dan menjanjikan kemerdekaan pada Indonesia, dan dibentuklah lembaga Dokuritsu Junbi Kosakai atau Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI), dari situ mulai lah sidang perumusan dasar negara Indonesia yang dijalankan selama 5 hari, sampai pada tanggal 1 Juni Presiden Soekarno menyampaikan pidato gagasan awal dari Pancasila.

Kamu pernah kepikiran gak sih, bagaimana ya cara agar kita bisa ikut menerapkan nilai-nilai dari dasar negara kita tercinta ini? Apa dengan ikut menjadi tentara dan membela negara? Atau jad politisi dan membela kebenaran?

Eits, ga perlu ribet. Jaman sekarang, cukup dengan ikut aksi-aksi organisasi kerelawanan, kita bisa ikut menerapkan nilai-nilai Pancasila, loh!

Misal, kamu bisa ikut generasi bebas stunting, disini kamu bisa menjadi relawan dan mengikuti bermacam kegiatan yang dilakukan untuk mengedukasi orang-orang menegenai isu stunting, secara tidak langsung kamu mendorong kesadaran orang-orang untuk mencegah stunting agar generasi kedepannya lebih baik dan Indonesia perlahan bisa bangkit.

Kamu yang suka seni mural juga bisa ikut berkontribusi, loh! Dengan ikut art volunteer dari organisasi 1000 days fund. Kamu bisa ikut menyuarakan edukasi mengenai ibu hamil dan stunting dalam bentuk mural.

Atau kamu warga Semarang dan tertarik dengan isu aktivisme? Kamu bisa ikut kegiatan dari Yayasan Amnesty International Indonesia, dimana kegiatan Activist Fair ini menyoroti kebebasan berpendapat bagi para aktivis yang terkadang masih timpang.

Masih banyak lagi kegiatan relawan yang bisa kamu ikuti untuk menerapkan nilai Pancasila sekaligus membantu Indonesia bangkit, kamu bisa cari kegiatan relawan yang kamu suka di website Indorelawan.org

Sumber:
https://www.kompas.com/tren/read/2022/05/31/083000265/sejarah-hari-lahir-pancasila-dan-bedanya-dengan-kesaktian-pancasila?page=all
kesbangpol.madiunkab.go.id/sejarah-singkat-hari-lahir-pancasila/ 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *